Dr. Jart+

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dr. Jart+
Didirikan2004
PendiriLee Jin-wook
Kantor
pusat
,
Wilayah operasi
Seluruh dunia
ProdukPerawatan kulit
Pendapatan
  • Kenaikan US$500 juta (2019)
IndukHave & Be
Estée Lauder Companies
Situs webdrjart.com

Dr. Jart+ (Hangul: 닥터자르트; dibaca Doktor Jart) adalah sebuah merek perawatan kulit asal Korea Selatan. Perusahaan ini dibentuk pada tahun 2004 oleh Lee Jin-wook, dengan arahan dari dermatolog, Dr. Jung Sung-jae.[1] Nama perusahaan ini merupakan singkatan dari Doctor Joins Art, untuk mencerminkan filosofinya sebagai "sebuah fusi antara ilmu dermatologi dengan seni".[2] Produknya dideskripsikan menggabungkan formula yang kaya bahan aktif dengan pengemasan modern.[3]

Produk Dr. Jart+ yang paling laris antara lain pelembap Ceramidin dan Cicapair, masker wajah "karet", serta krim BB.[3][4][5] Dr. Jart+ merupakan merek pertama yang memperkenalkan krim BB di Amerika, yakni pada tahun 2011.[6][7] Perusahaan induk Dr. Jart, Have & Be, diakuisisi oleh Estée Lauder pada tahun 2019.[8]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada musim semi tahun 2003, saat Lee Jin-wook (bahasa Korea: 이진욱) sedang menunggu di lobi dari sebuah klinik dermatologi di Gangnam, Seoul, ia melihat sekelompok perempuan yang sangat tertarik dengan produk yang sedang dipamerkan, yakni sebuah krim BB.[9] Ia lalu mulai meriset produk tersebut secara rinci, dan kemudian mengundurkan diri dari pekerjaannya di sebuah biro arsitek agar dapat fokus ke risetnya. Sementara Dr. Jung Sung-jae (bahasa Korea: 정성재) telah membuka praktek di Seoul sejak tahun 2001, di mana ia terus menguji cara baru untuk menangani pasien yang kulitnya mengalami masalah serius.[10] Lee pun mengajak Dr. Jung untuk berinvestasi pada Dr. Jart+, agar formulasi buatan Jung dapat dinikmati lebih banyak orang.[10] Nama "Jart" awalnya merupakan portmanteau dari "Jung" dan "art".[9] Jung pun menjadi kepala dermatolog di perusahaan tersebut.[11]

Sebuah produk dari koleksi Water Fuse buatan Dr. Jart+ sedang dipamekan.

Dr. Jart+ dikembangkan selama tiga tahun sebelum diperkenalkan secara eksklusif di klinik dermatologi.[1] Merek ini baru diluncurkan pada bulan Desember 2004 dengan modal 50 juta won (sekitar US$47.000 pada tahun 2019).[9] Dr. Jart+ pertama kali dijual melalui e-commerce, dengan Lee mendeskripsikan produknya sebagai "barang langka" di industri kosmetik.[9] Pada tahun 2005 saja, pendapatannya mencapai 500 juta won, dan makin meningkat berkat kata dari mulut di peritel daring SkinRx Lab. Pada tahun 2008, penjualannya telah mencapai tujuh milyar won.[9]

Pada awalnya, Lee fokus mengekspor Dr. Jart+ ke luar Asia, karena ia merasa bahwa popularitas produknya di Asia akan makin meningkat setelah berhasil diminati oleh masyarakat di luar Asia.[12] Merek ini lalu bermitra dengan toserba asal Jepang, Takashimaya pada bulan Juni 2009 untuk dapat menjual produknya di gerai milik Takashimaya di Fifth Avenue, sehingga Dr. Jart+ merupakan merek asal Korea kedua setelah Amorepacific yang berhasil menawarkan produknya di New York.[9] Pada awal tahun 2011, merek ini mengembangkan eksistensinya di Amerika melalui Sephora, dengan menawarkan dua produk krim BB buatannya di sepuluh gerai milik Sephora, dan produk ini pun sangat populer.[6][12] New York Times menyebut kemitraan ini sebagai "[pembuka] jalan untuk invasi produk kecantikan asal Korea di Amerika Serikat". Merek ini kemudian menjalin kemitraan dengan L'Oreál dan Dior.[6] Merek ini lalu menjual 50 produknya di semua gerai Sephora.[12]

Produk[sunting | sunting sumber]

Sebuah paket hadiah Dr. Jart+, serta sejumlah sampel dari produk Cicapair dan Krim BB.

