Edward Irving

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Edward Irving
Lahir4 Agustus 1792
Annan, Annandale, Scotland
Meninggal7 Desember 1834
Edinburgh, Scotland
PendidikanAnnan Academy
University of Edinburgh (M.A., 1809)
Suami/istriIsabella Martin
GerejaChurch of Scotland;
Catholic Apostolic Church (forerunner)
DitahbiskanJuni 1815
Karya tulisFor the Oracles of God, Four Orations (1823)
For Judgment to come (1823)
Babylon and Infidelity foredoomed (1826)
Sermons, etc. (3 vols, 1828)
Exposition of the Book of Revelation (1831)
Introductions to The Coming of the Messiah, and to Horne's Commentary on the Psalms.

Edward Irving (4 Agustus 1792 – 8 Desember 1834) adalah teolog Skotlandia yang lahir di Haddington dan menjadi pengajar di Haddington dan Kirkcaldy setelah kelulusannya dari universitas Edinburgh pada tahun 1809.[1][1]

Masa Muda[sunting | sunting sumber]

Edward Irving lahir di Annan, Annandale yaitu putra kedua dari Gavin Irving, seorang penyamak kulit, dan istrinya, Mary Lowther dari Dornock. Dari pihak ayahnya, yang mengikuti pekerjaan penyamak kulit, ia adalah keturunan dari keluarga yang sudah lama dikenal di desa yang memiliki hubungan dengan pengungsi Huguenot Prancis. Pihak ibunya, keluarga Lowther, adalah petani atau pemilik kecil di Annandale. Tahap pertama pendidikannya dilalui di sekolah yang dipelihara oleh Peggy Paine, kerabat Thomas Paine, setelah itu ia masuk Akademi Annan yang diajar oleh Adam Hope.

Perjalanan Hidup[sunting | sunting sumber]

Pada usia tiga belas tahun Edward Irving masuk Universitas Edinburgh. Pada tahun 1809 ia lulus M.A.; dan pada tahun 1810, atas rekomendasi Sir John Leslie, dia dipilih sebagai master sekolah matematika, yang baru didirikan di Haddington, Lothian Timur. Di antara murid-muridnya ada Jane Welsh, yang kemudian terkenal sebagai Mrs Carlyle, salah satu penulis surat besar abad kesembilan belas yang pernah ada.

Di Kirkcaldy, ia memiliki seorang rekan mengajar bernama Thomas Carlyle (1795-1881).[1] pada tahun 1815, Irving mendapatkan izin untuk mengajar dan berkhotbah di Gereja Skotlandia.[1] Pada tahun 1819, ia menjadi asisten dari Thomas Chalmers di Glasgow.[1] Thomas Chalmers adalah seorang evangelis Skotlandia.[1]

Edward Irving bertunangan pada tahun 1812, dengan Isabella Martin tetapi jatuh cinta dengan Jane Welsh. Dia mencoba untuk keluar dari pertunangannya dengan Miss Martin, tetapi dicegah oleh keluarganya dengan menikahinya pada tahun 1823 dengan Isabella.

Setelah menyelesaikan studi keilahiannya, Irving dilisensikan untuk berkhotbah pada Juni 1815, tetapi terus fokus pada upaya skolastiknya selama tiga tahun lagi. Bertahun-tahun saat mempelajari matematika dan ilmu fisika, ia juga mulai membaca karya klasik lama, termasuk karya teolog Richard Hooker, yang menjadi penulis favoritnya. Pada saat yang sama, ia menjadi menyukai Arabian Nights. Dia juga dilaporkan membawa salinan miniatur siklus puisi James McPherson, Ossian, di saku rompinya yang sering dia bacakan bagian-bagiannya[2].

Eksistensi[sunting | sunting sumber]

Pada musim panas tahun 1818, ia mengundurkan diri dari jabatannya untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan penunjukan permanen di Gereja Skotlandia, mengambil tempat tinggalnya di Edinburgh. Meskipun metode sapaannya yang luar biasa tampaknya telah membuatnya mendapatkan persetujuan yang memenuhi syarat dari pejabat tertentu gereja, prospek untuk mendapatkan tuduhan yang diselesaikan tampak jauh dari sebelumnya. Dia sedang melakukan perjalanan misionaris ke Persia ketika keberangkatannya ditangkap oleh langkah-langkah yang diambil oleh Thomas Chalmers yang setelah penundaan yang cukup lama, mengakibatkan pada bulan Oktober 1819 di Irving diangkat sebagai asisten dan misionarisnya di paroki St John, Glasgow.

