Kimia kuantum relativistik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Efek relativistik)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kimia kuantum relativistik mengundang diskusi kimia kuantum dan mekanika relativistik untuk menjelaskan sifat dan struktur unsur, terutama untuk unsur-unsur berat dalam tabel periodik. Contoh yang menonjol dari penjelasan ini adalah warna emas; menurut efek relativistik, ini bukan keperakan seperti kebanyakan logam lainnya.

Istilah "efek relativistik" dikembangkan sejalan dengan sejarah mekanika kuantum. Awal mulanya, mekanika kuantum dikembangkan tanpa memperhatikan teori relativitas.[1] Menurut konvensi, "efek relativistik" adalah perbedaan antara nilai-nilai yang dihitung dengan mempertimbangkan model tetapi tidak mempertimbangkan relativitas.[2] Efek relativistik penting untuk unsur-unsur berat dengan nomor atom besar. Dalam kebanyakan tampilan umum tabel periodik, unsur-unsur ini berada di bagian bawah. Contohnya adalah lantanida dan aktinida.[3]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kleppner, Daniel (1999). "A short history of atomic physics in the twentieth century" (PDF). Reviews of Modern Physics. 71 (2): S78. Bibcode:1999RvMPS..71...78K. doi:10.1103/RevModPhys.71.S78. 
  2. ^ Kaldor, U.; Wilson, Stephen (2003). Theoretical Chemistry and Physics of Heavy and Superheavy Elements. Dordrecht, Netherlands: Kluwer Academic Publishers. hlm. 4. ISBN 1-4020-1371-X. 
  3. ^ Kaldor & Wilson 2003, hlm. 2.