Digsby

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Digsby
Digsbylogo.jpg
Pengembang dotSyntax, LLC.
Rilis perdana February 5, 2008
Serambi Windows, (Mac & Linux in development)
Ketersediaan bahasa English
Jenis Instant messaging
Lisensi Proprietary
Situs web www.digsby.com

Digsby adalah sebuah program pengiriman pesan instan berbasis IM Instant Messaging atau Pesan Instan multi protokol melalui web browser yang dikembangkan oleh dotSyntax, LLC. Digsby mendukung sebagian besar jenis pengiriman pesan, yaitu AOL Instant Messenger, Microsoft.NET Messenger Service, Yahoo! Messenger, ICQ, Facebook Chat, dan servis berbasis XMPP seperti Google Talk. Digsby juga dapat menunjukkan notifikasi e-mail dan notifikasi lainnya dari MySpace, Facebook, Twitter dan LinkedIn. Diperlukan registrasi untuk mengunduh aplikasi ini di komputer, dan dapat dilakukan secara gratis. Installer Digsby menggunakan memori komputer sebanyak 3.8 MB. Sejak 20 maret 2008, aplikasi Digsby sudah dikembangkan dalam bentuk beta.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya Digsby merupakan proyek untuk tugas sekolah Steve Saphiro. Digsby adalah proyeknya ketika sedang kuliah untuk mengambil gelar MBA dari Rochester Institute of Technology. Akhirnya ia bersama tim pengembangnya memutuskan untuk membuat proyeknya menjadi komersil dan menjadikannya sebuah aplikasi bernama Digsby. Dibutuhkan dua tahun untuk merampungkan proyeknya ini hingga resmi diluncurkan pada bulan Maret 2008. Ide awal Saphiro adalah untuk membuat program pengiriman pesan berbasis IM multi protokol. Fitur notifikasi e-mail dan integrasinya dengan jejaring sosial ditambahkan kemudian seiring dengan perkembangannya.

Nama dan Maskot[sunting | sunting sumber]

Nama Digsby dipilih karena dianggap sederhana, mudah diucapkan dan diingat, terdengar seperti sesuatu yang menyenangkan, dan yang terpenting adalah belum terdaftar sebagai nama situs atau aplikasi lain di sebuah domain. Maskot Digsby adalah hasil rancangan Logoworks dari Hewlett Packard. Ide awalnya adalah untuk membuat sebuah maskot nyata yang bukan sekadar logo.

Fitur[sunting | sunting sumber]

• Digsby mendukung sebagian besar IM multi protokol seperti AIM, MSN, Yahoo!, Google Talk, ICQ, Jabber. Sejauh ini belum ada dukungan untuk IRC

Status pengguna : available, away, atau custom yang membuat pengguna dapat menuliskan statusnya sendiri. Digsby juga menyediakan pilihan mode invisible

Conversation log viewer yang dapat membuat pengguna memilih untuk mengategorikan percakapan yang sedang dilakukan menurut nama teman ataupun tanggal

• Dapat melakukan chat instan dengan meng-klik jendela IM yang muncul berupa popup

• Menu untuk mendapatkan info, mengirim/ menerima IMs, transfer file, mengirim e-mail ke alamat yang telah terkonfigurasi sebelumnya, mengirim SMS, melakukan percakapan suara dan video (dengan dukungan dari flash application), melihat percakapan terdahulu, menambah/ block pengguna lain, dan link cepat ke alert menu.

Merge Contacts yang berguna untuk mengumpulkan pengguna IM dari aplikasi lain (misalnya AIM atau Yahoo!) bersama-sama ke dalam daftar kontak yang sama dalam buddy list.

• Pilihan untuk menyortir buddy atau teman menurut grup, status, servis, atau servis yang diikuti dengan status.

• Dapat mendeteksi musik yang sedang diputar di komputer ketika sedang mengaktifkan status Listening To

Fitur Unik[sunting | sunting sumber]

Synchronization yang berguna untuk menyingkronisasi semua yang pengguna susun—tema, bentuk penyoritan buddy, preferensi koneksi, dan window position dengan server Digsby.

Digsby chat widget yang dapat memberikan pengguna flash widget yang dapat diatur dan disimpan, yang tersambung langsung ke dalam login Digsby pengguna. Ketika fitur ini dimasukkan ke dalam website pengguna, pengunjung website dapat langsung mengirim pesan/ melakukan chat.

Fitur yang Belum Tersedia[sunting | sunting sumber]

• Belum didukung dengan fitur IRC

• Tidak ada fitur theme handler

• Tidak adanya chat room seperti yang biasa digunakan dalam applikasi chatting terdahulu

Chat window belum dilengkapi dengan kemampuan URL embed link

Integrasi dengan E-mail dan Jejaring Sosial[sunting | sunting sumber]

E-mail[sunting | sunting sumber]

Digsby telah mendukung servis e-mail dari Gmail, Yahoo! Mail, Hotmail, POP, IMAP, dan AIM mail. Pengguna dapat menandakan sebuah pesan sebagai sudah dibaca atau sebagai spam melalui notifikasi yang muncul lewat jendela popup. Pengguna juga dapat membuat e-mail baru dari jendela percakapan IM.

Jejaring Sosial[sunting | sunting sumber]

Jejaring sosial yang telah didukung oleh Digsby adalah Facebook, Myspace, dan Twitter. Pengguna dapat update status atau berbagi informasi dari link yang tersedia untuk Facebook atau Myspace. Pengguna juga dapat update dan mereply status di Twitter, dan Digsby juga menyediakan shortcut untuk menandai suatu status sebagai favorit, atau mengirim pesan langsung (Direct Message).

Privasi dan Aplikasi Lain[sunting | sunting sumber]

Sejak 18 Agustus 2009, Digsby installer telah menyediakan Google search plugin yang dinamai “Digsby-powered Google Search”. Fungsinya sama yakni untuk mencari data melalui search engine Google, namun melalui Digsby.com sebagai tambahan. Fungsi distribusi Digsby yang menggunakan menjadi sebuah subjek tersendiri dalam kritik mengenai konsumsi memori CPU atau kekuatan batere komputer. Pengembang Digsby, “Chris”, merespon dengan menyatakan bahwa penggunaan CPU terbatas sebesar 75% untuk desktop, dan 25% untuk laptop kecuali digunakan tanpa listrik (menggunakan batere). Digsby versi terbaru sudah dapat membuat pengguna bisa mengatur “research module” setelah instalasi dengan cara mengspesifikasi jumlah memori/CPU dimana “module” diperbolehkan untuk digunakan atau dinonaktifkan secara keseluruhan. Digsby sudah mengumumkan bahwa pihak mereka akan mencoba membuat kebijakan-kebijakannya lebih transparan.NOS

Referensi[sunting | sunting sumber]

Hutsuko, Joe. 2009. Macs All-in-One For Dummies

NOS Thomases, Hollies. 2010. Twitter Marketing: An Hour a Day

Pranala luar[sunting | sunting sumber]