Pada tahun 1822 setelah bekerja sebagai guru matematika dan belajar teologi paruh waktu, dia dipanggil untuk menjadi pelayan di Kapel Kaledonia di Hatton Garden, London.[3] Berbagai kritik dari pamflet, surat kabar, dan ulasan terbuka pada orasinya yang diterbitkan pada tahun 1823. Tetapi kegembiraan yang dihasilkan hanyalah dangkal dan pada dasarnya cepat berlalu dr ingatan. Meskipun menghargai antipati yang kuat terhadap formula gerejawi yang diterima, tujuan besar Irving adalah untuk menghidupkan kembali gaya pemikiran dan sentimen antik yang telah mengeras menjadi formula ini, dan dengan cara ini untuk menggantikan pengaruh baru, kekurangan moral yang tidak disengaja dan sementara yang dia terdeteksi dengan kepastian naluriah, tetapi kecenderungan yang mendalam dan nyata benar-benar di luar jangkauan dugaannya.

Jemaat kapelnya tumbuh begitu pesat sehingga pada tahun 1827 sebuah gereja baru dan lebih besar dibangun untuknya di Regent Square.Khotbah-khotbah dan pengajaran Irving bernuansa apokaliptis dan profetis ketika ia mendapat pengaruh dari Coleridge.[1] Ia yakin bahwa Yesus akan datang ke Skotlandia pada tahun 1828.[3] Menjelang tahun 1828 ternyata peristiwa yang diramalkan Irvin tidak terjadi.[3] Karena pengalaman itu, Calmeres mengkritik apa yang ia lakukan.[3] Popularitasnya berkurang, bagaimanapun, karena tekanannya yang meningkat pada apokaliptisisme dan eskatologi, termasuk prediksinya pada tahun 1825 bahwa Kedatangan Kedua Kristus akan terjadi pada tahun 1864.[4] Teolog-teolog sesudahnya menilai Irving sebagai seorang teolog pentakostal reformed pertama dan perintis gerakan karismatik.

Dari tahun 1826 ia menjadi pusat dari sekolah para nabi atau "school of the prophets", yang menerbitkan Morning Watch, atau Quarterly Journal of Prophecy secara berkala dari tahun 1829 hingga 1833. Pada tahun 1828, Doctrine of the Incarnation Opened-nya membangkitkan tentangan karena pencemarannya terhadap sisi manusiawi, sifat dari Kristus. Setelah karya serupa olehnya muncul pada tahun 1830, dia didakwa di pengadilan gerejawi dengan mempertahankan keberdosaan kemanusiaan Kristus atau "The sinfulness of Christ’s humanity" Terlepas dari protesnya bahwa dia telah disalahtafsirkan, dia dikucilkan oleh presbiteri London, dan pada tahun 1833 dia digulingkan dari pelayanannya oleh Gereja Skotlandia.

Pada saat itu terdapat seseorang yang percaya pada fenomena pantekosta seperti berbicara dalam bahasa roh, Irving berkhotbah di seluruh Inggris Raya, kembali ke London untuk mengambil posisi kecil dalam Gereja Apostolik Katolik yang berkembang. Dibentuk tak lama setelah kematiannya oleh beberapa murid dan rekan, sekte tersebut berusaha untuk menekankan kesatuan semua orang Kristen dalam sebuah gereja universal dan untuk mempersiapkan Kedatangan Kedua. Gereja berkembang sampai akhir abad ke-19, meskipun anggota kemudian menolak nama "Irvingites" untuk kelompok mereka. Seorang teman dekat penulis Inggris Thomas Carlyle, Charles Lamb, dan Samuel Taylor Coleridge, Irving dihormati dengan penguburan di ruang bawah tanah Katedral Glasgow.

Cikal bakal Gereja Apostolik Katolik[sunting | sunting sumber]

Selama bertahun-tahun subjek nubuatan telah memenuhi banyak pikiran Irving, dan keyakinannya akan kedatangan kedatangan kedua yang semakin dekat telah menerima konfirmasi positif seperti itu dengan membaca karya seorang imam Yesuit, Manuel Lacunza, menulis dengan nama Yahudi yang diasumsikan "Juan Josafat Ben-Ezra". Mungkin pendapat keagamaan Edward Irving, awalnya dalam beberapa hal lebih katolik dan lebih benar untuk sifat manusia daripada umumnya berlaku di kalangan gerejawi yang telah memperoleh luas dan komprehensif dari hubungannya dengan Samuel Taylor Coleridge. Namun secara bertahap minat utamanya dalam filosofi Coleridge berpusat pada apa yang mistis, tidak jelas, dan untuk itu kemungkinan besar dapat ditelusuri inisiasinya ke dalam doktrin milenarianisme.

Tahap pertama dari perkembangan selanjutnya yang menghasilkan pendirian Irvingite atau Gereja Kerasulan Katolik Suci pada tahun 1832 dikaitkan dengan Konferensi Albury (1826–30), dimoderatori oleh Hugh Boyd M'Neile (1795–1879), di temannya Kursi Henry Drummond, Albury Park di Albury, Surrey tentang nubuat yang tidak terpenuhi, diikuti oleh studi yang hampir eksklusif tentang buku-buku kenabian dan khususnya tentang Kiamat, dan oleh beberapa seri khotbah tentang nubuatan baik di London maupun di provinsi-provinsi. Ceramah apokaliptiknya pada tahun 1828 memadati gereja-gereja terbesar di Edinburgh pada pagi hari musim panas.