Dr. Jart+ memiliki sembilan merek, yang masing-masing fokus pada bahan atau masalah kulit tertentu, yakni:

  • Cicapair — menggunakan rumput macan (centella asiatica) untuk "[mengurangi] kemerahan dan [meredakan] iritasi pada kulit"
  • Ceramidin — 5-Cera Complex (seramid) untuk "merestorasi dan memperbaiki penghalang kulit"
  • Water Fuse — AquaMineral Complex (mineral) untuk memberi hidrasi pada kulit
  • Krim BB
  • Dermaclear — Hydrogen Bio Water (solusi miselar) untuk membersihkan dan mengelupas kulit
  • Water Drop — asam hialuronat; mengandung sebuah "sistem emulsi unik" yang "bercampur ke dalam tetes air kecil"
  • Peptidin — 8-Peptide Complex (peptid)
  • Focuspot — tambalan yang terdiri dari "butiran kecil" untuk mencapai kondisi tertentu
  • V7 — V7 Multi-Vitamin Complex (vitamin B3, C, F, K3, B5, E, dan H)

Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Identitas[sunting | sunting sumber]

Dr. Jart+ tidak menggunakan para selebriti untuk mempromosikan produknya, namun hanya menggunakan animasi.[12] Penjenamaan dan kemasan Dr. Jart+ diperbarui oleh Pentagram pada tahun 2018, dimulai dengan peluncuran produk Ceramidin di seluruh dunia.[13]

Dr. Jart+ dianggap sebagai salah satu merek terkemuka yang mempopulerkan kecantikan ala Korea. Pada sebuah artikel untuk Racked, Ju Rhyu, seorang konsultan bisnis-ke-bisnis, percaya bahwa Dr. Jart+ ingin "mengecilkan" sudut tersebut, seperti halnya kompetitor Amorepacific dan Belif. Perusahaan-perusahaan tersebut berkomunikasi dengan sebuah "identitas merek yang sangat jelas, namun pesan kecantikan ala Koreanya tidak terlalu ditonjolkan," untuk membuat pelanggan lebih loyal. Pada sebuah surel dari wakil presiden pemasaran Dr. Jart+, Susan Tsui, mereka menyatakan bahwa mereka "bangga dengan sejarahnya dari Korea", dan "Dr. Jart+ ditenagai oleh komitmen kami untuk melestarikan apa yang telah kami buat pada bidang seni dan perawatan kulit."[14]

Iklan[sunting | sunting sumber]

Dr. Jart+ telah menjadi sponsor perawatan kulit eksklusif untuk merek perancang Opening Ceremony di New York Fashion Week sejak tahun 2015.[15][16] Merek ini juga telah menjual produknya di gerai ritelnya sendiri sejak tahun 2011.[15]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Austin, Clare (February 27, 2017). "Just what the doctor ordered: the philosophy of Dr.Jart+". The Moodie Davitt Report (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal December 5, 2019. 
  2. ^ "Dr. Jart+ — Story". Pentagram (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal December 5, 2019. 
  3. ^ a b Shaw, Sophie (December 3, 2019). "Doctor-Led Beauty Brands to Know". CR Fashion Book (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-22. Diakses tanggal December 5, 2019. 
  4. ^ Hunt, Amy (July 1, 2019). "THIS incredible, affordable skincare brand is set to be your new obsession". Woman & Home (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal December 5, 2019. 
  5. ^ Hwang, You-mee (July 22, 2016). "K-beauty attracts investment from international big shots". The Korea Herald (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal December 5, 2019. 
  6. ^ a b c Meltzer, Marisa (October 29, 2014). "South Korea Exports Its Glow". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal December 5, 2019. 
  7. ^ Branch, Kate (January 19, 2018). "The K-Beauty Guide of the Moment, According to a Korean Model, Musician, and Budding Actress". Vogue (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal December 5, 2019. 
  8. ^ "The Estée Lauder Companies to Acquire Dr. Jart+". Business Wire (dalam bahasa Inggris). November 18, 2019. Diakses tanggal December 5, 2019. 
  9. ^ a b c d e f Nam, Seung-ryul (June 19, 2009). "[창업열전] 기능성 화장품 '해브앤비' 이진욱 대표, 온라인서 출발···백화점 입성". The Korea Daily. Diakses tanggal December 5, 2019. 
  10. ^ a b "Shop Dr. Jart+". Birchbox (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-05. Diakses tanggal December 5, 2019. 
  11. ^ "Is it Worth Wearing A Facemask Overnight?". Yahoo Beauty (dalam bahasa Inggris). October 2, 2014. Diakses tanggal December 5, 2019. 
  12. ^ a b c d Collins, Allison (May 29, 2018). "Dr. Jart Founder Talks BB Cream and 'Crazy' Meetings". WWD (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal December 5, 2019. 
  13. ^ Baird, Richard (January 15, 2018). "New Package Design for Dr Jart+ by Pentagram". BP&O (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal December 5, 2019. 
  14. ^ Wischhover, Cheryl (August 3, 2017). "Why No One Single Brand Is Winning K-Beauty". Racked (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal December 5, 2019. 
  15. ^ a b "KOREA Magazine July 2015". Korea Magazine. Docuhut. July 2015. Diakses tanggal December 5, 2019. 
  16. ^ Opening Ceremony x Dr.Jart NYFW18 (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal December 5, 2019