Duke Nukem: Manhattan Project

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Duke Nukem: Manhattan Project
Publikasi
  • Microsoft Windows
    • NA: May 17, 2002[1]
    • EU: June 14, 2002
  • Xbox 360
  • 23 Juni, 2010
  • iOS
  • December 18, 2013[2]
Versi
1.0.1
GenrePlatform
KarakterDuke Nukem
Latar tempatDuke Nukem universe
Bahasa
Daftar
Karakteristik teknis
Sistem operasiiOS
PlatformXbox 360, Windows, DOS, macOS dan iOS
ModePermainan video pemain tunggal
Formatcakram digital dan distribusi digital
Metode inputpapan tombol komputer dan layar sentuh
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangSunstorm Interactive
PenyuntingArush Entertainment
Penerbit
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864331
PEGI
enllaç=d:Q14915516
Informasi tambahan
Situs weblegacy.3drealms.com… (Inggris)
MobyGamesduke-nukem-manhattan-project dan duke-nukem-manhattan-project-limited-edition
Steam240200
IMDB: tt0355402
Bagian dari Duke Nukem
Sebelum
Tidak ada
Sebelum
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Duke Nukem: Manhattan Project adalah permainan platform yang dikembangkan oleh Sunstorm Interactive, diproduksi oleh 3D Realms, dan diterbitkan oleh Arush Entertainment.[3] Itu dirilis pada Microsoft Windows pada 14 Mei 2002, di Amerika Utara dan pada 14 Juni 2002, di Eropa. Port game akan dirilis untuk Xbox 360 pada 23 Juni 2010, oleh 3D Realms secara langsung, diikuti oleh port iOS pada 9 Januari 2014.

Pengaturan[sunting | sunting sumber]

Proyek Manhattan menampilkan pahlawan aksi berotot yang lucu Duke Nukem, kali ini melawan Mech Morphix, seorang ilmuwan gila yang menggunakan lendir radioaktif yang dijuluki G.L.O.P.P. (Gluon Liquid Omega-Phased Plasma) untuk mengubah makhluk menjadi monster mematikan untuk mengambil alih pulau Manhattan, New York City. Musuh-musuh ini termasuk aligator metamorf, kecoak raksasa, dan bahkan polisi Babi dari Duke Nukem 3D. Duke juga menghadapi beberapa musuh yang bukan mutan, seperti Fem-Mechs, gynoid yang menggunakan cambuk yang mematikan. Level dalam game berisi bagian kota New York yang dapat dikenali.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Berkas:Duke manhattan screen.png
Manhattan Project dimainkan dari perspektif -2.5D. Meskipun mesin memproyeksikan game dalam 3D, gameplay dibatasi pada bidang dua dimensi.

Duke Nukem: Manhattan Project dibangun menggunakan mesin 3D yang dikenal sebagai Prism3D. Level dan karakter sepenuhnya tiga dimensi, dan baik kamera maupun Duke dapat bergerak di sepanjang sumbu apa pun, tetapi gerakan dibatasi pada bidang dua dimensi. Memanfaatkan mesin 3D, pemain dapat memperbesar dan memperkecil fokus baik pada musuh yang mendekat atau tampilan lapangan secara keseluruhan. Duke dapat berjongkok, berlari, melompat dan menendang di bawah ruang counter kecil.

Gim ini disusun dalam 8 bab, masing-masing memiliki 3 bagian. Di setiap bagian, pemain harus menyelamatkan "bayi" yang diikat ke bom GLOPP dan menemukan kartu kunci berwarna untuk membuka jalan ke bagian selanjutnya. Di beberapa bagian, pemain dapat menggunakan jetpack untuk terbang di atas lubang besar atau tanah berbahaya. Kontrolnya juga cukup mudah untuk digunakan, dengan tombol hanya untuk melompat, bergerak, menembak, dan mengganti senjata. Menggunakan cheat, pemain juga dapat menggerakkan kamera ke sudut manapun dan mengambil screenshot. CD game menyertakan editor level bernama "PrismEd", tetapi aktivitas pembuatan level untuk game tersebut tidak pernah mencapai popularitas di antara para pemain, dan hanya komunitas pengeditan level kecil yang saat ini aktif.

Manhattan Project bukanlah sekuel langsung dari game Duke sebelumnya. Proyek Manhattan sangat mirip dengan original Duke Nukem yang asli karena banyak kesamaannya, seperti 'Mech Morphix' yang terlihat dan bertindak sangat mirip (misalnya setengah wajah logam dan juga ilmuwan gila) dengan Dr. Proton, antagonis utama Duke Nukem. Elemen pengguliran samping juga memberi penghormatan kepada yang asli.

