Efek Slashdot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Efek Slashdot, juga dikenal sebagai slashdotting, terjadi ketika pranala situs web populer ke situs yang lebih kecil, yang menyebabkan peningkatan besar dalam lalu lintas situs kecil tersebut. Ini menyebabkan beban besar pada situs kecil, menyebabkan situs tersebut melambat atau bahkan sementara menjadi tidak tersedia. Nama ini berasal dari masuknya lalu lintas web yang akan dihasilkan dari situs berita teknologi Slashdot, meskipun nama ini telah dilaporkan pada tahun 2005, mengurangi persaingan dari Aggregator pada awal tahun 2004.[1] Efeknya telah dikaitkan dengan situs-situs lain seperti Fark, Digg, Drudge Report, Reddit, dan Twitter, yang mengarah ke istilah seperti Farked atau Drudged, atau berada di bawah efek Reddit.[2][3] Google Doodle, yang menghubungkan ke hasil pencarian pada topik doodle, juga mengakibatkan peningkatan lalu lintas yang tinggi dari halaman hasil pencarian.[4] Biasanya, situs yang kurang kuat tidak mampu mengatasi peningkatan besar dalam lalu lintas dan menjadi tidak tersedia - penyebab umum adalah kurangnya bandwidth data yang memadai, server yang gagal untuk mengatasi tingginya jumlah permintaan, dan kuota lalu lintas. Situs yang diselenggarakan pada layanan hosting berbagi sering gagal ketika dihadapkan dengan efek Slashdot.

Flash crowd adalah istilah yang lebih umum tanpa menggunakan nama khusus yang menggambarkan fenomena jaringan di mana jaringan atau host tiba-tiba menerima banyak kunjungan. Ini kadang-kadang disebabkan oleh munculnya sebuah situs web pada blog atau kolom berita populer.[5][6][7]

Penyebab[sunting | sunting sumber]

Situs seperti Slashdot, Digg, Reddit, StumbleUpon dan Fark terdiri dari artikel yang disajikan singkat dan diskusi pada artikel masing-masing. Pengajuan artikel memperkenalkan sebuah berita atau situs web yang menarik dengan menghubungkan ke sana. Sebagai tanggapan, massa pembaca cenderung (secara bersamaan) melihat situs yang dirujuk. Banjir permintaan halaman dari pembaca bisa melebihi bandwidth yang tersedia pada situs atau kemampuan server untuk merespon, dan membuat situs sementara tak bisa diakses.

Terminologi[sunting | sunting sumber]

Menurut Jargon File, istilah "efek Slashdot" mengacu pada fenomena dari sebuah situs web menjadi hampir tidak terjangkau karena terlalu banyak orang mengakses situs tersebut setelah situs itu disebutkan dalam sebuah artikel menarik di layanan berita populer Slashdot. Ia kemudian diperpanjang untuk menggambarkan setiap efek yang sama dari yang tercantum di situs populer, mirip dengan istilah yang lebih umum, flash crowd, yang merupakan istilah yang lebih tepat.[8]

Istilah 'flash crowd diciptakan pada tahun 1973 oleh Larry Niven dalam sebuah cerita fiksi ilmiah pendek, Flash Crowd. Ia meramalkan bahwa konsekuensi dari teleportasi murah akan banyak orang datang hampir seketika di situs berita yang menarik. Dua puluh tahun kemudian, istilah menjadi umum digunakan di Internet untuk menggambarkan lonjakan eksponensial dalam situs atau penggunaan server ketika melewati batas tertentu karena minat populer. Efek ini telah diantisipasi tahun sebelumnya pada tahun 1956 dalam novel Alfred Bester, The Stars My Destination.[9]

Efek Reddit juga telah digunakan untuk menggambarkan upaya penggalangan dana di ineternet, di samping lonjakan lalu lintas web.[2]

Jangkauan[sunting | sunting sumber]

Grafik MRTG dari sebuah server web generator mennjukkan adanya efek Slashdot "stabil" sedang terjadi pada 2005

Situs berita besar atau situs perusahaan biasanya direkayasa untuk melayani sejumlah besar permintaan dan karena itu biasanya tidak menunjukkan efek ini. Website yang menjadi korban biasanya dihostkan oleh server rumah, menawarkan gambar besar atau berkas film yang banyak menghasilkan konten dinamis yang tidak efisien. Situs sering menjadi tidak tersedia dalam beberapa menit saat penerbitan bahan baru, bahkan sebelum komentar telah diposting. Kadang-kadang, membayar pengguna Slashdot (yang memiliki akses ke konten sebelum pengguna tidak membayar) tidak tersedia bahkan sebelum cerita itu diposting untuk pembaca umum.

