EVinci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Reaktor mikro eVinci adalah sistem reaktor nuklir baterai kecil next-generation kombinasi dari teknologi reaktor ruang angkasa buatan Westinghouse Electric Company Amerika Serikat untuk pasar terdesentralisasi dan jaringan mikro seperti komunitas terpencil, tambang industri terpencil, dan infrastruktur penting. eVinci ini dirancang untuk memberikan daya yang kompetitif dan tangguh serta keandalan yang unggul dengan perawatan minimal, dan ukurannya yang kecil memungkinkan metode transportasi standar dan penyebaran di lokasi yang cepat. Inti reaktor dirancang untuk beroperasi selama tiga tahun atau lebih, menghilangkan kebutuhan untuk pengisian bahan bakar yang sering. Reaktor ini dapat memberikan panas dan daya gabungan dari 200 kWe hingga 25 MWe, dan panas proses hingga 600 derajat Celcius.[1][2][3]

Komponen utama dari Reaktor Mikro eVinci adalah inti padat dan pipa panas canggih. Pipa panas akan mengekstraksi panas inti pasif. Teknologi canggih ini menjadikan eVinci Micro Reactor sebagai reaktor "solid-state" semu dengan bagian yang bergerak minimal. Reaktor Mikro eVinci dapat diangkut, dirancang untuk penggunaan pemerintah pada operasi bergerak menggunakan kendaraan dan kontainer transportasi militer standar. Sifat desainnya memungkinkan reaktor diangkut dengan cepat ke lokasi yang diperlukan untuk menciptakan pasokan daya yang melimpah dan tangguh untuk mendukung sistem pertahanan canggih.

Reaktor memiliki saluran untuk pelet bahan bakar dan pipa panas yang menyerap panas dari inti, dan memiliki bagian bergerak minimal. Bahan bakar dikemas dalam inti, yang menurut perusahaan secara signifikan mengurangi risiko getaran guncangan dan meningkatkan keamanan keseluruhan bagi pengguna. Pipa panas memungkinkan ekstraksi panas inti pasif dan pengaturan daya bawaan, memungkinkan operasi otonom dan kemampuan mengikuti beban bawaan.

Referensi[sunting | sunting sumber]