Katedral Pisa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Duomo di Pisa)
Katedral Pisa
Katedral Metropolitan Primatial Bunda Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Il Duomo di Santa Maria Assunta
Katedral Pisa, dengan Menara miring Pisa di belakangnya.
43°43′24″N 10°23′45″E / 43.723281°N 10.395845°E / 43.723281; 10.395845Koordinat: 43°43′24″N 10°23′45″E / 43.723281°N 10.395845°E / 43.723281; 10.395845
LokasiPisa
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webSitus web resmi
Sejarah
Tanggal konsekrasi26 September 1118 (1118-09-26)
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekBuscheto dan Rainaldo
GayaRomanesque Pisa
Peletakan batu pertama1063
Selesai1092
Administrasi
Keuskupan AgungPisa

Detail dari fasad katedral

Katedral Pisa (bahasa Italia: Cattedrale Metropolitana Primaziale di Santa Maria Assunta; Duomo di Pisa) adalah sebuah gereja katedral Katolik bergaya abad pertengahan yang didedikasikan untuk Kenaikan Maria ke Surga, di Piazza dei Miracoli di Pisa, Toskana, Italia. Katedral Pisa merupakan bangunan tertua dari tiga bangunan di alun-alun diikuti oleh Baptisterium Pisa dan Campanile yang dikenal sebagai Menara Pisa. Katedral ini merupakan contoh penting dari Arsitektur Romawi, khususnya gaya yang dikenal sebagai Romanesque Pisa.[1] Ditahbiskan pada tahun 1118, Katedral Pisa merupakan tempat kedudukan Uskup Agung Pisa. Konstruksi dimulai pada 1063 dan selesai pada 1092. Perluasan tambahan dan fasad baru dibangun pada abad ke-12 dan atapnya diganti setelah rusak akibat kebakaran pada tahun 1595.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral, dengan Menara Miring Pisa.

Pembangunan katedral dimulai pada 1063 (1064 menurut kalender Pisa pada waktu itu) oleh arsitek Buscheto, dan biayanya dibayarkan menggunakan harta rampasan perang melawan Muslim di Sisilia pada 1063.[2] Katedral ini mencakup berbagai elemen gaya: klasik, Lombard-Emilian, Bizantium, dan Islam, memanfaatkan kehadiran internasional saudagar Pisa pada waktu itu. Pada tahun yang sama, Basilika Santo Markus memulai rekonstruksinya di Venesia, bukti persaingan kuat antara kedua republik maritim untuk melihat siapa yang dapat menciptakan tempat ibadah terindah dan termewah.

Gereja didirikan di luar tembok awal abad pertengahan Pisa, untuk menunjukkan bahwa Pisa tidak takut diserang. Area yang dipilih telah digunakan pada era Lombard sebagai pekuburan dan pada awal abad ke-11 sebuah gereja telah didirikan di sini, tetapi tidak pernah selesai, yang diberi nama Santa Maria. Gereja besar baru Buscheto awalnya bernama Santa Maria Maggiore hingga secara resmi bernama Santa Maria Assunta.

Pada tahun 1092 katedral ini dinyatakan sebagai gereja primat, uskup agung Dagobert diberi gelar Primat oleh Paus Urbanus II. Katedral ini ditahbiskan pada tahun 1118 oleh Paus Gelasius II, yang termasuk dalam keluarga Caetani yang berkuasa baik di Pisa maupun di Roma.

Pada awal abad ke-12, katedral diperbesar di bawah arahan arsitek Rainaldo, yang menambah panjang nave dengan menambahkan tiga teluk sesuai dengan gaya asli Buscheto, memperbesar transep, dan merencanakan fasad baru yang diselesaikan oleh para pekerja di bawah arahan pematung Guglielmo dan Biduino.[3] Tanggal pasti pengerjaannya tidak jelas: menurut beberapa orang, pengerjaannya dilakukan tepat setelah kematian Buscheto sekitar tahun 1100, meskipun yang lain mengatakan itu dilakukan mendekati tahun 1140. Bagaimanapun, pekerjaan selesai pada tahun 1180, seperti yang didokumentasikan oleh tanggal yang tertulis pada pengetuk perunggu yang dibuat oleh Bonanno Pisano yang ditemukan di jalan utama pintu.