Tetapi pada tahun 1830, terbukalah bagi imajinasi Irving yang bersemangat tentang suatu pandangan baru tentang hal-hal rohani yaitu suatu harapan baru untuk zaman di mana ia hidup, dengan kebangkitan kembali di sudut terpencil Skotlandia dari karunia-karunia nubuat dan penyembuhan apostolik yang ia sudah pada tahun 1828 dibujuk dirinya hanya disimpan dalam penundaan oleh tidak adanya iman. Edward Irving menyambut kekuatan baru dengan bukti yang tidak diragukan lagi yang tidak dapat digoyahkan oleh penolakan atau desersi dari teman-teman tersayangnya, penarikan kembali beberapa agen utama dari hadiah, turunnya sendiri ke posisi bawahan, sedikit. dan hasil mandul dari manifestasi, atau penolakan umum mereka baik oleh gereja dan dunia.

Ekskomunikasinya oleh Presbiteri London pada tahun 1830 karena menerbitkan doktrinnya tentang kemanusiaan Yesus Kristus, dan kecaman terhadap pendapat ini oleh Majelis Umum Gereja Skotlandia pada tahun berikutnya, adalah episode sekunder yang hanya mempengaruhi masalah utama karirnya sejauh mereka semakin mengisolasi dia dari simpati gereja; tetapi ketidakberesan yang berhubungan dengan manifestasi dari karunia-karunia itu secara bertahap mengasingkan mayoritas jemaatnya sendiri, dan atas pengaduan para wali kepada Presbiteri London, yang otoritasnya sebelumnya telah mereka tolak, ia dinyatakan tidak layak untuk tetap menjadi menteri National Gereja Scotch of Regent Square.

Setelah dia dan penganutnya pada tahun 1832 dipindahkan ke sebuah gedung baru di Newman Street, pada bulan Maret 1833, dia digulingkan dari pelayanan Gereja Skotlandia oleh Presbiteri Annan atas tuduhan awal bid'ah. Setelah dikeluarkan dari Gereja Skotlandia, Irving berkhotbah di udara terbuka di Islington, sampai sebuah gereja baru dibangun untuknya dan para pengikutnya di Duncan Street, Islington. Itu didanai oleh Duncan Mackenzie dari Barnsbury, mantan penatua gereja London Irving, dan dibangun oleh perusahaan Holborn Stevenson & Ramage. Itu ditutup pada 1970-an. Dengan persetujuan penguasa, setelah beberapa penundaan, ditahbiskan kembali sebagai kepala pendeta gereja yang berkumpul di Newman Street, tetapi kerja keras yang tak henti-hentinya dan kegembiraan spiritual yang tak henti-hentinya segera benar-benar menghabiskan sumber energi vitalnya.

Peninggalan[sunting | sunting sumber]

Edward Irving by Hamilton Wright MacCarthy, 1867

Edward Irving adalah pendiri Gereja Kerasulan Katolik, dan para pengikutnya kadang-kadang disebut Irvingites. Dia adalah pelopor gerakan pra-milenialisme di Inggris dan cikal bakal Pantekostalisme modern.

Dibuatnya patung Edward Irving di halaman Gereja Paroki Tua Annan di Dumfriesshire.

Karya[sunting | sunting sumber]

  1. For the Oracles of God, Four Orations (1823)
  2. For Judgment to come (1823)
  3. Babylon and Infidelity foredoomed - A Discourse on the Prophecies of Daniel and the Apocalypse which relate to these latter times, and until the Second Advent (1826, 2nd ed. 1828)
  4. Sermons, etc. (3 vols, 1828)
  5. Exposition of the Book of Revelation (1831)
  6. an introduction to The Coming of Messiah in Glory and Majesty, a translation of Manuel Lacunza's book
  7. an introduction to Horne's Commentary on the Psalms.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g (Inggris)Sinclair B. Ferguson. 1991, The New Dictionary of Theology. Inter-Varsity Press. Hlm. 342.
  2. ^ "Edward Irving - New World Encyclopedia". www.newworldencyclopedia.org. Diakses tanggal 2022-02-19. 
  3. ^ a b c d (Inggris)Trevor A. Hart. 2000, The Dictionary of Historical Theology. Grand Rapids, Michigan: William B. Eerdmans Publishing Company. Hlm. 275-276.
  4. ^ "Edward Irving | Scottish minister | Britannica". www.britannica.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-19. 

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Hart, Trevor A. 2000, The Dictionary of Historical Theology. Grand Rapids, Michigan: William B. Eerdmans Publishing Company.
  • Ferguson, Sinclair B. . 1991, The New Dictionary of Theology. Inter-Varsity Press.