Diploria labyrinthiformis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Diploria labyrinthiformis
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
D. alata
Nama binomial
Diploria_labyrinthiformis
Linnaeus, 1758

Diploria labyrinthiformis, yang dikenal dengan nama umum karang otak,[2][3] adalah spesies karang batu di keluarga Mussidae.[4][5][6][7] Ditemukan di daerah tropis di Atlantik barat Laut, terkenal karena bentuknya seperti otak atau labirin.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Karang otak, Laut Karibia

Spesies ini adalah salah satu pembentuk terumbu karang yang memiliki bentuk bulat seperti otak dengan warna coklat, kuning, atau abu-abu.

Diploria labyrinthiformis dapat tumbuh sekitar 3,5 milimeter per tahun, dengan diameternya dapat mencapai sekitar 2 meter. Selama tahap larva planktonik, karang ini dapat bergerak. Setelah itu, menjadi sesil atau menetap secara permanen.[8]

Spesies ini merupakan hewan penyaring, dan bertahan hidup memakan zooplankton dan bakteri. Makanan ini ditangkap oleh polip dengan tentakel. Polip memiliki nematosista yang dapat menangkap mangsa. Mangsa kemudian diangkut ke mulut dengan bantuan lendir dan silia.

Diploria labyrinthiformis adalah hermafrodit. Hewan ini mengeluarkan telur yang dibuahi oleh sperma di dalam polip, diikuti oleh pengeluaran larva.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Diploria labyrinthiformis ini ditemukan di daerah tropis bagian barat Samudera Atlantik, Teluk Meksiko, Laut Karibia, ujung selatan Florida, Bahama, Bermuda dan pantai Amerika Tengah.

Karang ini hidup di lepas pantai pada kedalaman mulai dari 1 sampai 30 meter.

Hubungan dengan spesies lain[sunting | sunting sumber]

Simbiosis[sunting | sunting sumber]

Diploria labyrinthiformis menjadi inang Zooxanthella, sebuah alga dinoflagellata. Alga mendapat perlindungan. Sedangkan karang mendapat nutrisi yang dihasilkan alga secara fotosintetik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Goergen, L.; Rodríguez-Martínez, R.; Miller, M.; Crabbe, J.; Banaszak, A.; Vermeij, M. (2022). "Diploria labyrinthiformis". 2022: e.T133257A165799250. Diakses tanggal 31 December 2022. 
  2. ^ "Marine Species Identification Portal : Grooved brain coral - Diploria labyrinthiformis". Species-identification.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-12-23. Diakses tanggal 2011-12-19. 
  3. ^ "Diploria labyrinthiformis (grooved brain coral) | Natural History Museum". Nhm.ac.uk. Diakses tanggal 2011-12-19. 
  4. ^ Grooved Brain Coral, Diploria labyrinthiformis.
  5. ^ Coralpedia - Diploria labyrinthiformis.
  6. ^ Diploria labyrinthiformis (grooved brain coral) | Natural History Museum.
  7. ^ "Marine Species Identification Portal: Grooved brain coral - Diploria labyrinthiformis". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-02-02. Diakses tanggal 2017-02-02. 
  8. ^ Kate Rossi-Snook & Dr. James B. Wood. "Grooved Brain Coral, Diploria labyrinthiformis". Thecephalopodpage.org. Diakses tanggal 2011-12-19.