Musuh utama Duke dalam game ini awalnya adalah musuh bebuyutannya, Doctor Proton, tetapi ini diubah untuk menghindari kemungkinan bentrokan berkelanjutan dengan Duke Nukem Forever. [rujukan?] (meskipun pada akhirnya Forever tidak menampilkan Proton sama sekali, DLC untuk Duke Nukem Forever berjudul The Doctor Who Cloned Me menampilkan kembalinya Proton.)

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1996, George Broussard diwawancarai tentang proyek Realms 3D di masa depan: dia mengatakan bahwa penggulung samping Duke Nukem bernama "Duke Nukem Forever" sedang dalam produksi dan seharusnya keluar pada Natal 1997.Templat:Citation dibutuhkan Proyek ini kemudian dibatalkan, dengan nama Duke Nukem Forever dialihkan ke sekuel Duke Nukem 3D yang sebenarnya. Ketika "Proyek Manhattan" pertama kali diperlihatkan kepada publik, desas-desus mulai menyebar tentang itu sebenarnya adalah penggulir samping "Duke Nukem Forever" yang dibatalkan, tetapi ini telah diklarifikasi: "Proyek Manhattan" adalah permainan asli ARUSH. Pelabuhan Duke Nukem: Proyek Manhattan dirilis ke Xbox Live Arcade pada tanggal 23 Juni 2010, untuk 800 Microsoft Points (MSP). Rilis ini mencakup dua penghargaan avatar (kaus berlogo Jetpack dan Duke Nukem) yang dapat dibuka kuncinya dalam game.[4]

Status legal[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2004 pengembang Manhattan Project ARUSH Entertainment dibeli oleh HIP Interactive. Segera setelah itu, HIP bangkrut. Karena proses kebangkrutan, hak hukum atas "Proyek Manhattan" dipegang oleh firma kebangkrutan yang ditunjuk pengadilan. 3D Realms telah menanyakan tentang pengambilan hak, tetapi tidak dapat melakukannya. Ini telah dirinci beberapa kali secara online oleh webmaster 3D Realms Joe Siegler di forum online mereka.[5][6] Dalam posting forum Juni 2006, Siegler mengatakan tentang situasinya:

Templat:Quotue

Beberapa saat setelah kebangkrutan, situs web resmi untuk Duke Nukem: Manhattan Project diizinkan untuk ditutup dan didaftarkan oleh penghuni domain.[7] Untungnya, sebelum semua materi hilang, Joe Siegler dapat memulihkan salinan konten situs resmi Duke Nukem: Proyek Manhattan dari mantan karyawan ARUSH, dan sekarang menyimpan konten sebelumnya di Situs Web Realms 3D.[3]

Pada akhir Februari 2009, situs distribusi game online GOG.com mengumumkan beberapa judul Perangkat Lunak Apogee akan tersedia di masa mendatang untuk dijual di situs mereka. Dalam daftar ini adalah Duke Nukem: Manhattan Project.[8]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Versi PC menerima "ulasan yang umumnya disukai", dan versi iOS menerima ulasan "campuran", sedangkan versi Xbox 360 menerima "ulasan yang umumnya tidak disukai", menurut situs web agregator pengulas Metacritic.[25][26][27] GameSpy menyebut versi PC "Game arcade platform yang apik dengan harga yang wajar ... menangkap Duke dengan sempurna; kinerja sistem yang hebat; penggunaan 3D yang cerdas."[15] GameSpot lebih netral terhadap versi PC yang sama, dengan mengatakan, "Langsung dan terlihat bagus ... levelnya sangat besar, dan sebagian besar memiliki beberapa jalur yang dapat Anda ambil."[14] IGN menyebut versi PC tersebut sebagai "judul yang dipoles, dicoba, dan benar... layak untuk direkomendasikan, terutama mengingat titik harga yang tajam dan antihero yang sudah dikenal."[18] Situs web yang sama, bagaimanapun, mengkritik versi Xbox 360, menyebutnya "penipuan dibandingkan [untuk] apa lagi yang ada di pasar" dan "satu batu dari masa lalu Anda yang lebih baik diabaikan."[19]

