Dino Jelusić

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dino Jelusić (lahir 4 Juni 1992) adalah seorang penyanyi, musisi, sekaligus penulis lagu berkebangsaan Kroasia. Ia adalah pemenang pertama Kontes Lagu Eurovision Junior 2003 yang diadakan di Kopenhagen, Denmark, 15 November 2003.

Dino Jelusick
Jelusick in 2019
Jelusick in 2019
Informasi latar belakang
Nama lahirDino Jelusić
Lahir4 Juni 1992 (umur 31)
Požega, Kroasia
Genre
Pekerjaan
  • Musisi
  • Penulis Lagu
  • Produser Rekaman
Instrumen
  • Vokal
  • Keyboards
  • Gitar
Tahun aktif1997–sekarang
LabelFrontiers Records
Situs webdino-jelusick.com

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Jelusick lahir sebagai Dino Jelusić pada 4 Juni 1992 di Požega, Kroasia. Dia menghabiskan sebagian besar hidupnya di ibu kota Zagreb. Ia memperoleh gelar master dari Akademi Musik, Universitas Zagreb, pada tahun 2020.

Karir[sunting | sunting sumber]

1997–2005: Upaya musikal pertama dan Kontes Lagu Eurovision Junior[sunting | sunting sumber]

Karena orang tuanya juga memainkan alat musik, Jelusick diperkenalkan dengan musik dan bernyanyi pada usia tiga tahun dan mulai tampil pada usia lima tahun dengan tampil di televisi, panggung, dan festival. Jelusick menulis lagu bahasa Inggris pertamanya pada usia tujuh tahun. Pada tahun 2003, ia berpartisipasi dalam Kontes Lagu Eurovision Junior pertama, di Denmark, dengan lagu yang ia tulis pada usia sepuluh tahun, "Ti si moja prva ljubav", dan menang dengan 134 poin. Jelusick merilis album solo debutnya, No. 1, pada tahun 2003, dan versi bahasa Inggrisnya setahun kemudian. Dia melakukan tur ke Amerika Serikat, Skandinavia, dan Australia hingga tahun 2005, dan tur tersebut mencakup empat konser besar di Denmark dengan penonton gabungan sebanyak 100.000 orang. Pada tahun yang sama, Jelusick menjadi nominasi termuda dari penghargaan musik Kroasia Porin, pada usia dua belas tahun. Pada tahun 2005, dia menjadi salah satu dari tiga aksi utama di festival Langeland di Denmark, bersama dengan UB40 dan Ronan Keating.

2006–2014: Karier solo dan perubahan gaya musik rock dan metal[sunting | sunting sumber]

Sekitar tahun 2007, sebagai bagian dari masa remaja, suara Jelusick berubah dan kehilangan sebagian nada atasnya. Jelusick dibesarkan dengan mendengarkan antara lain King's X, Slash, Whitesnake, Dream Theater, dan Toto, dan dia memutuskan untuk mengubah arah musiknya menjadi hard rock dan metal. Pada tahun 2009, Jelusick mulai merekam album studio baru di Melbourne, Australia, dengan produser Mark Berry, dan menyelesaikannya dengan produser Swedia Robert Ahrling di Malmö. Album yang dirilis pada Agustus 2011 berjudul Menjalani Hidupku Sendiri. Namun, karena dia tidak menulis lagu apa pun di dalamnya, Jelusick tidak membawakannya secara langsung. Antara 2012 dan 2013, Jelusick dipekerjakan untuk ambil bagian dalam proyek internasional di Afrika Selatan yang disebut Synkropation. Proyek ini terdiri dari sebuah album yang menampilkan kolaborasi artis yang berbeda, termasuk Mandoza dan Dilana. Meskipun album tersebut tidak pernah dirilis, Jelusick tampil di beberapa lagu dan diputar di hadapan 50.000 orang. Pada tahun 2014, Jelusick dianugerahi tempat kedua di festival internasional Slavianski Bazaar di Vitebsk, Belarusia. Setelah itu, ia mulai mengalami masalah dengan suaranya. Pada bulan September, dia menjalani operasi untuk edema Reinke. Setelah operasi, dia merekam album lain, yang ini seluruhnya dibuat olehnya. Album konsep berjudul Prošao sam sve (Bahasa Inggris: "Saya telah melalui segalanya"), dirilis pada November 2014. Rekor ini didasarkan pada novel otobiografi 260 hari oleh Marijan Gubina, tentang seorang anak laki-laki berusia sepuluh tahun yang bertahan 260 hari. hari penjara di kamp perang selama Perang Kemerdekaan Kroasia (1991–1995).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]