Dinas Buruh Reich

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dinas Buruh Reich
Reichsarbeitsdienst - RAD
RAD Hausflagge.svg
Bendera RAD
Arbeitsdienst.jpg
Skuat RAD tahun 1940
Informasi lembaga
Dibentuk26 Juni 1935
Nomenklatur sebelumnya
  • Frewilliger Arbeitsdienst (FAD)
  • Nationalsozialistischer
    Arbeitsdienst (NSAD)
Dibubarkan8 Mei 1945
JenisTentara buruh
Wilayah hukumJerman Nazi Jerman Nazi
Pendudukan Jerman di Eropa
Kantor pusatBerlinGrunewald
52°29′31″N 13°17′6″E / 52.49194°N 13.28500°E / 52.49194; 13.28500
Pegawai200.000 (1935)
350.000 (Oktober 1939)
Pejabat eksekutif
Lembaga induk

Dinas Buruh Reich (Reichsarbeitsdienst disingkat menjadi RAD) adalah organisasi utama yang didirikan oleh Jerman Nazi sebagai lembaga untuk membantu mengurangi efek pengangguran pada ekonomi Jerman, menjadikan tenaga kerja yang militeristis dan diindoktrinasi dengan ideologi Nazisme. Lembaga ini merupakan dinas tenaga kerja resmi negara yang dibagi menjadi beberapa bagian terpisah untuk pria dan wanita.

Sejak Juni 1935 dan seterusnya, pria berusia antara 18-25 tahun sudah berdinas selama enam bulan di RAD terlebih dahulu sebelum menjalani dinas militer mereka. Selama Perang Dunia II, dinas wajib juga mencakup wanita muda dan RAD berkembang menjadi formasi bantuan yang memberikan dukungan untuk angkatan bersenjata Wehrmacht.

Para anggota RAD yang sedang bekerja di lapangan, Prusia Timur, 1938

Organisasi[sunting | sunting sumber]

RAD dibagi menjadi dua bagian utama, satu untuk pria (Reichsarbeitsdienst Männer - RAD/M) dan satu lagi untuk wanita (Reichsarbeitsdienst der weiblichen Jugend - RAD/wJ)), awalnya sukarela, sejak 1939 menjadi wajib.

RAD terdiri dari 33 distrik yang masing-masing disebut sebagai Arbeitsgau (harfiah: "Distrik Kerja") mirip dengan Gaue (divisi administratif) Partai Nazi. Masing-masing distrik dipimpin oleh seorang perwira "Arbeitsgauführer" dengan staf dari kantor pusat dan seorang "Wachkompanie" (Perusahaan penjaga). Di bawah setiap distrik terdapat 6-8 Arbeitsgruppen (Kelompok kerja) seukuran batalion yang terdiri dari 1.200-1.800 orang. Kelompok-kelompok ini dibagi menjadi enam kompi RAD.

Personel wajib militer harus pindah ke barak tenaga kerja. Setiap anggota diberi peralatan sekop dan sepeda militer. Seragam paramiliter diimplementasikan pada tahun 1934, swastika, simbol RAD, lencana lengan dengan gambar sekop yang mengarah ke atas, dikenakan pada bahu kiri atas semua seragam dan mantel besar yang dipakai oleh semua personel. Pria dan wanita harus bekerja hingga 76 jam seminggu.

Selama Perang Dunia Kedua, peran RAD tidak hanya terbatas pada fungsi dukungan tempur semata. Ratusan unit RAD menerima pelatihan sebagai unit anti-pesawat dan dikerahkan sebagai Flak RAD.[2] Beberapa unit RAD melakukan pertempuran di front timur sebagai infanteri. Ketika pertahanan Jerman hancur, semakin banyak anggota RAD yang berkomitmen untuk berperang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nominally.
  2. ^ McNab 2009, hlm. 55.