Divisi Gunung Waffen ke-13 dari SS Handschar (Kroasia ke-1)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Divisi Gunung Waffen ke-13 dari SS Handschar (Kroasia ke-1)
13th SS Division Logo.svg
Aktif1943–1945
Negara Jerman Nazi
Aliansi Jerman Nazi
 Negara Merdeka Kroasia
CabangWaffen-SS
Tipe unitGebirgsjäger (infanteri gunung)
PeranOperasi Anti-Partisan
Jumlah personelDivisi (maksimum 17,000)
Bagian dariKorps Gunung V SS
Korps Gunung IX SS
Korps Angkatan Darat LXVIII
JulukanHandschar
MotoHandžaru udaraj! (Handschar – Serang!)
Pertempuran
Tokoh
Tokoh berjasaKarl-Gustav Sauberzweig
Desiderius Hampel

Divisi Gunung Waffen ke-13 dari SS Handschar (Kroasia ke-1) adalah divisi infantri gunung Waffen-SS, yang merupakan sayap militer Partai Nazi Jerman di era Perang Dunia II. Dari Maret hingga Desember 1944, mereka melakukan kampanye menumpas pemberontakan pasukan Partisan Yugoslavia yang berhaluan komunisme di Negara Merdeka Kroasia, negara boneka Jerman yang mencakup sebagian besar teritori Kroasia modern, seluruh Bosnia dan Herzegovina modern, serta sebagian Serbia. Pasukan ini mendapat nama Handschar (bahasa Bosnia: Handzar) dari pisau laga atau pedang yang dibawa polisi Turki Utsmani yang selama berabad-abad menguasai Bosnia. Milisi ini merupakan divisi Waffen-SS non-Jermanik pertama, dan pembentukannya menandai perkembangan Waffen-SS menjadi kekuatan militer multi-etnis. Anggotanya berasal dari suku Bosniak, dengan beberapa tentara Katolik Kroasia dan sebagian besar perwira Jerman dan Yugoslav Volksdeutsche (etnis Jerman di Yugoslavia). Mereka bersumpah setia kepada Adolf Hitler dan pemimpin Kroasia Ante Pavelić.

Divisi tersebut bertempur sebentar di wilayah Srem di sebelah utara sungai Sava sebelum menyeberang ke Bosnia timur laut. Setelah menyeberangi Sava, mereka membentuk "zona keamanan" di timur laut Bosnia antara sungai Sava, Bosna, Drina dan Spreča. Mereka juga bertempur di luar zona keamanan pada beberapa kesempatan, dan dikenal karena kebrutalan dan kebiadabannya, tidak hanya selama operasi tempur, tetapi juga melalui kekejaman yang ditujukan pada warga sipil Serbia dan Yahudi. Pada akhir 1944, sebagian anggota divisi Handschar dikerahkan untuk sementara waktu ke wilayah sekitar Zagreb. Selama musim dingin 1944-1945, mereka dikirim ke wilayah Baranja di mana mereka berperang melawan Tentara Merah dan Bulgaria di Hongaria selatan, lalu akhirnya mundur. Sebagian besar tentara Muslim Bosnia yang tersisa pada saat itu berusaha kembali ke Bosnia. Sisanya mundur lebih jauh ke barat, berharap agar bisa menyerah kepada tentara Sekutu Barat. Sebagian besar anggotanya yang tersisa ditawan Inggris. Selanjutnya, 38 orang diekstradisi ke Sosialis Yugoslavia dan menghadapi tuntutan pidana, dengan sepuluh orang di antaranya dieksekusi. Ratusan mantan anggota divisi tersebut ikut bertempur dalam Perang Saudara 1947-1948 di Mandat Palestina dan Perang Arab-Israel 1948.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Redžić, Enver (1987). Muslimansko Autonomaštvo i 13. SS Divizija (dalam bahasa Serbo-Croatian). Sarajevo: Svjetlost. ISBN 978-86-01-01124-3.  This is the main source on the subject in Serbo-Croatian, and covers the Muslim autonomy movement as well as the division itself.
  • Herf, Jeffrey (2009). Nazi Propaganda for the Arab world. New Haven, Connecticut: Yale University Press. ISBN 978-0-300-14579-3. 
  • Mallmann, Klaus-Michael; Cüppers, Martin (2006). Halbmond und Hakenkreuz. Das Dritte Reich, die Araber und Palästina (dalam bahasa German). Darmstadt: Wissenschaftliche Buchgesellschaft. ISBN 978-3-534-19729-3.