Don DeLillo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Don DeLillo (1988)

Donald Richard DeLillo (lahir 20 November 1936) adalah seorang penulis, dramawan, dan penulis esai Amerika Serikat. Karya-karyanya banyak membahas tema yang beragam seperti televisi, perang nuklir, olahraga, kompleksitas bahasa, seni pertunjukan, Perang Dingin, matematika, kemunculan era digital, dan terorisme global. Dia tinggal dekat New York City di pinggiran Bronxville.

DeLillo lahir di New York. Ia dibesarkan di sebuah keluarga pekerja Katolik Italia di lingkungan Italia-Amerika dari Bronx di New York City, tidak jauh dari Arthur Avenue. Pada masa remaja, DeLillo tidak tertarik untuk menulis sampai ia mengambil pekerjaan paruh waktu saat musim panas sebagai petugas parkir, kala ia menghabiskan waktu menunggu dan mengawasi kendaraan membuat ia akhirnya terbiasa untuk membaca.

Di antara para penulis, ia membaca dan terinspirasi oleh karya-karya milik James Joyce, William Faulkner, Flannery O'Connor, dan Ernest Hemingway, yang memiliki pengaruh besar pada upaya DeLillo paling awal dalam menulis di akhir remaja. Setelah lulus dari Sekolah Tinggi Hayes Kardinal di Bronx pada tahun 1954 dan dari Universitas Fordham di Bronx dengan gelar sarjana dalam Ilmu Komunikasi pada tahun 1958, ia berkerja pada bidang periklanan karena tidak bisa mendapatkan pekerjaan dalam bidang penerbitan. Dia bekerja selama lima tahun sebagai penulis salinan di kantor dari Ogilvy & Mather di Fifth Avenue.

Setelah ia berhenti dari industri periklanan di tahun 1964, ia mulai menulis novel pertamanya. Novel pertamanya, Americana (1971), menelusuri isu-isu media dan budaya melalui perjalanan seorang eksekutif televisi yang mencoba untuk menemukan kembali Amerika melalui proyek film. DeLillo menyelidiki pertanyaan yang lebih dalam dari kematian, selebriti, kultus, dan konsumerisme di End Zone (1972), tentang pemain sepak bola, dan Great Jones Street (1973), tentang bintang rock tertutup.

Pada awal tahun 1980, DeLillo mempublikasikan karya baru yang berbeda dari sebelumnya. Amazon, sebuah novel yang menceritakan tentang wanita pertama yang bermain di National Hockey League. Novel tersebut terkesan Romance dan lebih jelas komersial serta jauh lebih ringan dari novel-novelnya sebelumnya dan berikutnya.

Ia telah meluncurkan 15 novel dan puluhan artikel. Dari karya-karyanya tersebut, ia memperoleh banyak penghargaan, di antaranya adalah St Louis Literary Award dan yang terakhir adalah PEN/Saul Bellow Award for Achievement in American Fiction yang ia raih pada tahun 2010.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Don DeLillo". Merdeka.com.