Do You Hear the People Sing?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

"Do You Hear the People Sing?" (dalam bahasa Prancis berjudul "À la volonté du peuple" yang berarti "kehendak rakyat") adalah salah satu lagu utama dalam musikal Les Misérables. Lagu ini dinyanyikan dua kali di dalam musikal tersebut. Lagu ini pertama kali dinyanyikan dalam Babak Pertama oleh Enjolras dan mahasiswa-mahasiswa lainnya di Kafe ABC saat mereka sedang bersiap-siap melancarkan pemberontakan di jalanan Paris selama pemakaman Jenderal Jean Maximilien Lamarque. Lagu ini dinyanyikan lagi di akhir sebagai lagu penutup dengan lirik yang berbeda dan volume yang terus meningkat di setiap bait.

Lagu ini merupakan lagu revolusioner yang mengajak rakyat untuk bangkit. "Barikade" di lirik lagu ini mengacu kepada barikade yang didirikan oleh mahasiswa di jalanan Paris pada Babak Kedua musikal ini. Mereka ingin memancing serangan Garda Nasional agar rakyat juga ikut memberontak, tetapi pemberontakan ini pada akhirnya berhasil dipadamkan.

Lagu ini telah digunakan di dalam berbagai demonstrasi, seperti demonstrasi Occupy Central with Love and Peace di Hong Kong[1] dan demonstrasi yang meminta pengunduran diri Park Geun-Hye di Korea Selatan pada tahun 2016-2017.[2]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Moore, Malcolm (30 September 2014). "How a song from Les Misérables became Hong Kong's protest anthem". Telegraph.co.uk. London. Diakses tanggal 1 October 2014. 
  2. ^ http://www.dt.co.kr/contents.html?article_no=2016112802100351039001