Dominic Fike

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dominic Fike
Fike saat tampil di Museum Hammer, L.A. pada bulan Mei 2019
LahirDominic David Fike
30 Desember 1995 (umur 28)
Naples, Florida, AS
Pekerjaan
  • Penyanyi
  • penulis lagu
  • aktor
Karier musik
Genre
Instrumen
Tahun aktif2017–sekarang
Label
Artis terkait
Situs webdominicfike.com

Dominic David Fike (lahir 30 Desember 1995), adalah seorang penyanyi, penulis lagu, musisi, dan aktor Amerika. Fike dikenal pertama kali setelah merilis beberapa lagu ke situs SoundCloud. Setelah merilis album mini debutnya, 'Don't Forget About Me, Demos', dia menandatangani kontrak dengan label rekaman Columbia Records. Lagu Fike "3 Nights" masuk sepuluh besar di tangga lagu beberapa negara. Dia kemudian berkolaborasi dengan band Brockhampton dan penyanyi Halsey. Pada Juni 2020, Fike merilis singel berjudul "Chicken Tenders". Pada bulan Juli tahun yang sama, ia merilis singel "Politics & Violence". Album debut Fike, 'What Could Possibly Go Wrong', dirilis pada bulan yang sama. Album ini masuk dalam 50 besar di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat dan Australia.

Pada September 2020, Fike menjadi bintang utama dalam konser di video game Fortnite. Beberapa bulan kemudian, NME memasukkan Fike ke dalam daftar artis pendatang baru paling penting untuk tahun 2020.

Pada tahun 2022, Fike menjadi pemeran di musim kedua serial televisi Euphoria sebagai Elliot.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Dominic David Fike lahir pada 30 Desember 1995,[2] di Naples, Florida. Fike memiliki seorang adik laki-laki, Alex, seorang saudara perempuan, Apple, dan seorang kakak laki-laki, Sean, dan merupakan keturunan Afrika-Amerika, Filipina, dan Haiti. Fike bersekolah di Sekolah Menengah Atas Estero dan lulus pada tahun 2014. Fike adalah penggemar Jack Johnson, Blink-182 dan Red Hot Chili Peppers. Ia pertama kali belajar gitar pada usia sepuluh tahun dengan belajar memainkan lagu-lagu dari Red Hot Chili Peppers.[3]

Selama masa kecilnya, ia dan saudara-saudaranya harus saling menjaga karena orang tuanya sering menghilang. Sepanjang masa kecilnya, ibu Fike sering keluar masuk penjara, sehingga ia harus berpindah-pindah tempat tinggal ke rumah yang berbeda, termasuk rumah kakak laki-lakinya, kerabat atau teman orang tuanya. Kehidupan masa kecil Fike dikatakan "penuh petualangan," karena dia dan teman-temannya sering menghabiskan waktu di kawasan hutan dekat lingkungan tempat tinggal mereka yang mereka sebut "Hutan Avalon." Di tempat itu mereka sering menghabiskan waktu dengan makan makanan ringan dan menghisap ganja. Dia dan kakak laki-lakinya Sean juga sering mengunjungi rumah temannya, Stefan, di mana mereka sering melakukan rap gaya bebas.[3] Kemudian mereka bergabung menjadi kelompok rap yang beranggotakan Slyte, Ike Lysergic, dan Seno. Fike kemudian membentuk sub-grup bernama Lame Boys THT. Pada tahun 2015, grup ini mulai menarik perhatian media lokal dan diundang ke berbagai festival musik.

Fike mulai mengupload lagu di Internet saat ia masih SMA dan lagu pertama yang ia upload di YouTube adalah lagu berjudul "Not A Word". Dia juga memasukkan lagu-lagu yang dia rekam ke dalam kaset. Fike awalnya belajar di sebuah perguruan tinggi tetapi keluar setelah kurang dari 3 hari.

Inisial dari subkelompok masa kecil "Lame Boys THT" ditato di dahinya. Dia juga memiliki tato wajah gitaris Red Hot Chili Peppers John Frusciante di tangan kanannya. Pada Februari 2022, Fike berkencan dengan lawan main Euphoria, Hunter Schafer.[3]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album studio[sunting | sunting sumber]

Judul Keterangan Posisi puncak
AS[4] AS Alt[5] AS Rock[6] AUS[7] KAN[8] NZ[9]
What Could Possibly Go Wrong 41 4 4 34 50 28

Album mini[sunting | sunting sumber]

Judul Keterangan Posisi Puncak
ASHeat.[10]
Don't Forget About Me, Demos
  • Rilis: 16 Oktober 2018
  • Label: Columbia
  • Formats: Unduhan digital, streaming, EP 12-inchi
17

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2022–sekarang Euphoria Elliot Pemeran utama

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Daftar Penghargaan dan nominasi
Tahun Organisasi Penghargaan Karya Hasil
2020 NME Essential New Artists for 2020 Dirinya sendiri Dimasukkan[11]
2022 Grammy Awards Album of the Year Justice (sebagai artis feature) Nominasi
2022 MTV Movie & TV Awards Best Kiss
(bersama Hunter Schafer)
Euphoria Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Meet Euphoria's Newest Cast Member Dominic Fike". E! Online. 2022-01-09. Diakses tanggal 2022-01-21. 
  2. ^ "Dominic David Fike – Collier County Arrests". Collier County Sheriff's Department, Florida. Diakses tanggal June 25, 2020. 
  3. ^ a b c Herwees, Tasbeeh (January 17, 2019). "Now or Never: The Chaotic Rise of Dominic Fike". Complex. Diakses tanggal February 28, 2019. 
  4. ^ "Dominic Fike – Chart history (Billboard 200)". Billboard. Diakses tanggal August 11, 2020. 
  5. ^ "Dominic Fike – Chart history (Alternative Albums)". Billboard. Diakses tanggal March 5, 2022. 
  6. ^ "Dominic Fike – Chart history (Top Rock Albums)". Billboard. Diakses tanggal March 5, 2022. 
  7. ^ Peaks in Australia:
  8. ^ "Dominic Fike – Chart history (Billboard Canadian Albums)". Billboard. Diakses tanggal March 4, 2022. 
  9. ^ "NZ Top 40 Albums Chart". Recorded Music NZ. August 10, 2020. Diakses tanggal August 8, 2020. 
  10. ^ "Dominic Fike – Chart history (Heatseekers Albums)". Billboard. Diakses tanggal March 5, 2022. 
  11. ^ Smith, Thomas (January 3, 2020). "The NME 100: Essential new artists for 2020". NME. Diakses tanggal April 22, 2020.