Panhard ERC

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari ERC 90 Sagaie)
Panhard ERC

ERC-90 Sagaie dari Angkatan Darat Prancis selama parade
Jenis Mobil lapis baja, kendaraan bantuan tembakan
Negara asal Prancis
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan 1980-sekarang
Pada perang Pasukan Sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa di Lebanon
Perang Teluk
Konflik Chiapas[1]
Perang Bosnia
Perang Kosovo
Perang Saudara Pantai Gading Pertama
Perang Saudara Chad (2005–2010)
Perang Saudara Pantai Gading Kedua
Mali Utara
Pemberontakan Boko Haram [2]
Sejarah produksi
Tahun 1975
Jumlah produksi 411
Spesifikasi
Berat 8,3 ton
Panjang 77 m (253 ft)
Lebar 250 m (820 ft)
Tinggi 225 m (738 ft)
Awak 3

Perisai 10 mm
Senjata
utama
Meriam CN90 90 mm
Senjata
pelengkap
2× senapan mesin 7,62 mm
Jenis Mesin Mesin bensin Peugeot V-6
155 hp pada 5,250 rpm
Daya kuda/ton 18,7 hp/ton
Suspensi Pegas koil 6 × 6 dengan peredam kejut
Daya jelajah 730 km (450 mi)
Kecepatan 90 km/h (56 mph)

Panhard ERC (Engin à Roues, Canon) adalah mobil lapis baja roda enam Perancis yang sangat mobile dan amfibi dengan pilihan anti-NBC. Sementara berbagai model diuji, hanya dua versi ERC yang diproduksi dalam jumlah besar: ERC-90 Lynx dan ERC-90 Sagaie. Perbedaan utama antara kedua versi ini adalah jenis turret dan meriam 90 mm yang dipasang. Sagaie adalah bahasa Prancis untuk assegai, sejenis tombak Afrika.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

ERC awalnya adalah usaha swasta yang ditujukan untuk pasar ekspor. Ini dikembangkan oleh Panhard pada paruh kedua tahun 1970-an sebagai penerus beroda enam yang lebih berat untuk berbagai kendaraan lapis baja Panhard AML yang sangat sukses.[3]

Desain[sunting | sunting sumber]

ERC dan VCR adalah keluarga dari kendaraan pengintai lapis baja enam roda, ERC adalah model menara bersenjata meriam dan VCR adalah versi pengangkut personel lapis baja. ERC adalah singkatan Perancis dari istilah Engin à Roues, Canon atau Kendaraan Beroda Bersenjata. ERC berbagi banyak komponen kendaraan VCR. Dua versi utama ERC dikembangkan: pertama ERC F1 90 Lynx, kemudian ERC F4 90 Sagaie. Lynx muncul sekitar 1977 dan Sagaie menyusul sekitar dua tahun kemudian pada 1979. Lynx dikembangkan terutama sebagai kendaraan pengintai lapis baja. Sagaie juga merupakan kendaraan pengintai lapis baja, dengan peran tambahan sebagai penghancur tank. Pada tahun 1977, Panhard menawarkan ERC dan VCR kepada Angkatan Darat Prancis sebagai pengangkut personel lapis baja (APC) dan kendaraan pengintai bersenjata senjata. Angkatan Darat malah memilih kendaraan lapis baja roda empat VAB dari Saviem untuk kontrak APC yang lebih besar, dan AMX 10 RC dari GIAT untuk kebutuhan pengintaian. Panhard juga menawarkan kendaraan tersebut ke Mobile Gendarmerie Prancis (pesanan yang jauh lebih kecil), tetapi Gendarmerie memilih Saviem VBC-90. Panhard kemudian menemukan kesuksesan untuk VRC dan ERC di pasar ekspor dunia, dan kemudian dengan versi ERC dengan Angkatan Darat Prancis memasuki layanan pada tahun 1984.[4][5]

Sejarah produksi[sunting | sunting sumber]