Tampilan struktur saat ini merupakan hasil dari berbagai kampanye restorasi yang dilakukan di era yang berbeda. Intervensi radikal pertama terjadi setelah kebakaran tahun 1595, setelah itu atap diganti dan pematung dari bengkel Giambologna, di antaranya adalah Gasparo Mola dan Pietro Tacca, menciptakan tiga pintu fasad perunggu . Pada awal abad ke-18, dekorasi ulang dinding bagian dalam katedral dimulai dengan lukisan besar, "quadroni", yang menggambarkan kisah orang-orang yang diberkati dan orang suci Pisa. Karya-karya ini dibuat oleh seniman utama pada zaman itu, dan sekelompok warga mengatur pembiayaan khusus untuk proyek tersebut. Intervensi berturut-turut terjadi pada abad ke-19 dan mencakup modifikasi internal dan eksternal; di antara yang terakhir adalah penghapusan patung fasad asli (saat ini di museum katedral) dan penggantiannya dengan salinan.

Intervensi penting lainnya termasuk: pembongkaran mimbar Giovanni Pisano antara tahun 1599 dan 1601 yang baru pada tahun 1926 dipasang kembali dan dikembalikan ke katedral (dengan beberapa bagian asli hilang, termasuk tangga); dan pembongkaran monumen Henry VII yang dibuat oleh Lupo di Francesco yang ditemukan di depan pintu San Ranieri dan kemudian diganti dengan versi simbolis yang lebih sederhana.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Baptisterium dengan katedral dan Menara Miring Pisa

Denah bangunan aslinya berbentuk salib Yunani dengan cungkup besar di persimpangan, tetapi sekarang denahnya berbentuk salib Latin dengan panti umat tengah diapit oleh dua lorong samping di setiap sisi, dengan apse dan transept memiliki tiga panti umat. Bagian dalam menawarkan efek spasial yang mirip dengan masjid besar berkat penggunaan lengkungan lancet yang ditinggikan, lapisan marmer hitam dan putih bergantian, dan kubah elips, yang terinspirasi oleh bangsa Moor. Kehadiran dua matronea yang ditinggikan di bagian tengah, dengan kolom granit monolitik yang kokoh, merupakan tanda yang jelas dari pengaruh Bizantium. Buscheto menyambut baik pengaruh Islam dan Armenia.[4]

Eksterior[sunting | sunting sumber]

Eksterior

Dekorasi eksterior yang kaya berisi marmer warna-warni, mozaik, dan banyak benda perunggu dari rampasan perang, di antaranya adalah griffin. Kedatangan griffin di Pisa dikaitkan dengan banyak kemenangan militer Pisa pada abad ke-11 dan ke-12, termasuk Kampanye Mahdia 1087 dan Ekspedisi Balearik 1113-1115. Griffin ditempatkan di platform di atas kolom yang menjulang dari atap pelana di atas apse di ujung timur atap, mungkin sebagai kelanjutan dari konstruksi asli yang dimulai pada 1064. Pada awal abad ke-19 patung asli, yang sekarang dapat dibuat terlihat di museum katedral, telah dipindahkan dari atap dan diganti dengan salinannya. Lengkungan tinggi menunjukkan pengaruh Islam dan Italia selatan. Lengkungan buta dengan bentuk permen mengingat struktur serupa di Armenia. Fasad marmer abu-abu dan putih, dihiasi sisipan marmer berwarna, dibangun oleh Master Rainaldo. Di atas tiga pintu terdapat empat tingkat loggia yang dipisahkan oleh cornice dengan intarsia marmer, di belakangnya terdapat jendela tunggal, ganda, dan tiga.

Detail fasad barat dengan tulisan di kanan atas gapura utama
Sayap kanan atas pintu tengah dengan tulisan Latin: "Dia memerintahkannya untuk dibangun kembali dengan cara yang lebih megah dengan biayanya sendiri pada tahun 1602"

Katedral rusak berat akibat kebakaran pada tahun 1595. Pintu fasad perunggu yang berat baru dirancang, dieksekusi, dan diselesaikan pada tahun 1602 oleh pematung di sekitar Giambologna atas biaya Ferdinando I de' Medici, Adipati Agung Toskana. Di atas ada Sang Madonna dan Anak dan, di sudut, empat penginjil. Makam Buscheto ditemukan di sebelah kiri pintu utara fasad.

Pintu Santo Rainerius.

Bertentangan dengan apa yang mungkin dipikirkan, umat beriman sejak awal memasuki katedral melalui Gerbang Saint Rainerius, ditemukan di transept selatan dengan nama yang sama, yang menghadap ke menara lonceng. Bagi penduduk kota yang mendekat melalui Santa Maria, itu adalah cara terpendek untuk memasuki katedral. Sayap pintu dilemparkan sekitar tahun 1180 oleh Bonanno Pisano, dan itu adalah satu-satunya pintu yang tidak dihancurkan pada tahun 1595. 24 relief perunggu menampilkan kisah-kisah Perjanjian Baru. Portal perunggu ini adalah salah satu yang pertama diproduksi di Italia selama Abad Pertengahan, dan merupakan cikal bakal pintu perunggu yang dibuat oleh Andrea Pisano untuk Pembaptisan di Firenze (1329–1336).

