Dolby Digital

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Dolby digital)
logo Dolby Digital

Dolby Digital merupakan teknologi untuk menghasilkan suara surround digital (sound). Teknologi ini biasanya digunakan dalam pemrosesan dan pembentukan data audio untuk film-film di bioskop atau film-film pada media kepingan seperti DVD. Dolby Digital dikembangkan oleh Dolby Laboratories.

Untuk mengoptimalkan teknologi "Dolby Digital", dibutuhkan minimal 5 speaker full range dan 1 speaker low-frequency (subwoofer). Konfigurasi ini disebut sebagai konfigurasi 6-channel.

Awalnya disebut Dolby Stereo Digital sampai tahun 1994. Kecuali untuk "Dolby TrueHD", kompresi audio lossy. Penggunaan pertama dari Dolby Digital untuk memberikan suara digital di bioskop dari cetakan film 35mm. Sekarang juga digunakan untuk aplikasi lain seperti siaran TV, DVD, Blu-ray, dan konsol game.[1][2][3][4]

Dolby Digital di Bioskop[sunting | sunting sumber]

Batman Returns adalah film pertama yang menggunakan teknologi Dolby Digital ketika ditayangkan di bioskop pada musim panas 1992. Dolby Digital soundtrack film optik yang dicatat pada cetak rilis 35 mm menggunakan blok data yang berurutan ditempatkan di antara setiap lubang perforasi di sisi sound track film. Sebuah bit rate konstan 320kbit/s digunakan. Sebuah scanner CCD proyektor mengambil gambar video dipindai dari daerah ini, dan sebuah prosesor berkorelasi bidang gambar dan ekstrak data digital sebagai bitstream AC-3. Data ini akhirnya diterjemahkan menjadi sumber audio 5.1 channel. Semua film yang mencetak dengan data Dolby Digital juga memiliki Dolby Stereo analog menggunakan Dolby SR soundtrack pengurangan kebisingan dan mencetak seperti dikenal sebagai Dolby SR-D cetakan. Soundtrack analog menyediakan pilihan jatuh-kembali dalam kasus kerusakan pada data digital atau kegagalan decoding (decode) digital, juga menyediakan kompatibilitas dengan proyektor tidak dilengkapi dengan soundheads digital. Hampir semua cetakan rilis saat bioskop jenis ini dan mungkin akan juga mencakup data SDDS dan trek timecode untuk menyinkronkan CD-ROM membawa DTS Soundtrack.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dolby Digital vs DTS: what's the difference? What Hi-Fi?" (Web) (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 12 Juni 2020. 
  2. ^ "Dolby Digital Plus sound doesn't ouput from the device connected with the optical digital cable Sony USA" (Web) (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 12 Juni 2020. 
  3. ^ "Dolby Digital settings in Compressor - Apple Support" (Web) (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 12 Juni 2020. 
  4. ^ "dolby digital plus Archives - DivX Video Software" (Web) (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 12 Juni 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Dolby Digital di Wikimedia Commons