Pesanan produksi pertama untuk ERC 90 F1 Lynx adalah pada bulan Oktober 1979 dari Argentina, sebanyak 36 unit, untuk digunakan oleh Marinir Argentina untuk berpatroli di perbatasan panjang antara Argentina dan Chili.[butuh rujukan] Pesanan besar kedua adalah dari Meksiko, sebanyak 42 unit pada awal tahun 1981. Kedua negara memesan versi ERC Lynx karena dapat mengangkat atau menekan meriam 90mm-nya pada jangkauan yang lebih luas untuk operasi di medan pegunungan yang curam.[butuh rujukan]

Perintah ekspor selanjutnya menyusul. Kedua negara juga menghargai mobilitas semua medan Lynx yang ditingkatkan dengan kemampuan menaikkan atau menurunkan sepasang roda tengah tergantung pada kondisi medan, terutama di tanah berpasir atau berlumpur.[6] Semua versi ERC juga dilengkapi dengan dua hidrojet di belakang roda belakang dan tidak memerlukan persiapan untuk operasi amfibi.[5]

ERC 90 F4 Sagaie[sunting | sunting sumber]

ERC Sagaie dari 1 RHP pada 2003

Tak lama setelah ERC 90 F1 Lynx dibuat untuk ekspor, Panhard menyadari perlunya kendaraan lapis baja ringan yang hemat biaya yang dapat mengalahkan tank tempur utama (MBT) yang lebih modern, seperti T-72 Rusia yang diekspor ke banyak bangsa.[butuh rujukan] Versi Lynx hanya bisa menembakkan peluru HEAT kecepatan sedang dalam peran anti-tank, yang tidak memiliki penetrasi untuk mengalahkan MBT yang lebih modern. Panhard merancang turret yang memasang meriam halus F4 90mm laras panjang yang dikembangkan oleh GIAT, dan menamai kendaraan tersebut ERC 90 F4 Sagaie. F4 90mm dapat menembakkan putaran APFSDS (Armor Piercing Fin Stabilized Discarding Sabot) dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada Lynx F1 90mm; GIAT dan Panhard sama-sama mengklaim bisa menembus lapis baja berat pada jarak 2000 meter. Untuk sementara, insinyur GIAT tidak dapat menemukan rem moncong yang cocok untuk Sagaie yang tidak akan mengganggu penembakan peluru APFSDS, tetapi akhirnya menemukan solusi yang sesuai dengan menggunakan desain rem moncong dari tank AMX-13 yang lebih tua.[5]

Pantai Gading adalah pelanggan ekspor pertama, memesan lima Sagaie untuk menggantikan AMX-13 yang sudah tua dalam peran lapis baja ringan. Pada periode ini, Angkatan Darat Prancis sedang mengorganisir Fast Deployment Force (FDF) untuk misi militer luar negeri, terutama di Afrika atau Timur Tengah. Inti utama dari FDF adalah Divisi Infanteri Marinir ke-9 Angkatan Darat Prancis dan Divisi Parasut ke-11.[7] Untuk membuat FDF baru "lebih berotot", sebuah unit baru diaktifkan, Brigade Setengah Berat ke-31 (31 DBL) dari dua resimen. Satu resimen akan dipersenjatai dengan kendaraan yang memasang rudal berpemandu kawat HOT, dan yang lainnya dengan kendaraan bersenjata meriam yang dapat memberikan peran pengintaian dan pembunuhan tank terbatas.

