Dombey dan Son

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Dombey dan Anak)


Dealing with the Firm of Dombey and Son: Wholesale, Retail, and for Exportation (Dombey and Son) adalah novel ketujuh dari penulis Inggris, Charles Dicknes. Novel ini diterbitkan secara bulanan selama 20 bulan dari tahun 1846-1848, hingga berbentuk buku utuh pada tahun 1848. Ilustrasi buku oleh Hablot Knight Browne atau biasa dikenal dengan nama pena Phiz. Novel Dombey and Son menampilkan tema yang bercirikan Dicknesian, seperti perjodohan, kekejaman terhadap anak, pengkhianatan, penipuan, dan stratifikasi sosial. [1][2]

Proses Penulisan[sunting | sunting sumber]

Dalam proses penulisannya, novel Dombey and Son dimulai dengan catatan yang Dicknes sebut dengan "mems". Catatan tersebut digunakan sebagai bantuan untuk mengembangkan plot dan karakter dari novel. Novel Dombey and Son sendiri dianggap Edgar Johnson, seorang penulis biografi sebagai karya besar pertama dari Charles Dicknes. [1][3]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Dombey and Son bercerita mengenai Tuan Dombey, seorang pengusaha perusahaan pelayaran kaya yang frustasi karena tidak memiliki seorang putra yang dapat mengikuti jejaknya. Cerita dimulai ketika istrinya meninggal usai melahirkan anak kedua mereka, Paul yang merupakan seorang putra dan ahli waris yang telah lama diharapkan. Paul tidak dapat memenuhi keinginan ayahnya, ia lemah dan meninggal ketika masih kanak-kanak. Dombey memiliki seorang putri yang pada awalnya tidak ia cintai, hingga sebelum akhirnya ia berdamai dengannya sebelum wafat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "The Charles Dickens Page - Dombey and Son". www.charlesdickenspage.com. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  2. ^ "Novel | Definition, Elements, Examples, Types, & Facts | Britannica". www.britannica.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-29. 
  3. ^ Sullivan, Ronald (1995-04-29). "Edgar Johnson, 93, Biographer Of Dickens and Scott, Is Dead". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2023-01-29.