Dwight William Tryon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dwight William Tryon
Tryon, 1918
Lahir(1849-08-13)13 Agustus 1849
Hartford, Connecticut
Meninggal1 Juli 1925(1925-07-01) (umur 75)
South Dartmouth, Massachusetts
KebangsaanAmerika Serikat
PendidikanPennsylvania Academy of the Fine Arts
Dikenal atasPainting
Gerakan politikTonalisme, Barbizon school
PenghargaanThird Hallgarten Prize (1887)
Patron(s)Charles Lang Freer

Dwight William Tryon (13 Agustus 1849 – 1 Juli 1925) adalah seorang pelukis lanskap Amerika pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Karyanya dipengaruhi oleh James McNeill Whistler, dan ia terkenal karena lanskap dan bentang lautnya yang dilukis dengan gaya tonalis.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Tryon lahir di Hartford, Connecticut, dari pasangan Anson Tryon dan Delia O. Roberts. Ayahnya tewas dalam kecelakaan senjata sebelum Tryon mencapai usia empat tahun, dan Tryon dibesarkan oleh ibunya di pertanian kakek-neneknya di East Hartford. Ketertarikannya pada seni berkembang secara alami. Sebagai seorang pemuda, Tryon bekerja di sebuah toko buku terkemuka di Hartford dan mempelajari manual instruksi seni dari rak-rak toko. Dia juga membuat sketsa pedesaan di sekitarnya selama jam istirahatnya.

Tryon menjual lukisan pertamanya pada tahun 1870. Setelah memamerkan dan menjual karya secara lokal, ia berhasil dipamerkan di National Academy of Design pada tahun 1873. Keyakinan artistiknya ditegaskan, Tryon menikahi Alice Belden, berhenti dari pekerjaannya di toko buku dan menjadi seorang artis penuh waktu. Beberapa karya pertamanya dari periode ini adalah pemandangan laut dan pemandangan pelabuhan yang dieksekusi dengan cara luminis. Namun, segera setelah itu, gaya Tryon bergeser ke sekolah Barbizon, yang kemudian menjadi populer di kalangan seniman Amerika. Dia mungkin telah dipengaruhi oleh karya George Inness dan Alexander Helwig Wyant.

Pada tahun 1876, Tryon memutuskan untuk meningkatkan keterampilannya melalui studi formal seni. Dia menjual semua lukisannya di pelelangan dan, dengan bantuan seorang dermawan, pergi ke Prancis bersama istrinya. Dia mendaftar di studio Jacquesson de la Chevreuse, dan mengambil kelas di École des Beaux-Arts. Dia juga menerima instruksi dari Charles-François Daubigny, Henri Harpignies, dan Jean Baptiste-Antoine Guillemet. Impresionisme sedang berkembang di Prancis di sekitar Tryon, tetapi dia tidak terpengaruh oleh gaya baru dan tetap nyaman dalam ranah sekolah Barbizon.

Tryon bepergian dan membuat sketsa Eropa dengan istrinya, dan bertemu Abbott Handerson Thayer dan istrinya yang menjadi teman dia. Dia kembali ke Amerika Serikat pada tahun 1881 dan menetap di New York City di mana dia mengajar dan melukis pemandangan. Di New York, Tryon berteman dengan artis Robert Swain Gifford dan Thomas Dewing. Ia menjadi anggota awal Society of American Artists dan terus memamerkan lukisan ke National Academy of Design. Ia juga menjadi anggota American Water Color Society dan Institut Seni dan Sastra Nasional (sekarang Akademi Seni dan Sastra Amerika).

Atas saran Gifford, Tryon dan istrinya membangun rumah musim panas di South Dartmouth, Massachusetts pada tahun 1887. Meskipun ia akan terus menghabiskan setiap musim dingin di New York City, South Dartmouth menjadi rumah Tryon selama sisa hidupnya. . Daerah pesisir menarik kepekaan estetika Tryon dan memungkinkan dia untuk menikmati memancing, hobi favoritnya.

Pada akhir 1880-an, Tryon, yang paling sering bekerja di bidang minyak, mulai melukis lanskap dengan gaya yang matang dan ikonik. Lukisan-lukisan Tryon biasanya menampilkan sekelompok atau barisan pohon yang patah di jarak tengah, sering diwarnai dengan warna musim gugur, memisahkan langit bercahaya di atas dan rawa atau padang rumput latar depan di bawah. Dia juga terus melukis laut dalam karirnya yang matang, sering menggunakan pastel untuk menunjukkan hamparan air, langit dan pantai yang telanjang dalam berbagai cuaca dan cahaya. Dia memamerkan karya-karyanya secara nasional tetapi cenderung menyukai The Pennsylvania Academy of Fine Arts di Philadelphia dan Galeri Montross di New York.

Seorang industrialis Detroit, Charles Lang Freer, pertama kali membeli lukisan karya Tryon pada tahun 1889 dan menjadi pelindung terpentingnya. Freer akhirnya membeli lusinan lukisan Tryon, termasuk banyak karya terbaiknya, dan bekerja sama dengan Tryon dalam desain interior rumahnya di Detroit. Freer, seorang kolektor besar seni dan karya Asia oleh James McNeill Whistler, kemudian mendirikan Galeri Seni Bebas, bagian dari Smithsonian Institution di Washington, DC, di mana banyak karya oleh Tryon dapat dilihat hari ini.

Dia mengambil hadiah pertama untuk lukisannya Salt-Marsh, December di Tennessee Centennial Exposition yang diadakan di Nashville, Tennessee pada tahun 1897. Dia dijelaskan dalam "Katalog Seni Rupa" yang dilindungi hak cipta oleh Theodore Cooley sebagai berikut : "William Tryon adalah seorang pelukis lanskap Amerika yang lukisannya sangat dicari karena kehalusan pewarnaan dan kehalusan perasaan. Seorang murid Daubdigny, dia, seperti seniman itu, seorang pelukis kehidupan pedesaan - pedesaan yang indah dari pohon apel yang sedang mekar , dari ladang jagung yang melambai, lembah yang bersinar dan aliran sungai yang beriak lembut ke laut. Dia sangat baik di atmosfer abu-abu keperakan."

Dia kemudian memenangkan Hadiah Carnegie di Pameran Carnegie tahun 1908 di Museum Seni Carnegie.[1]

Selain lukisannya, Tryon mengajar di Smith College dari tahun 1886 hingga 1923, mengunjungi paruh waktu untuk mengkritik karya siswa dan, di akhir karirnya, mendirikan Galeri Seni Tryon. Dia meninggal karena kanker di South Dartmouth pada 1 Juli 1925.[2]

Karya[sunting | sunting sumber]

  • Glastonbury Meadows, 1881
  • Cerney La Ville, 1881
  • Landscape: A Lighted Village, 1887, Freer Gallery of Art, Washington, D.C. Awarded the 1887 Third Hallgarten Prize by the National Academy of Design.
  • Early Morning, September, 1904

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Paintings by Dwight W. Tryon" (PDF). Diakses tanggal January 22, 2015. 
  2. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-06-07. Diakses tanggal 2010-07-27. 

Sumber[sunting | sunting sumber]