Interior[sunting | sunting sumber]

Interior dengan langit-langit coffered
Rencana denah
Kapel sakramen mahakudus

Interiornya, di bagian depan terbagi menjadi nave tengah yang diapit oleh dua lorong samping di kedua sisi dan dengan transept dan apse dalam tiga nave, dilapisi dengan marmer putih dan hitam, dengan kolom marmer abu-abu monolitik yang memiliki rulisan korintus. Interiornya memiliki langit-langit peti kayu abad ke-17, dicat dan dihiasi dengan daun emas, dibuat oleh Domenico dan Bartolomeo Atticciati; dengan menyandang lambang Medici. Agaknya langit-langit sebelumnya merupakan struktur dengan rangka kayu.

Bagian dalam kubah, ditemukan di mana nave tengah dan transept bersilangan, didekorasi menggunakan teknik lukisan langka yang disebut encaustic[5][6] dan menggambarkan Perawan dalam kemuliaan dengan orang-orang kudus oleh seniman Pisa Orazio dan Girolamo Riminaldi (1627– 1631). Pemugaran kubah dimulai pada 2015 dan selesai pada 2018.[7]

Kolom granit Korinthian antara bagian tengah dan apse berasal dari masjid Palermo, dan merupakan rampasan Pisa yang dipertahankan pada tahun 1063 setelah serangan bersama yang berhasil dengan orang Normandia terhadap Muslim di kota itu.

Mosaik besar di apse Kristus bertakhta antara Perawan dan Santo Yohanes terkenal dengan wajah Santo Yohanes, dilukis oleh Cimabue pada tahun 1302, yang secara ajaib selamat dari kebakaran tahun 1595. Ini adalah karya terakhir yang dilukis oleh Cimabue dan satu-satunya karya miliknya yang kami memiliki dokumentasi bersertifikat. Karya tersebut membangkitkan mozaik gereja Bizantium dan Norman yang ditemukan di Cefalù dan Monreale di Sisilia. Mosaik, sebagian besar dibuat oleh Francesco da Pisa, diselesaikan oleh Vincino da Pistoia dengan Madonna di sisi kiri (1320).

Di antara karya abad pertengahan yang terhindar dari kehancuran selama kebakaran tahun 1595 adalah lukisan dinding Madonna dengan Anak di gapura kemenangan oleh seniman Pisa Maestro di San Torpè, serta trotoar cosmati, karya yang jarang ditemukan di luar Lazio. Itu dibuat menggunakan marmer bertatahkan untuk membuat pola geometris (pertengahan abad ke-12). Fragmen fresco lain dari periode akhir abad pertengahan masih ada, di antaranya adalah Santo Jerome di salah satu dari empat tiang pusat, serta Santo Yohanes Pembaptis, Penyaliban, dan Santo Cosmas dan Damian di salah satu tiang dekat pintu masuk, sebagian disembunyikan oleh jalan masuk.

Mimbar[sunting | sunting sumber]

Mimbar karya Giovanni Pisano

Mimbar, sebuah mahakarya yang dibuat oleh Giovanni Pisano (1302–1310), selamat dari kebakaran tetapi dibongkar selama pekerjaan restorasi dan baru dipasang kembali pada tahun 1926. Dengan arsitekturnya yang rumit dan dekorasi pahatannya yang rumit, karya tersebut menghadirkan salah satu yang paling luas. narasi imajinasi abad ke-13 yang mencerminkan pembaharuan dan semangat keagamaan pada zaman itu. Pada panel yang sedikit melengkung, episode kehidupan Kristus dipahat dengan bahasa ekspresif. Strukturnya poligonal (persis seperti yang terlihat pada karya analog di Baptistery of Pisa, di Mimbar Katedral Siena, dan di gereja Saint Andrew); tetapi ini adalah contoh pertama dalam karya jenis ini di mana panelnya sedikit melengkung. Fitur asli lainnya termasuk:

