Do-Re-Mi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Do-Re-Mi"
Lagu dari The Sound of Music
Dipublikasi1959
PenciptaOscar Hammerstein II
Komponis musikRichard Rodgers

"Do-Re-Mi" adalah lagu pentas di musikal The Sound of Music (1959) karya Rodgers and Hammerstein. Lagu ini dipakai oleh tokoh utama, Maria, untuk mengajarkan not musik skala mayor kepada anak-anak Von Trapp yang sedang belajar nyanyi untuk pertama kalinya, walaupun ayah mereka melarang segala aktivitas bersenang-senang setelah istrinya meninggal dunia. Setiap silabel dalam sistem musik solfège muncul di lirik lagu ini dan dinyanyikan sesuai tinggi notnya. Dalam pembuatannya, Rodgers dibantu oleh penggubah Trude Rittmann yang ikut mengarang urutan vokal dalam lagu ini.[1]

Di versi panggungnya, Maria menyanyikan lagu ini di ruang tamu rumah Captain von Trapp tidak lama setelah ia memperkenalkan dirinya kepada anak-anak Von Trapp. Namun demikian, ketika Ernest Lehman mengangkatnya ke layar lebar tahun 1965, ia memundurkan kemunculan adegan ini. Dalam film ini, Maria dan anak-anak Von Trapp menyanyikan lagu ini dalam urutan montase petualangan mereka di Salzburg. Di akhir versi film dan pentas, lagu ini dinyanyikan lagi dengan gaya cantata Bach dan menunjukkan bahwa Maria dan anak-anak sangat mahir melakukan paduan suara.

Lagu ini ada di urutan #88 dalam AFI's 100 Years...100 Songs, survei lagu-lagu terbaik di perfilman Amerika Serikat yang disusun tahun 2004.

Makna kata[sunting | sunting sumber]

(Untuk asal usul solfège, lihat artikel Solfège.)

Lirik lagu ini mengajarkan silabel solfege dengan menyambungkannya ke homofon berbahasa Inggris:

  • Do mirip dengan Doe, rusa betina, "a deer, a female deer."
  • Re mirip dengan Ray, cahaya atau pancaran tipis, "a drop of golden sun."
  • Mi mirip dengan Me, kata depan objek yang mengacu pada diri sendiri, "a name I call myself."
  • Fa mirip dengan Far, defined as to or at the most distant or remote point, "a long long way to run".
  • Sol (diucapkan So di lagu ini) mirip dengan Sew, menjahit dengan jarum dan benang atau mesin jahit, "a needle pulling thread." ('So' adalah alternatif yang sering dipakai untuk silabel Sol dalam sistem solfege)
  • La tidak punya homofon yang cocok, dan kalimatnya harus satu rima dengan 'Do' karena lagu ini diakhiri dengan 'That will bring us back to 'Do'. (oh-oh-oh), jadi not ini dijelaskan sebagai "a note to follow so"
  • Ti mirip dengan Tea, minuman panas yang dibuat dengan memasukkan daun teh ke air mendidih, "a drink with jam and bread."

Lagu ini ditutup dengan baris "When you know the notes to sing, you can sing most anything".

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Suskin, Steven (2009). The sound of Broadway music: a book of orchestrators. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]