Dinasti Hafsiyun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kerajaan Hafsiyun
Kesultanan Tunis

1229–1574
Bendera Hafsiyun
Atas: Bendera Tunis di bawah Dinasti Hafsiyun menurut Atlas Katalan 1375
Bawah: Rekonstruksi bendera Hafsiyun pada abad ke-15
Wilayah Dinasti Hafsiyun pada tahun 1400 (jingga)
Wilayah Dinasti Hafsiyun pada tahun 1400 (jingga)
Ibu kotaTunis
Bahasa yang umum digunakanBerber, Arab, Romans Afrika dan beberapa dialek poto Arab Tunisia.
Agama
Islam Sunni, Islam Ibadi, Katolik Roma, Yudaisme
PemerintahanMonarki
Amir al-Mu'minin 
• 1229-1249
Abu Zakariya
• 1574
Muhammad VI
Sejarah 
• Didirikan
1229
• Dibubarkan
1574
Didahului oleh
Digantikan oleh
Muwahhidun
Eyalet Tunis
Sekarang bagian dari Tunisia
 Aljazair
 Libya
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Hafsiyun (Arab: الحفصيون al-Ḥafṣiyūn) adalah dinasti Muslim Sunni keturunan Berber[1] yang menguasai wilayah Ifriqiya (Libya barat, Tunisia, dan Aljazair timur) dari tahun 1229 hingga 1574.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dinasti ini dinamai dari Muhammad bin Abu Hafs,[2] seorang Berber dari suku Masmuda di Maroko. Ia diangkat menjadi gubernur Ifriqiya oleh Muhammad an-Nasir, khalif Muwahhidun, antara tahun 1198-1213. Banu Hafs merupakan kelompok yang kuat di antara Muwahhidun; nenek moyang mereka adalah Omar Abu Hafs al-Hentati, anggota dewan sepuluh dan sahabat dekat Ibn Tumart. Nama aslinya adalah "Fesga Oumzal", yang kemudian diubah menjadi "Abu Hafs Omar ibn Yahya al-Hentati" (juga dikenal dengan nama "Omar Inti") karena Ibn Tumart memiliki tradisi mengganti nama sahabat dekatnya begitu mereka mengikuti ajaran agamanya.[3]

Pada abad ke-16, Hafsiyun terperangkap dalam perebutan kekuasaan antara Spanyol dengan Kesultanan Utsmaniyah. Utsmaniyah merebut Tunis pada tahun 1534 dan menguasainya selama setahun. Akibat ancaman Utsmaniyah, Hafsiyun menjadi vassal Spanyol setelah tahun 1535, Utsmaniyah kembali menaklukan Tunis pada tahun 1569 dan mengendalikannya selama empat tahun. Don Juan dari Austria merebutnya kembali pada tahun 1573. Namun, pada tahun 1574, Utsmaniyah sekali lagi menaklukan Tunis. Muhammad IV, khalif terakhir Hafsiyun, dibawa ke Konstantinopel dan kemudian dihukum mati karena telah bekerja sama dengan Spanyol dan karena keinginan Sultan Utsmaniyah untuk mengambil gelar khalif karena ia telah menguasai Mekkah dan Madinah. Garis keturunan Hafsiyun sendiri selamat dari ancaman Utsmaniyah karena satu cabang keluarga Hafsiyun dibawa ke Pulau Tenerife di Kepulauan Kanari oleh Spanyol.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Dinasti Hafsiyun, dengan lokasinya di wilayah Ifriqiya, kaya dengan pertanian dan perdagangan. Alih-alih menempatkan ibu kota di kota-kota pedalaman seperti Kairouan, Tunis dipilih sebagai ibu kota karena posisinya di pesisir pantai sebagai pelabuhan yang menghubungkan Mediterania Barat dan Timur. Pedagang Kristen dari Eropa diberi kantong mereka sendiri di berbagai kota di pantai Mediterania, mempromosikan perdagangan trans-Mediterania. Di bawah Hafsiyun, perdagangan dan hubungan diplomatik dengan Kristen Eropa tumbuh secara signifikan, namun pembajakan terhadap pelayaran Kristen tumbuh juga, terutama pada masa pemerintahan Abdul Aziz II (1394–1434). Pada pertengahan abad ke-14, populasi Tunisia telah berkembang menjadi 100.000. Hafsid juga memiliki andil besar dalam perdagangan trans-Sahara melalui rute kafilah dari Tunis ke Timbuktu dan dari Tripoli ke Afrika sub-Sahara. Penduduk Tunisia juga menjadi lebih terpelajar - Kairouan, Tunis dan Bijaya telah menjadi rumah bagi masjid-masjid universitas terkenal, dengan Kairouan menjadi pusat doktrin mazhab Maliki.

Ilmu Pengetahuan[sunting | sunting sumber]

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Bendera[sunting | sunting sumber]

Penguasa Hafsiyun[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ C. Magbaily Fyle, Introduction to the History of African Civilization: Precolonial Africa, (University Press of America, 1999), 84.
  2. ^ Berry, LaVerle. "Hafsids". Libya: A Country Study. Library of Congress. Diakses tanggal 5 March 2011. 
  3. ^ Kitab al-Ansab fi Marifat al-Ashab, al-Baydaq reviewed by Abdelwahab Benmansour 1971, pp32