Terdapat caryatids, figur terpahat menggantikan kolom sederhana, yang melambangkan Kebajikan; penggunaan 'rak' yang digulir sebagai pengganti lengkungan untuk mendukung platform yang ditinggikan; rasa gerak yang diberikan oleh banyak sosok yang mengisi setiap ruang kosong. Untuk kualitas-kualitas ini yang digabungkan dengan seni naratif yang terampil dari sembilan adegan, mimbar umumnya dianggap sebagai mahakarya, tetapi secara lebih luas dianggap sebagai mahakarya patung gotik Italia. Mimbar ini menggantikan mimbar sebelumnya yang dibuat oleh Guglielmo (1157–1162) yang dikirim ke Katedral Cagliari. Mengingat kurangnya dokumentasi sebelum pembongkarannya, mimbar ditempatkan di lokasi yang berbeda dari tempat aslinya, dan tanpa diragukan lagi, bagian-bagiannya juga tidak berada di posisi aslinya. Tidak diketahui apakah karya aslinya memiliki tangga marmer.

Karya Seni[sunting | sunting sumber]

Gereja juga menyimpan relik Santo Rainerius, santo pelindung Pisa, dan makam fragmen Henry VII, Kaisar Romawi Suci, yang meninggal di Buonconvento saat menahan Florence, dengan sia-sia, dikepung. Makam yang dipahat oleh Tino da Camaino antara tahun 1313 dan 1315 ini juga dibongkar kemudian direkonstruksi dan saat ini berada di transept kanan, sedangkan posisi aslinya berada di tengah apse sebagai tanda kepatuhan ghibbeline kota. Dipindahkan beberapa kali karena alasan politik, akhirnya dipisahkan menjadi banyak bagian (beberapa di dalam gereja, beberapa di fasad, yang lain di Camposanto, dan yang lainnya di museum katedral).

27 lukisan yang menutupi galeri di belakang altar utama, yang menggambarkan Kisah Perjanjian Lama dan Kisah Kehidupan Kristus, dibuat antara abad ke-16 dan ke-17 sebagian besar oleh seniman Tuscan, di antaranya adalah Andrea del Sarto (tiga karya: Saint Agnes, Saints Catherine dan Margaret, dan Saints Peter dan John the Baptist), il Sodoma, dan Domenico Beccafumi (Kisah Musa dan Penginjil).

Banyak dan bergengsi adalah perabot suci gereja, termasuk salib perunggu yang ditemukan di altar utama, dan tempat lilin malaikat ditempatkan di ujung transenna marmer yang kaya, dibuat oleh Giambologna, serta siborium besar berwarna perak yang dirancang oleh Giovanni Battista Foggini (1678–86) di altar kapel Sakramen Mahakudus. Di banyak altar samping terdapat lukisan abad ke-16 dan ke-17. Di antara karya-karya ini adalah Our Lady of Graces with Saints, oleh Florentine Mannerist Andrea del Sarto, dan Madonna Enthroned with Saints in the right transept, oleh Perin del Vaga, murid Raphael, keduanya diselesaikan oleh Giovanni Antonio Sogliani. Dalam gaya Barok adalah: Perdebatan Sakramen Kudus oleh pelukis Siena Francesco Vanni, dan Salib dengan Orang Suci oleh Genoan Giovanni Battista Paggi. Yang sangat disukai adalah gambar Madonna dan Anak abad ke-13, yang disebut Madonna Di Bawah Organ, yang dikaitkan dengan Berlinghiero Berlinghieri dari Volterra.

Katedral, seperti menara lonceng yang miring, terlihat tenggelam ke dalam tanah, dan beberapa indikasi ketidakstabilan ini terlihat. Misalnya, perbedaan tingkat lantai nave asli Buscheto dan teluk yang ditambahkan kemudian oleh Rainaldo.

Salah satu panel marmer asli gràdule, sekarang berada di museum katedral.

Gradul asli katedral, dibangun oleh Giovanni Pisano dan berasal dari akhir abad ke-13, digantikan pada tahun 1865 oleh parvise saat ini. Panel marmer ini, yang dihiasi dengan pahatan figur dan wajah binatang, digunakan untuk membuat dinding rendah yang ditempatkan di dekat batas luar katedral dan yang menciptakan penutup yang menyediakan ruang untuk banyak sarkofagus dari zaman Romawi. Selama Abad Pertengahan, panel ini digunakan kembali untuk penguburan bangsawan (di antaranya Beatrice dari Lorraine) dan orang terkenal lainnya, seperti arsitek Buscheto sendiri, yang dimakamkan di bawah lengkungan kiri luar fasad barat. Beberapa fragmen masih terlihat di museum katedral, sedangkan sarkofagus semuanya dipindahkan ke dalam pagar Camposanto.

