Dumuzid sipad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dumuzid sang Penggembala
Pernikahan Inanna dan Dumuzid
Pernikahan Inanna dan Dumuzid
Nama lainDumuzi
GelarRaja Sumeria
Suami/istriInanna

Dumuzid, disebut "sang Penggembala", (kuneiform:𒌉𒍣𒉺𒇻; Bahasa Sumeria: Dumuzid sipad)[1] dari Bad-tibira di Sumeria, merupakan raja pra-dinastik kelima di dalam periode legendaris sebelum Mitos air bah, menurut Daftar Raja Sumeria. Daftar tersebut selanjutnya menyatakan bahwa Dumuzid memerintah selama 36,000 tahun.

Dalam literatur epos Sumeria[sunting | sunting sumber]

"Dumuzid sang Penggembala" juga menjadi subyek serangkaian puisi epos di dalam sastra Sumeria. Namun dalam batu peringatan ini ia tidak berhubungan dengan Bad-tibira tapi dengan Uruk, di mana yang senama, Dumuzid šukud, adalah raja suatu saat setelah Banjir, di antara Lugalbanda "sang Penggembala" dan Gilgames.

Dewa[sunting | sunting sumber]

Kemudian beberapa puisi dan himne kepada Dumuzid menunjukkan bahwa ia kemudian dianggap sebagai dewa, pendahulu dewa Babilonia Tammuz. Di batu peninggalan 6 Babilonia standar Epos Gilgames, Gilgamesh menampik Ishtar (Inanna), mengingatkannya bahwa ia telah memukul Tammuz (Dumuzid), "kekasih muda [nya]", yang menyatakan bahwa ia harus "terus menangis dari tahun ke tahun". Digambarkan sebagai seekor burung dengan sayap yang patah (seekor burung allallu, diduga seekor Coracias garrulus atau Coracias benghalensis),[2][3] Dumuzid now "stays in the woods crying 'My wing!'" (Tablet 6,ii,11-15).[4] Identifikasi lain yang mungkin untuk burung ini adalah Vanellus vanellus atau Vanellus indicus, keduanya spesies yang terkenal karena paratrepsis mereka yang menunjukkan di mana sayap diseret di tanah seolah rusak untuk mengalihkan predator potensial dari sarang Vanellus indicus. Panggilan dua nada menyedihkan dari burung-burung ini juga menciptakan kappi, "Sayapku!" di dalam Bahasa Akkadia.

Di dalam grafik generasi antediluvia dalam tradisi Babilonia dan alkitab, William W. Hallo menghubungkan Dumuzid dengan komponis setengah manusia, konselor setengah ikan atau pahlawan budaya (Apkallu) An-Enlilda, dan mengemukakan kesetaraan di antara Dumuzid dan Henokh di dalam silsilah Set diberikan dalam Kitab Kejadian bab 5.[5]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Electronic Text Corpus of Sumerian Literature". etcsl.orinst.ox.ac.uk. Diakses tanggal 2017-08-29. 
  2. ^ Dalley, Stephanie (tr.), Myths from Mesopotamia, Oxford University Press, Oxford, 1991, p. 129, n. 56
  3. ^ Sandars, Nancy K., The Epic of Gilgamesh, Penguin Books, Harmondsworth, 1960, 1972, p. 86
  4. ^ Dalley, Stephanie (tr.), Myths from Mesopotamia, Oxford University Press, Oxford, 1991, pp. 78-79
  5. ^ Hallo, William W. and William Kelly Simpson, The Ancient Near East: A History, Harcourt Brace Jovanovich, Inc., New York, 1971, p. 32

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
En-men-gal-ana
Raja Sumeria ke-5
seb. skt. 2900 SM atau legendaris
Diteruskan oleh:
En-sipad-zid-ana dari Larsa