Manhattan Project menjadi runner-up untuk penghargaan tahunan "Best Budget Game on PC" dari GameSpot, yang diraih oleh Serious Sam: The Second Encounter.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "3D Realms - Firepower Matters". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2002-06-07. 
  2. ^ "Duke Nukem: Manhattan Project". App Store. Diakses tanggal September 15, 2018. 
  3. ^ a b "Duke Nukem Manhattan Project". 3D Realms. 
  4. ^ "Duke Nukem: Manhattan Project XBLA Announced!". 3D Realms. June 10, 2010. Diakses tanggal June 10, 2010. 
  5. ^ Joe Siegler (June 28, 2006). "Duke Nukem: Manhattan Project Forum Removed". 3D Realms. 
  6. ^ Joe Siegler (May 11, 2006). "ROTT Online". 3D Realms. 
  7. ^ dukenukemmp.com
  8. ^ "Duke Nukem: Manhattan Project". GOG.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 27, 2009. Diakses tanggal September 14, 2018. 
  9. ^ "Duke Nukem: Manhattan Project". Computer Games Magazine. No. 142. theGlobe.com. September 2002. hlm. 84. 
  10. ^ Jason Babler (September 2002). "Duke Nukem: Manhattan Project" (PDF). Computer Gaming World. No. 218. Ziff Davis. hlm. 90. Diakses tanggal September 15, 2018. 
  11. ^ John "Gestalt" Bye (July 14, 2002). "Duke Nukem : Manhattan Project (PC)". Eurogamer. Gamer Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 2, 2002. Diakses tanggal September 15, 2018. 
  12. ^ Kristan Reed (July 15, 2010). "Download Games Roundup: Remake Special (Page 2)". Eurogamer. Gamer Network. Diakses tanggal September 15, 2018. 
  13. ^ Daniel R. Bischoff (July 12, 2010). "Duke Nukem: Manhattan Project Review (X360)". Game Revolution. CraveOnline. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 13, 2015. Diakses tanggal September 15, 2018. 
  14. ^ a b Ron Dulin (May 31, 2002). "Duke Nukem: Manhattan Project Review (PC)". GameSpot. CBS Interactive. Diakses tanggal September 15, 2018. 
  15. ^ a b Bernard Dy (June 3, 2002). "Duke Nukem: Manhattan Project (PC)". GameSpy. IGN Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 13, 2005. Diakses tanggal September 15, 2018. 
  16. ^ Carlos McElfish (May 27, 2002). "Duke Nukem: Manhattan Project Review - PC". GameZone. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 20, 2008. Diakses tanggal September 15, 2018. 
  17. ^ GameZone staff (July 12, 2010). "Duke Nukem: The Manhattan Project [sic] Review (X360)". GameZone. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 24, 2011. Diakses tanggal September 15, 2018. 
  18. ^ a b Ivan Sulic (May 30, 2002). "Duke Nukem: Manhattan Project (PC)". IGN. Ziff Davis. Diakses tanggal September 15, 2018. 
  19. ^ a b Anthony Gallegos (June 24, 2010). "Duke Nukem: Project Manhattan [sic] Review (X360)". IGN. Ziff Davis. Diakses tanggal September 15, 2018. 
  20. ^ "Duke Nukem: Manhattan Project". Official Xbox Magazine. Future US. September 2010. hlm. 81. 
  21. ^ Chuck Osborn (July 2002). "Duke Nukem: Manhattan Project". PC Gamer. Vol. 9 no. 7. Future US. hlm. 68. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 15, 2006. Diakses tanggal September 15, 2018. 
  22. ^ Simon Miller (January 14, 2014). "Duke Nukem: Manhattan Project Review (iOS)". VideoGamer.com. Resero Network. Diakses tanggal September 15, 2018. 
  23. ^ Geoff Keighley (June 21, 2002). "Duke Nukem: Manhattan Project (PC)". Entertainment Weekly. No. 659. Time Inc. hlm. 87. Diakses tanggal September 15, 2018. 
  24. ^ James Cottee (June 2002). "Duke Nukem: Manhattan Project". Atomic: Maximum Power Computing. No. 17. AJB Publishing. hlm. 67. 
  25. ^ a b "Duke Nukem: Manhattan Project for iPhone/iPad Reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diakses tanggal September 15, 2018. 
  26. ^ a b "Duke Nukem: Manhattan Project for PC Reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diakses tanggal September 15, 2018. 
  27. ^ a b "Duke Nukem: Manhattan Project for Xbox 360 Reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diakses tanggal September 15, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]