Dinarkhos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dinarkhos atau Dinarch (bahasa Yunani: Δείναρχος; Korintus, skt. 361 – skt. 291 SM) merupakan seorang logografer (penulis pidato) di Yunani Kuno. Ia adalah yang terakhir dari sepuluh orator Attik termasuk di dalam "Kanon Aleksandria" yang disusun oleh Aristofanes dari Bizantium dan Aristarkhos dari Samotrakia di abad ke-3 SM.

Putra Sostratus (atau, menurut Suda, Socrates), Dinarkhos menetap di Athena di awal kehidupannya, dan ketika tidak lebih dari dua puluh lima thaun telah aktif sebagai seorang logografer—penulis pidato untuk pengadilan hukum. Sebagai seorang Metoikos, ia tidak dapat ambil bagian di dalam perdebatan tersebut. Ia menjadi murid Theophrastus dan Demetrios dari Phaleron, dan sejak awal memperoleh kefasihan dan fleksibilitas gaya tertentu.[1]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^  Satu atau lebih kalimat sebelum ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "Dinarchus". Encyclopædia Britannica. 8 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 274–275. 

Referensi[sunting | sunting sumber]