Organ[sunting | sunting sumber]

Di dalam katedral terdapat organ Serassi yang dibuat antara tahun 1831 dan 1835, serta organ yang dibuat pada tahun 1977 oleh perusahaan Mascioni of Cuvio.

Seniman yang pernah berkarya di Katedral Pisa[sunting | sunting sumber]

Langit-langit bertepi, lukisan dinding abad ke-16, tempat lilin malaikat, dan Santo Yohanes karya Cimabue (detail mozaik)
  • Buscheto (arsitek)
  • Rainaldo (perpanjangan nave, bay, dan fasad)
  • Guglielmo (mimbar asli dan dekorasi marmer)

Ketiga seniman yang tercantum di atas dimakamkan di katedral.

Hal-hal lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Pada akhir abad ke-10 Pisa menetapkan tanggal 25 Maret sebagai awal tahun barunya. Tanggal ini dianggap sangat penting karena merupakan Pesta Kabar Sukacita (terjadi sembilan bulan sebelum kelahiran Kristus pada tanggal 25 Desember) dan jatuh sangat dekat dengan titik balik musim semi. Untuk menandai awal tahun baru Pisa, sebuah sistem dirancang di katedral di mana seberkas cahaya bersinar melalui jendela bundar di sisi selatan nave dan, tepat pada siang hari tanggal 25 Maret, mendarat di tempat yang sama setiap tahun: di atas rak yang ditempelkan pada tiang di seberang gereja. Rak ini bertumpu pada telur marmer, simbol kelahiran dan kehidupan baru. Pada tahun 1750 hari pertama tahun baru secara resmi diubah menjadi 1 Januari, namun acara ini tetap dirayakan setiap tahun disertai dengan perayaan keagamaan dan sipil yang khusyuk.[8]
  • Lampu di tengah nave disebut lampu Galileo, karena legenda mengatakan bahwa Galileo merumuskan teorinya tentang isokronisme pendulum sambil mengamati osilasinya dari atap nave. Yang asli, bagaimanapun, lebih kecil dan sangat berbeda dari yang ini, ditemukan saat ini di Camposanto.
  • Di sisi utara, di sisi kiri fasad di depan Camposanto setinggi mata, terdapat sepotong marmer Romawi asli (sebagaimana dibuktikan dengan dekorasinya yang masih dapat dilihat sebagian), di mana terdapat a serangkaian tanda hitam kecil. Legenda mengatakan bahwa tanda-tanda ini ditinggalkan oleh iblis ketika dia naik ke kubah mencoba untuk menghentikan pembangunannya, dan karenanya disebut sebagai "cakaran setan". (Legenda juga mengatakan bahwa meskipun jumlah goresan selalu berubah saat dihitung.)
  • Legenda mengatakan bahwa amphora yang ditempatkan pada kolom kecil di sisi kanan apsis digunakan oleh Kristus pada pesta pernikahan Kana ketika dia mengubah air menjadi anggur.
  • Paus Gregorius VIII dimakamkan di katedral ini.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Katedral Pisa (tengah), dengan Menara Pisa (kanan) dan Baptisterium Pisa (kiri foto) pada saat malam hari, dilihat dari Via Santa Maria.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Watkin, David (2005). A History of Western Architecture. London: Laurence King Publishing. hlm. 148. ISBN 1856694593. 
  2. ^ Morris, Colin (1991). The Papal Monarchy: The Western Church from 1050 to 1250. Oxford University Press. hlm. 147. ISBN 0198269250. Diakses tanggal 7 November 2016. 
  3. ^ Valli, Franca Manenti (2016). Pisa: lo spazio e il sacro, with Preface by Gianfranco Ravasi, Edizioni Polistampa, Firenze
  4. ^ Guida rapida d'Italia, Touring Club Italiano, 1994, vol. 3, pag. 186.
  5. ^ Carli, Enzo (1989). Il Duomo di Pisa: il Battistero, il Campanile, p. 107.
  6. ^ "La cattedrale si fa bella per la festa dei 950 anni". Il Tirreno. 24 November 2015.
  7. ^ Amsen, Eva (12 April 2019). "Bacteria Cleaned Paintings In Pisa Cathedral". Forbes.com. Retrieved 9 July 2020.
  8. ^ it/informazioni-sulla-pisanita-e-la-storia-di-pisa/75-25-marzo-capodanno-pisano/279-25-marzo-capodanno-pisano.html "25 marzo: Capodanno Pisano" Periksa nilai |url= (bantuan). Associazione degli Amici di Pisa. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-08. Diakses tanggal 8 November 2016.