Divine Life Society

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Divine Life Society (DLS) adalah organisasi spiritual Hindu dan sebuah ashram yang didirikan oleh Swami Sivannda Saraswati pada tahun 1936, di Muni Ki Reti, Rishikesh, India. Organisasi ini berpusat di India dan memiliki cabang di banyak negara, seperti Amerika Serikat, Afrika Selatan, Britania Raya, Perancis, Australia, dan Malaysia.[1]

Organisasi Divine Life Society memberikan pelatihan Yoga dan pengajaran Wedanta kepada anggotanya. Organisasi ini juga bergerak di bidang sosial.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1936, setelah kembali dari ziarah, Swami Sivananda tinggal di sebuah gubuk tua di tepi Sungai Gangga di Rishikesh. Murid-murid yang menginginkan kehadirannya tinggal bersamanya dalam keadaan sulit. Dia pun memulai Divine Life Society untuk melayani umat manusia. Raja dari Tehri-Garhwal memberinya sebidang tanah untuk membangun Shivanandashram saat ini. Chidananda Saraswati menjabat sebagai presiden organisasi dari Agustus 1963 hingga 28 Agustus 2008, sementara Krishnananda Saraswati menjabat sebagai sekretaris jenderal di Rishikesh dari tahun 1958 hingga 2001.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

(Inggris) Divine Live Society

(Inggris) Swami Sivananda

  1. ^ "Centres Around The Globe".