Douglas McGregor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Douglas McGregor (1906-1964), lulusan Massachussetts Institute of Technology (MIT), merupakah ahli psikologi sosial. Semasa hidupnya, McGregor melakukan penelitian dalam bidang psikologi dan menghasilkan teori motivasi yang terkenal, yakni Teori X dan Teori Y.

Hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa para manajer melakukan pendekatan kepada karyawan menggunakan dua pola umum. Pendekatan teori X menganggap bahwa secara umum seseorang tidak tertarik dengan pekerjaan dan berupaya untuk menghindarinya. Dengan demikian, agar tetap mencapai sasarannya, perusahaan memaksa karyawan untuk bekerja, mengawasi dengan ketat, mengatur, dan bahkan beberapa perusahaan memberikan ancaman yang disertai sanksi agar mereka bekerja dengan sungguh-sungguh.

Sedangkan Teori Y menganggap bahwa pada dasarnya seseorang suka bekerja dan mengganggapnya sebagai bagian alami dalam proses kehidupan. Oleh karena itu, mereka akan melakukan pekerjaan sesuai komitmen masing-masing tanpa perlu dipaksa atau dikendalikan untuk mencapai tujuan dan sasarannya. Mereka secara alami memiliki tanggung jawab dan mencari tanggung jawab pada pekerjaan masing-masing.[1]

Teori yang dikemukan oleh McGregor juga menimbulkan reaksi tertulis, baik dukungan maupun penolakan. Namun banyak orang yang tidak menulis tentang kehidupan pribadi McGregor selain ia pernah memegang jabatan sebagai Presiden (Rektor) Antioch College selama beberapa tahun, dan bahwa ia menghabiskan tahun-tahun terakhir kehidupannya sebagai profesor di Massachussetts Institute of Technology.

Karya tulis McGregor lain yang terkenal di antaranya: The Human Side of Enterprise (1960), Leadership and Motivation (1966), dan The Professional Manager (1967). Dua karya terakhirnya diterbitkan setelah ia meninggal pada tahun 1964.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Lumbantoruan, Magdalena; Suwartoyo (1992). Ensiklopedi Ekonomi, Bisnis & Manajemen. Jakarta: Cipta Adi Pusaka. hlm. 414-415.