Angkatan Darat Prancis pada awalnya berencana melengkapi resimen kedua dengan AMX-10RC, tetapi diberi tahu bahwa kendaraan ini tidak cocok untuk diangkut oleh Transall C-160 Angkatan Udara Prancis atau pesawat Hercules C-130 sekutunya karena ukurannya. dan masalah berat badan. Selain itu, sebagian besar jembatan di Afrika hanya berkapasitas beban 6 hingga 8 ton. Jadi, alih-alih AMX-10RC yang lebih besar, yang sudah beroperasi dengan Angkatan Darat Prancis, Staf Angkatan Darat Prancis mengambil langkah mengejutkan pada bulan Desember 1980 dengan memesan Sagaie untuk FDF di masa depan.[5] Dan hingga saat ini Sagaie telah terbukti sangat berguna bagi Angkatan Darat Prancis di pangkalan Afrika dan bahkan dalam kondisi perkotaan selama Pengepungan Sarajevo. Penggunaan tempur terakhir yang diketahui dari Sagaie adalah dengan pasukan Prancis yang ditempatkan di Pantai Gading dalam misi penjaga perdamaian antara dua faksi yang bersaing dan di Mali pada 2013.

Sagaie upgrade[sunting | sunting sumber]

Angkatan Darat Prancis telah meningkatkan 160 dari 192 ERC-nya dengan mesin diesel MTU 4 silinder 170 hp yang digabungkan ke kotak roda gigi otomatis yang dibuat oleh Renk dan telah melakukan peningkatan pada turret untuk meningkatkan pengamatan, kontrol tembakan dan komando.

ERC-90 Sagaie 2 (mesin ganda)[sunting | sunting sumber]

Kelemahan Sagaie adalah rasio power-to-weight-nya yang rendah. Sagaie 2 adalah ERC yang diperluas dengan dua mesin diesel Peugeot XD 3T empat silinder turbocharged 98 hp, mesin yang sama yang digunakan pada VBL. Enam dipesan oleh Gabon. Sebuah prototipe yang dilengkapi dengan dua mesin PRV V6 dibuat sebagai perusahaan swasta, tetapi tidak ada yang dipesan.

Varian[sunting | sunting sumber]

ERC 90 Sagaie Prancis dari skuadron pengintai setengah brigade ke-13 Legiun Asing dekat Djibouti pada tahun 2005
  • EMC 81: Versi dukungan tembakan yang dipersenjatai dengan mortir 81mm di menara EMC Hispano-Suiza.
  • ERC 20 Kriss: Versi anti-pesawat dengan autocannons 2 × 20 mm.
  • ERC 60-20: Dilengkapi dengan menara Hispano-Suiza 60-20 Serval yang dipersenjatai dengan mortar 60 mm dan autocannon 20 mm.
  • ERC 90 (Diesel): Dilengkapi dengan mesin diesel.
  • ERC 90 F1 Lynx: Dilengkapi dengan menara Hispano-Suiza Lynx 90 yang dipasang pada Panhard AML.
  • ERC 90 F4 Sagaie: Dilengkapi dengan menara GIAT TS 90 dengan meriam kecepatan tinggi laras panjang yang dapat menembakkan peluru anti-tank APFSDS.
  • ERC 90 Sagaie 2: Versi yang sedikit lebih besar dilengkapi dengan mesin kembar dan menara yang lebih baik.
  • VCR: APC berdasarkan ERC.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan
  1. ^ Debay, Yves (2004). VBL Panhard (dalam bahasa Prancis). Histoire et collections. hlm. 98. ISBN 9782913903166. 
  2. ^ "Beard-wearing Boko Haram terrorists dress as women in attempt at avoid security officials". Media World News. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 12, 2015. Diakses tanggal 11 March 2015. 
  3. ^ Ayliffe-Jones, Noel. World tanks and reconnaissance vehicles since 1945Perlu mendaftar (gratis) (edisi ke-1984). Hippocrene Books. hlm. 83—85. ISBN 978-0-88254-978-1. 
  4. ^ Foss, Christopher. Jane's AFV Recognition Handbook
  5. ^ a b c d Furlong, R. "Light Armored Vehicles for French Rapid Deployment Force" International Defense Review, May 1981
  6. ^ The French Army's Sagaies now have their middle set of wheels fixed in the down position.
  7. ^ In the French army the Marine units are the old Colonial Infantry, Troupes coloniales, renamed Troupes de marine in 1961, and not amphibious units.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Pranala video