Dosis letal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam toksikologi, dosis letal (LD) atau takaran maut[1] adalah indikasi toksisitas mematikan dari zat atau jenis radiasi tertentu. Karena resistensi bervariasi dari satu individu ke individu lain, "dosis mematikan" mewakili dosis (biasanya dicatat sebagai dosis per kilogram berat badan subjek) di mana persentase tertentu dari subjek akan mati. Konsentrasi mematikan adalah pengukuran dosis mematikan yang digunakan untuk gas atau partikulat. LD mungkin didasarkan pada konsep orang standar, individu teoretis yang memiliki karakteristik "normal" sempurna, dan dengan demikian tidak berlaku untuk semua sub-populasi.

Untuk gas dan aerosol, konsentrasi letal (diberikan dalam mg/mg/m3 atau ppm, bagian per juta) adalah konsep analog, meskipun ini juga tergantung pada durasi paparan, yang harus dimasukkan dalam definisi. Istilah tingkat mematikan yang baru mulai digunakan untuk menggambarkan nilai LC50 yang tidak bergantung pada waktu.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Indonesia) Arti kata dosis maut dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  2. ^ Schultz, Eric (2013). Fish Physiology: Euryhaline Fishes, Volume 32. Academic Press. hlm. 481–482. ISBN 978-0-12-396951-4.