Dracaena fragrans

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dracaena fragrans
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Upakerajaan:
Divisi:
Kelas:
Subkelas:
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Spesies:
Dracaena fragrans

Sinonim

Dracaena deremensis

Dracaena fragrans (bahasa Inggris: alumunium plant) adalah tumbuhan semak (shrub) yang mempunyai daun mengkilap yang berbentuk mahkota. Dracaena fragrans adalah spesies yang termasuk ke dalam keluarga Asparagaceae. Tanaman ini berasal dari Afrika, namun juga dapat ditemukan di Indonesia, salah satu tempat persebarannya adalah Gunung Prau.[1]

Umumnya, tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias dalam ruang dan diperjualbelikan secara bebas, bahkan bernilai ekspor dan termasuk delapan komoditas florikultura dalam negeri Indonesia yang dikembangkan untuk ekspor.[2] Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki bentuk dan warna yang menarik dapat ditanam di dalam rumah karena dapat bertahan dalam ruangan minim cahaya, selain itu tanaman ini bermanfaat sebagai pembersih udara dari polusi udara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lianah, Lianah; Kusumarini, Niken; Rochmah, Fitriana; Orsida, Fadla; Mukhlisi, Mukhlisi; Ahmad, Milya Ulfa; Nadhifah, Ainun (2021-06-01). "Bryophyte Diversity in Mount Prau, Blumah Village, Central Java". Jurnal Biodjati. 6 (1): 23–35. doi:10.15575/biodjati.v6i1.11693. ISSN 2548-1606. 
  2. ^ "Dracaena, tanaman belukar penghisap racun". tanjungpriok.karantina.pertanian.go.id. Diakses tanggal 2021-09-26.