Dinasti Durrani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Dinasti Durrani
Flag of the Abdali Afghan Tribes.jpeg

Durrani Empire 1747 1862 AD.png
Ibu kota pertama Kekaisaran Durrani adalah Kandahar, dan di bawah Kandahar terdapat Kabul, Peshawar, Lahore, dan Delhi
Negara Afganistan Lama 1747
Suku bangsa Pashtun
Didirikan 1747
Pendiri Ahmad Shah Durrani
Gelar Amir, Raja
Durrani / DURRANI
Total populasi
10 juta
Kawasan dengan populasi yang signifikan
Afghanistan
Bahasa
Pashtun, Balochi
Agama
Mayoritas Islam Sunni
Bagian dari seri artikel mengenai
Sejarah India
Sejarah India

Dinasti Durrani (bahasa Pashtun: د درانيانو کورنۍ) didirikan pada tahun 1747 oleh Ahmad Shah Durrani di Kandahar, Afghanistan. Dia mempersatukan suku-suku Pashtun dan mendirikan Kekaisaran Durrani bersama sekutunya dari suku Baloch,[2] yang pada puncaknya meliputi Afganistan, Pakistan saat ini, serta beberapa bagian dari timur laut Iran, timur Turkmenistan, dan barat laut India termasuk region Kashmir.[2] Dinasti Durrani digantikan oleh Dinasti Barakzai selama paruh awal abad ke-19.

Ahmad Shah dan para keturunannya berasal dari garis keturunan Sadduzai dari Durranis (sebelumnya dikenal sebagai Abdalis), menjadikan mereka penguasa Pashtun kedua dari Kandahar setelah Dinasti Hotak.[3] Durrani sangat terkenal pada paruh kedua abad ke-18 terutama karena kepemimpinan Ahmad Shah Durrani.[4]

Lahirnya dinasti[sunting | sunting sumber]

Ahmad Shah Durrani pendiri Dinasti Durrani

Kekuasaan Nader Shah berakhir pada Juni 1747 setelah dibunuh oleh para prajurit Persia dia.[5] Pada Oktober 1747, ketika para kepala suku Afghan bertemu pada loya jirga (dewan agung) di Kandahar untuk memilih penguasa baru bagi konfederasi Abdali, Ahmad Khan muda yang berusia 25 tahun terpilih. Meskipun lebih muda dari para kandidat lainnya, Ahmad Khan memiliki beberapa faktor utama yang menguntungkannya:

  • Dia merupakan keturunan langsung Asadullah Khan, patriark dari klan Sadozai, suku yang paling menonjol di antara orang-orang Pashtun pada saat itu;
  • Dia tidak diragukan lagi merupakan seorang pemimpin yang kharismatik dan pejuang berpengalaman yang memiliki pasukan terlatih, cekatan dari 4.000 anggota pasukan kavaleri setia yang siap untuk dikerahkan;[4]
  • Tidak sedikit, dia memiliki bagian substansial dari harta kekayaan Nadir Shah, termasuk berlian Koh-i-Noor.

Salah satu tindakan pertama Ahmad Khan sebagai kepala suku adalah menggunakan gelar Padshah durr-i durrān (Raja, "mutiara zaman")[6] atau "mutiara dari segala mutiara").[4] Nama tersebut mungkin telah diusulkan, seperti beberapa klaim, dari sebuah mimpi, atau sebagaimana yang lainnya klaim, dari anting-anting mutiara yang dikenakan oleh pengawal kerajaan Nadir Shah. Abdali Pashtun kemudian dikenal sebagai Durrani, dan nama konfederasi Abdali diubah menjadi Durrani.

Ahmad Shah memulai kampanye militernya dengan merebut Ghazni dari Ghilji Pashtun, dan kemudian merebut Kabul dari para penguasa lokal. Pada tahun 1749, penguasa Mughal dibujuk untuk menyerahkan Sindh, region Punjab dan pelabuhan penting Sungai Indus kepada Ahmad Shah untuk menyelamatkan ibu kotanya dari serangan Afghanistan. Setelah memperoleh wilayah substansial di sebelah timur tanpa perlawanan, Ahmad Shah beralih arah ke barat untuk menguasai Herat, yang diperintah oleh cucu Nader Shah, Shah Rukh dari Persia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Encyclopædia BritannicaShah Shoja
  2. ^ a b Naseer Dashti (8 October 2012). The Baloch and Balochistan: A Historical Account from the Beginning to the Fall of the Baloch State. Trafford Publishing. hlm. 280. ISBN 978-1-4669-5897-5. Diakses tanggal 6 August 2013. 
  3. ^ "Ahmad Shah and the Durrani Empire". Library of Congress Country Studies on Afghanistan. 1997. Diakses tanggal 2010-08-25. 
  4. ^ a b c "The Durrani dynasty". Louis Dupree, Nancy Hatch Dupree and others. Encyclopædia Britannica Online. 2010. Diakses tanggal 2010-08-25. 
  5. ^ Vogelsang, Willem (2003). The Afghans. Wiley-Blackwell. hlm. 228. ISBN 978-0-631-19841-3. Diakses tanggal 2010-08-25. 
  6. ^ Vogelsang, Willem (2003). The Afghans. Wiley-Blackwell. hlm. 229. ISBN 978-0-631-19841-3. Diakses tanggal 2010-08-25. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]