Dulux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dulux International
Jenis produkCat
PemilikAkzoNobel (seluruh dunia)
DuluxGroup (Australia dan Selandia baru)
NegaraBritania Raya
Australia
PasarSeluruh dunia
JargonLet's colour (AkzoNobel Nobel)
Worth Doing Worth Dulux (DuluxGroup)
Situs webwww.dulux.com
www.dulux.com.au

Dulux adalah suatu merek cat bangunan yang tersedia di seluruh dunia. Merek Dulux telah digunakan baik oleh ICI dan DuPont sejak tahun 1931 dan menjadi salah satu dari cat berbasis-alkid pertama. Cat ini diproduksi oleh AkzoNobel (sebelumnya Imperial Chemical Industries) walaupun pasar Amerika Serikat saat ini dilayani oleh PPG.

Di Australia dan Selandia Baru, merek ini diproduksi oleh DuluxGroup, yang terpisah dari ICI sebagai suatu perusahaan independen sejak tahun 1998.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Toko Cat Dulux di Hong Kong.

Pada masa awal kemunculannya, dekorator dan distributor mereka merupakan pelanggan utama Dulux, dengan Say Dulux to your decorator digunakan sebagai slogan iklan pada tahun 1950-an. Sejak tahun 1953, Dulux tersedia di pasar ritel dan sepuluh tahun kemudian anjing gembala Inggris lama yang terkenal digunakan dalam iklan merek ini, hingga suatu titik di mana "anjing Dulux" telah menjadi julukan yang umum bagi anjing tersebut.

Nama Dulux berasal dari kata DuPont dan Luxury. Pada bulan Mei 2010, bersamaan dengan Dulux Valentine, Coral dan Marshall, Dulux meluncurkan 'Let's Colour Project',[1][2] suatu kampanye pemasaran global yang menampilkan pengecatan ruang publik dengan warna-warna yang cerah.

Anjing Dulux[sunting | sunting sumber]

Suatu anjing gembala Inggris lama, maskot merek Dulux sejak tahun 1960-an

Anjing gembala Inggris lama adalah maskot untuk cat Dulux. Anjing tersebut pertama kali diperkenalkan dalam kampanye iklan cat ini pada tahun 1961. Sejak saat itu, mereka telah menjadi fitur iklan televisi dan iklan cetak Dulux secara terus-menerus dan sangat populer dimanapun catnya dijual. Begitu populernya anjing ini, sehingga banyak orang di pasar tersebut merujuk anjing ini sebagai 'anjing Dulux' daripada seekor anjing gembala.

Selama bertahun-tahun, anjing yang berbeda telah muncul dalam iklan merek ini. Namun, semuanya terlihat sangat mirip, karena proses seleksi yang dikelola dengan hati-hati dilakukan oleh biro iklan ICI. Anjing Dulux yang pertama adalah Shepton Daphnis Horsa, dengan nama Dash, yang berperan dalam iklan ini selama delapan tahun, dimiliki oleh Eva Sharp dari Tottenham. Penerusnya, Fernville Lord Digby, adalah anjing Dulux yang paling terkenal dan juga telah membuat pemiliknya, Cynthia & Norman Harrison, terkenal.

Saat syuting iklan tersebut, Digby diperlakukan seperti bintang, dibawa ke studio dengan mobil yang dikendarai oleh seorang supir. Barbara Woodhouse dipekerjakan untuk melatih Digby dan tiga pemeran penggantinya, yang digunakan setiap kali tipuan atau tindakan tertentu perlu difilmkan. Popularitas Digby membuatnya memainkan peran utama dalam film komedi Inggris tahun 1973 Digby, the Biggest Dog in the World.

Gambit - anjing Dulux lainnya, digunakan dalam pemotretan fotografi pada tahun 1980 untuk Philips Video dan generasi baru perekam video. Pada saat syuting selesai ada cukup banyak rambut untuk mengisi kasur - anjing tersebut terus dipersiapkan saat syuting. Raja Hotspur dari Amblegait digunakan sejak tahun 1974 sampai 1979 dan muncul di lebih dari lima puluh program televisi serta penampilan publiknya untuk ICI/Dulux.

Dulux Decorator Centres[sunting | sunting sumber]

Toko Cat Dulux di Hong Kong.

Di Britania Raya, terdapat lebih dari 190 toko yang disebut sebagai Dulux Decorator Centres (Indonesia: Pusat Dekorator Dulux).[3]

Dulux Select Decorators[sunting | sunting sumber]

Skema Dulux Select Decorators (Indonesia: Dekorator Terpilih Dulux) adalah suatu jaringan dekorator profesional berskala nasional. Konsep ini bermula oleh Dulux pada tahun 1996 untuk meyakinkan konsumen akan karya berkualitas tinggi termasuk garansi dua tahun yang didukung oleh merek manufaktur cat terkemuka.[4]

Dulux Trade Contract Partnership[sunting | sunting sumber]

Dulux Trade Contract Partnership (Indonesia: Kemitraan Perdagangan Kontrak Dulux) adalah sebuah skema untuk kontraktor dengan kualitas terjamin secara independen. Dulux Trade Contract Partners menjalani kunjungan lapangan secara teratur oleh penilai skema independen untuk memantau standar dan mengidentifikasi peluang untuk dilakukannya perbaikan.[5]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lets Colour Project". Lets Colour Project. Diakses tanggal 23 Desember 2010. 
  2. ^ "article on Let's Colour Project". We Heart. 28 Mei 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-10-12. Diakses tanggal 23 Desember 2010. 
  3. ^ "Our Stores". dulux.co.uk. Diakses tanggal 23 Desember 2010. 
  4. ^ "Why it pays to hire a professional". Duluxdecoratorcentre.co.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-05-08. Diakses tanggal 30 April 2014. 
  5. ^ "Welcome". dulux.co.uk. Diakses tanggal 23 Desember 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]