Edward A. Murphy Jr.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Edward A. Murphy Jr.
Nama lahirEdward Aloysius Murphy Jr.
JulukanEd
Lahir11 Januari 1918
Zona Terusan Panama[1]
Meninggal17 Juli 1990(1990-07-17) (umur 72)
PengabdianAmerika Serikat
Dinas/cabangAngkatan Darat Amerika Serikat
Angkatan Udara Amerika Serikat
Lama dinas1940 – 1947 (USA)
1947 – 1952 (USAF)
PangkatMayor
Perang/pertempuranPerang Pasifik bagian dari Perang Dunia II, Perang Korea
Pekerjaan lainPenelitian di bidang teknik kedirgantaraan dan rekayasa keandalan

Edward Aloysius Murphy Jr. (11 Januari 1918 – 17 Juli 1990[1]) adalah seorang insinyur kedirgantaraan Amerika Serikat yang bekerja pada sistem kritis keselamatan. Dia paling dikenal karena namanya diangkat menjadi nama hukum Murphy, yang menyatakan, "Apapun yang bisa salah, akan salah."

Lahir di Zona Terusan Panama pada 1918, Murphy adalah anak tertua dari lima bersaudara.[2] Setelah menamatkan sekolah menengah di New Jersey, dia melanjutkan pendidikan militer di Akademi Militer Amerika Serikat di West Point, lulus pada 1940. Pada tahun yang sama dia menerima sebuah komisi ke Angkatan Darat Amerika Serikat, dan melakukan pelatihan pilot dengan Korps Angkatan Udara Amerika Serikat pada 1941. Selama Perang Dunia II ia bertugas pada Perang Pasifik di India, Tiongkok dan Burma (sekarang dikenal sebagai Myanmar), mencapai pangkat mayor.

Setelah berakhirnya permusuhan, pada 1947 Murphy melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Angkatan Udara Amerika Serikat, menjadi Petugas Litbang pada Pusat Pengembangan Wright Air di Pangkalan Angkatan Udara Wright-Patterson. Saat di sini ia terlibat dalam eksperimen kereta roket berkecepatan tinggi (proyek USAF MX981, 1949) yang menyebabkan terbitnya hukum Murphy.[3] Murphy sendiri dilaporkan tidak senang dengan interpretasi hukumnya yang biasa, yang dipandang sebagai menangkap "kesucian" penting dari benda mati. Murphy menganggap hukum tersebut sebagai mengkristalkan prinsip kunci dari desain defensif, di mana orang harus selalu menganggap skenario terburuk. Murphy dikatakan oleh putranya karena telah menganggap banyak versi jokular hukum tersebut sebagai "konyol, remeh dan salah." Usahanya agar hukum yang diajukan lebih serius tidak berhasil.

Pada 1952, setelah mengundurkan diri dari Angkatan Udara Amerika Serikat, Murphy melakukan serangkaian uji percepatan roket di Pangkalan Angkatan Udara Holloman, kemudian kembali ke California untuk melanjutkan karier di desain kokpit pesawat udara untuk serangkaian kontraktor swasta. Dia bekerja pada sistem pelarian kru untuk beberapa pesawat udara eksperimental paling terkenal di abad ke-20, termasuk F-4 Phantom II, XB-70 Valkyrie, SR-71 Blackbird, B-1 Lancer, dan pesawat roket X-15. Selama tahun 1960an, dia mengerjakan sistem pendukung keselamatan dan kehidupan untuk Proyek Apollo, dan mengakhiri kariernya dengan bekerja di sistem keselamatan pilot dan komputerisasi pada helikopter Apache.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Spark, Nick T. (2003). "The Fastest Man on Earth: Why Everything You Know About Murphy's Law is Wrong". Annals of Improbable Research. 9 (5). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2004-06-03. Diakses tanggal 29 Agustus 2017. 
  2. ^ Biographical information taken from Matthews, R. A. J. (1998) "The Science of Murphy's Law", Proc Roy Inst Lond 70 75–95
  3. ^ Hukum yang sebenarnya adalah panduan bagi para insinyurnya, untuk merancang komponen yang tidak dapat keliru digunakan dalam pelayanan: "Jika sebuah bagian dapat dipasang di lebih dari satu posisi, maka pemasangannya tidak benar di lapangan." Johnson, Doug (30 November 2006). "A Question from Vietnam on Murphy's Law". Voice of America.