Dindsenchas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dindsenchas atau Dindshenchas (ejaan modern: Dinnseanchas atau Dinnsheanchas atau Dinnṡeanċas), yang berarti "pengetahuan dari banyak tempat"[1] (Irlandia modern kata dinnseanchas berarti "topografi"),[2] adalah kelas teks onomastic di awal sastra Irlandia, menceritakan asal-usul nama-nama tempat dan tradisi mengenai peristiwa dan karakter yang berhubungan dengan tempat tersebut. Karena banyak legenda yang terkait kisah mitos dan tokoh-tokoh legendaris, dindsenchas adalah sumber penting untuk mempelajari mitologi Irlandia. Dinnseanchas juga dapat merujuk ke jurnal Irlandia yang membahas arti nama tempat.

Sastra corpus dari dindsenchas terdiri dari sekitar 176 puisi ditambah sejumlah prosa tafsiran dan prosa cerita independen (yang disebut "prosa dindsenchas" sering dibedakan dari "ayat", "puitis" atau "dindsenchas berirama"). Sebagai sebuah kompilasi dindsenchas telah bertahan dalam dua turunan yang berbeda. Turunan pertama ditemukan dalam Buku Leinster, sebuah naskah dari abad ke-12, dengan sebagian naskah sumbernya selamat. Teks ini menunjukkan tanda-tanda telah dirangkum dari sejumlah provinsi sumber dan puisi awal setidaknya berasal dari abad ke-11. Turunan kedua bertahan secara utuh dalam kurang lebih tiga belas berbeda naskah, sebagian besar berasal dari abad 14 dan 15. Turunan ini berisi sejumlah puisi yang disusun setelah Buku teks Leinster. Cerita Dindsenchas juga dimasukkan kedalam teks-teks saga seperti Táin Bó Cúailnge dan Acallam na Senórach.

Meskipun saat ini mereka dikenal dari sumber-sumber tertulis, dindsenchas jelas produk dari tradisi pra-sastra dan disusun sehingga menjadi sebuah bantuan ingatan seperti dalam bentuk hiburan. Mereka jauh dari sejarah yang akurat bagaimana tempat-tempat kemudian mendapatkan namanya. Banyak penjelasan yang diberikan dibuat untuk sesuai namanya dan bukan sebaliknya, terutama dalam banyak kasus di mana tempat yang jauh lebih tua dari masa Irlandia Tengah yang dikatakan pada masa komposisi puisi.[3] Dalam kasus lain, penyair dindsenchas mungkin telah menemukan nama untuk tempat-tempat ketika suatu tempat tidak diketahui oleh mereka, walaupun tempat tersebut telah memiliki nama. Poin analisis secara rinci sebagian besar untuk kisah pra-Kristen. Misalnya, muncul banyak nama tempat yang merosot dari penggunaan sejak abad ke-5 masehi, ketika catatan Irlandia tertulis mulai muncul dalam jumlah banyak.

Pengetahuan dari dunia nyata atau diduga sejarah dari tempat-tempat lokal yang membentuk bagian penting dari pendidikan elit kuno Irlandia.[4] Merupakan bagian dari pelatihan militer, dimana pengetahuan lanskap menjadi sangat penting. Hal itu juga pengetahuan penting untuk kasta bardic, yang diharapkan untuk membaca puisi menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang asal-usul nama tempat sebagai bagian dari tugas profesional mereka. Akibatnya, dindshenchas mungkin telah tumbuh dengan pertambahan dari teks-teks lokal yang disusun di sekolah-sekolah sebagai cara untuk mengajar tentang tempat-tempat di daerah mereka.

Edward J. Gwynn menyusun dan menterjemahkan puisi dindsenchas dari Book of the Dun Cow, Book of Lenister, Rennes Manuscript, Book of Ballymote, Great Book of Lecan dan Yellow Book of Lecan dalam The Metrical Dindshenchas atauDindshenchas Berirama, diterbitkan dalam empat jilid antara tahun 1903 dan 1906, dengan pengenalan umum dan indeks diterbitkan sebagai volume kelima pada tahun 1935.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ dind "notable place"; senchas "old tales, ancient history, tradition" - Dictionary of the Irish Language, Compact Edition, 1990, pp. 215, 537
  2. ^ Collins Pocket Irish Dictionary p. 452
  3. ^ Jones Celtic Encyclopedia: Dindsenchas
  4. ^ Hughes, Kathleen (1972). Early Christian Ireland: An introduction to the sources. Ithaca: Cornell University Press. hlm. 166–167.