Dudukan senjata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dudukan senjata adalah sebuah rakitan yang digunakan untuk menopang senjata, biasanya meriam. Dudukan senjata dapat dibagi menjadi dua kategori: dudukan statis dan dudukan non-statis.

Dudukan statis[sunting | sunting sumber]

M1 Abrams dengan meriam yang terpasang di kubah, senapan mesin koaksial, senapan mesin milik pemuat, dan stasiun senjata remot milik komandan.

Dudukan statis adalah komponen pendukung senjata non-portabel yang dipasang langsung ke tanah, benteng, atau sebagai bagian dari kendaraan.

Kubah[sunting | sunting sumber]

Sebuah menara meriam melindungi kru atau mekanisme senjata dan pada saat yang sama memungkinkan senjata diarahkan dan ditembakkan ke berbagai arah.

Kubah adalah platform senjata berputar, secara khusus yang melintangi lapisan baja dengan struktur yang disebut barbette (di kapal) atau keranjang (di tank) dan memiliki struktur pelindung di atas (rumah senjata). Jika tidak memiliki rumah senjata, itu adalah sebuah barbette, jika tidak memiliki barbette, (yaitu struktur yang dipasang pada bagian luar perisai kendaraan) itu adalah sebuah instalasi.

Kubah biasanya digunakan untuk memasang senapan mesin, meriam otomatis atau senjata kaliber besar. Kubah mungkin diawaki atau dikendalikan dari jarak jauh. Kubah kecil, atau sub-menara yang lebih besar, disebut kupola. Istilah kubah juga menggambarkan menara berputar yang tidak membawa senjata tetapi sebaliknya adalah alat penglihatan, seperti dalam kasus komandan tank. Finial adalah sub-kubah yang sangat kecil atau sub-kubah yang dipasang di kupola.

Biasanya meriam terpasang pada sumbu horizontal dan diputar dengan memutar kubah, trunion pada meriam memungkinkannya untuk diangkat. Sebagai alternatif, dalam turret berosilasi seluruh bagian atas kubah bergerak untuk mengangkat dan menurunkan meriam.

Meriam kaliber 5 "/50 kaliber yang terpasang pada kasemat di USS North Dakota (BB-29)

Kasemat[sunting | sunting sumber]

Kasemat adalah struktur lapis baja yang terdiri dari permukaan primer statis yang menggabungkan dudukan senjata dengan sudut putar terbatas: biasanya, ini berbentuk meriam yang dipasang melalui pelat baja tetap (biasanya terlihat pada perhancur tank dan meriam serbu) atau dudukan yang terdiri dari sebagian silinder perisai yang "dijepit" di antara lempeng-lempeng di bagian atas dan bawahnya (seperti dengan senjata sponson pada tank era awal dan persenjataan sekunder kapal perang era Dreadnought).

Koaksial[sunting | sunting sumber]

Dudukan koaksial dipasang di samping atau di atas senjata utama dan dengan demikian menunjuk ke arah umum yang sama dengan persenjataan utama, bergantung pada kemampuan senjata tuan rumah untuk berputar untuk mengubah sudut busur. Istilah koaksial adalah sesuatu yang keliru karena pengaturannya sesungguhnya merupakan paraksial (yaitu sumbu paralel, bukan sumbu yang sama), meskipun untuk tujuan balistik, kedua sumbu berarti sama dalam istilah praktis.

Hampir semua tank tempur utama dan sebagian besar kendaraan tempur infanteri memiliki senapan mesin koaksial yang dipasang untuk menembak sepanjang sumbu paralel pada senjata utama. Senjata koaksial biasanya ditujukan dengan menggunakan kontrol senjata utama. Biasanya digunakan untuk menyerang sasaran infantri atau "lunak" lainnya di mana penggunaan tembakan dari senjata utama akan berbahaya, tidak efektif atau boros.

Beberapa senjata seperti Senapan tak berekoil M40 dan Senapan Multiguna Mk 153 yang diluncurkan dengan bahu memiliki penanda dengan kaliber yang lebih kecil yang dipasang secara koaksial ke tabung atau tabung peluncuran. Senjata-senjata ini menembakkan peluru khusus yang dirancang untuk meniru lintasan balistik dari amunisi senjata tuan rumah, menggunakan penjejak atau peluru peledakan titik sehingga penembak dapat dengan mudah menentukan di mana tembakan akan mendarat untuk menempatkan tembakan secara akurat. Karena adopsi sistem yang lebih maju seperti laser pengukur jarak, mereka jarang digunakan pada senjata modern.

Tetap[sunting | sunting sumber]

Dudukan tetap tidak mampu bergerak horizontal (berputar), meskipun masih bisa melakukan gerakan vertikal (elevasi). Seluruh pemasangan harus dipindahkan untuk mengubah arah tembakan. Dudukan yang sepenuhnya tetap (tidak ada sudut putar atau ketinggian) paling umum ditemukan pada pesawat, dan paling sering mengarahkan senjatanya ke depan, di sepanjang vektor pergerakan pesawat, sehingga pilot dapat mengarahkan senjata dengan mengarahkan hidung pesawat ke target. Beberapa desain pesawat menggunakan konsep dudukan yang berbeda, seperti yang ditemukan di Schräge Musik atau AC-47 Spooky. Stridsvagn 103 adalah tank tempur utama dengan senapan utama tetap yang diarahkan menggunakan roda rantai dan suspensi tank.

Pesawat militer juga sering menggunakan tunggangan tetap yang disebut hardpoints atau stasiun senjata untuk memasang senjata sekali pakai seperti rudal, bom, dan tangki bahan bakar eksternal: perangkat-perangkat ini dipasangi satu set lug pengunci standar yang dapat ditempelkan berbagai jenis persenjataan.

Dudukan putar tetap yang hanya mampu mengatur ketinggian biasa ditemukan pada senjata swa-gerak yang lebih besar, juga metode pemasangan yang digunakan oleh hampir semua artileri jalur kereta api.

Stasiun/instalasi senjata kendali jarak jauh[sunting | sunting sumber]

Ini adalah pemasangan berbantu-daya pada bagian luar struktur apa pun, biasanya ditempel pada permukaan dan hanya dengan kabel kontrol yang melintasi lapisan perisai. Pemasangan seperti itu biasanya digunakan pada kendaraan tempur lapis baja untuk senjata anti-personil untuk menghindari keharusan mengekspos awak kendaraan untuk membalas tembakan, dan pada kapal angkatan laut untuk sistem CIWS yang lengkap.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]