Tersedia sedikit angka definitif mengenai seberapa besar dan seberapa tepat efek Slashdot, tapi perkiraan menempatkan puncak dari masuknya massa permintaan halaman di mana saja dari beberapa ratus hingga beberapa ribu hits per menit.[10][11][12] "Banjir" biasanya memuncak ketika artikel itu di bagian atas halaman depan situs tersebut dan secara bertahap mereda ketika artikel itu digantikan oleh artikel baru. Lalu lintas biasanya tetap pada tingkat tinggi sampai artikel ini dikeluarkan dari halaman depan, yang bisa memakan waktu dari 12 sampai 18 jam setelah awal penerbitan. Namun, beberapa artikel telah secara signifikan lebih lama tahan karena popularitas, kelayakan pemberitaan, atau kepentingan dalam artikel terkait.

Pada tahun 2005, beberapa wartawan berkomentar bahwa efek Slashdot telah berkurang.[1] Namun, efeknya telah terlihat melibatkan Twitter ketika beberapa pengguna populer menyebutkan sebuah situs web di kicauannya.[13]

Komunitas[sunting | sunting sumber]

Ketika situs yang ditargetkan memiliki struktur berbasis komunitas, istilah ini juga dapat merujuk pada efek sekunder memiliki kelompok besar pengguna baru tiba-tiba mendaftarkan akun dan mulai untuk berpartisipasi dalam komunitas. Sementara dalam beberapa kasus, ini telah dianggap sebagai hal yang baik, di lain itu dipandang dengan jijik oleh anggota sebelumnya, karena cukup sering orang baru membawa banyak aspek yang tidak diinginkan dari Slashdot, seperti trolling dan vandalisme. Ini mempunyai beberapa kesamaan dengan konsep Usenet pada tahun 1990, Eternal September.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Olga Kharif , Less Impact from the "Slashdot Effect", Bloomberg Business Week, March 2, 2005
  2. ^ a b Wilhelm, Alex (17 January 2012). "How Reddit turned one congressional candidate’s campaign upside down". The Next Web. Diakses 24 October 2012. 
  3. ^ "The Reddit effect". ABC News. August 31, 2012. Diakses 24 October 2012. 
  4. ^ Williams, David E. "Google's unknown artist has huge following." CNN. July 19, 2006. Retrieved on July 19, 2006.
  5. ^ Ismail Ari, Bo Hong, Ethan L. Miller, Scott A. Brandt, Darrell and D. E. Long (October 2003). "Managing Flash Crowds on the Internet". University of California Santa Cruz Storage Systems Research Center. Diakses 15 March 2010. 
  6. ^ Chenyu Pan; Merdan Atajanov, Mohammad Belayet Hossain, Toshihiko Shimokawa, Norihiko Yoshida (April 2006). "FCAN: Flash Crowds Alleviation Network Using Adaptive P2P Overlay of Cash Proxies". The Institute of Electronics, Information and Communication Engineers. Diarsipkan dari aslinya tanggal 02 February 2010. Diakses 15 March 2010. 
  7. ^ Xuan Chen; John Heidemann (July 2004). "Flash Crowd Mitigation via Adaptive Admission Control Based on Application-Level Observations". University of Colorado Colorado Springs College of Engineering & Applied Science. Diakses 25 May 2012. 
  8. ^ Eric S. Raymond. "Slashdot Effect". The Jargon File, version 4.4.8. Diakses 21 May 2012. 
  9. ^ Eric S. Raymond. "Flash Crowd". The Jargon File (version 4.4.7). Diakses 25 May 2012. 
  10. ^ Stephen Adler. "The Slashdot Effect: An Analysis of Three Internet Publications". Diarsipkan dari aslinya tanggal 2 December 2008. Diakses 19 April 2003.  (mirror)
  11. ^ "Slashdotting graphs". Princeton University Department of Astrophysical Sciences. Diarsipkan dari aslinya tanggal 27 February 2009. Diakses 13 January 2004. 
  12. ^ Aaron Benoy. "Ruins in ASCII". Diakses 27 September 2004. 
  13. ^ Paul Douglas, How Stephen Fry takes down entire websites with a single tweet, Tech Radar, March 3, 2010

Pranala luar[sunting | sunting sumber]