Donorojo, Pacitan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Donorojo
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Pacitan
Pemerintahan
 • Camat -
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan -

Donorojo adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Kecamatan Donorojo berjaraka 23 Km dari pusat Kabupaten Pacitan dan merupakan kecamatan paling barat yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah yang wilayahnya berupa daerah karst Pegunungan Sewu. Kecamatan ini dilintasi Jalan Nasional Rute 3 ruas Yogyakarta-Wonogiri-Pacitan. Ibukotanya berada di Desa Donorojo.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara Provinsi Jawa Tengah
Selatan Samudera Hindia
Barat Provinsi Jawa Tengah
Timur Kecamatan Pringkuku dan Kecamatan Punung

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

Potensi[sunting | sunting sumber]

Potensi Kecamatan Donorojo antara lain adalah kerajinan batu akik, pertanian (gaplek, padi, dan palawija),tanaman rempah, perdagangan palawija. Potensi di bidang pariwisata meliputi Pantai Klayar, Pantai Watu Karung, Goa Kalak sedangkan untuk kesenian terdapat peninggalan bersejarah yaitu Wayang Beber yang merupakan peninggalan kerajaan Majapahit. Beberapa kesenian yang lainnya adalah jaranan enem, tari oklik/oglor, wayang, reog ponorogo, upacara adat ceprotan.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Penduduk Kecamatan Donorojo sebagian besar adalah bekerja pada bidang pertanian dan mengolah lahan kering. Pada waktu musim penghujan ditanami padi dan menjelang musim kemarau ditanami palawija. Hanya sebagian kecil yang menggunakan persawahan. Sebagian penduduk juga sebagai perantau/penduduk boro yang merantau di Jakarta, Solo dan kota besar lainnya.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Sarana perdagangan di Kecamatan Donorojo dilakukan pada saat pasaran. Pasar dibuka berdasarkan hari pasaran pada penanggalan jawa. Seperti Pasar Pon berada di desa donorojo yang merupakan pasar terbesar di Kecamatan Donorojo. Pasar Kliwon berada di desa sukodono, pasar ini juga biasa disebut pasar Tangkluk. Pasar legi berada di Desa Kalak.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sarana pendidikan meliputi tingkat taman kanak-kanak hingga SLTA. Hampir semua desa memiliki Sekolah Dasar dari yang sederhana hingga menjadi SD yang favorit di kecamatan Donorojo. SMP terdapat 3 SMP, yaitu SMP N I Donorojo, SMP PGRI Gendaran, SMP PGRI Kalak, sebelumnya juga terdapat SMP PGRI Donorojo tetapi SMP ini telah dibubarkan karena keterbatasan beberapa hal. Pendidikan SLTA adalah SMEA PGRI Donorojo.

Infrastruktur[sunting | sunting sumber]

Sarana perhubungan telah tersedia akses jalan utama membelah kecamatan menjadi dua bagian. Jalan ini merupakan kelanjutan jalan potong dari jalur utama Pacitan Solo. Jalan ini melewati Desa Belah, Desa Sukodono, Desa Klepu dan sampai Desa Kalak. Sarana Transportasi berupa mobil omprengan. Di samping itu terdapat jalan yang membelah kecamatan dari sebelah timur ke barat menhubungkan antara ibu kota Pacitan dan Kabupaten Wonogiri hingga Yogyakarta.

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Sarana Kesehatan terdapat sebuah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang memang belum mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat, sehingga terdapat puskesmas pembantu dan beberapa bidan dan dokter praktik.