Drevliany

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wilayah Eropa yang dihuni oleh suku-suku Slavia Timur dari abad ke-8 dan ke-9.

Drevliany (bahasa Ukraina: Древляни) adalah suku Slavia Timur yang menghuni wilayah Polesia dan Ukraina tepi Kanan dari abad ke-6 hingga ke-10. Mereka tinggal di sebelah timur wilayah Polan dan di sepanajng hilir sungai Teteriv, Uzh, Ubort, dan Stviga. Di sebelah barat, wilayah Drevliany menjangkau sungai Sluch, yang merupakan tempat tinggal suku Volhynia dan Buzha. Di sebelah utara, tetangga suku Drevliany adalah suku Dregovich.

Beberapa peninggalan arkeologis mereka adalah permukiman-permukiman pertanian, gundukan tempat penguburan, dan kota-kota perbentengan (contohnya Vruchiy). Kota utama Drevliany adalah Iskorosten (kini Korosten). Setelah suku Drevliany ditaklukkan oleh Rus' Kiev, Iskorosten dibakar habis dan ibukota dipindah ke Ovruch.

Etnonim[sunting | sunting sumber]

Nama mereka berasal dari bahasa Slavia drevo/древо atau derevo/дерево, yang berarti "kayu"[1] and "tree",[2] karena mereka tinggal di hutan.[1] Nama mereka mungkin berarti "penghuni hutan".[2] Nestor sang Penulis Kronik (1056–1114) melaporkan bahwa orang-orang Slavia yang tinggal di dataran terbuka disebut Polyani, dan mereka yang tinggal di hutan disebut Drevlyani.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Francis Conte (1995). The Slavs. East European Monographs. hlm. 71. ISBN 978-0-88033-310-8. 
  2. ^ a b Nora K. Chadwick (4 July 2013). The Beginnings of Russian History: An Enquiry into Sources. Cambridge University Press. hlm. 17–. ISBN 978-1-107-65256-9. 
  3. ^ Frank A. Kmietowicz (1976). Ancient Slavs. Worzalla Publishing Company. hlm. 54.