Dictyochales

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dictyochales
Klasifikasi ilmiah
Kelas:
Dictyochophyceae
Ordo:
Dictyochales
Crhistensen, 1962
Sinonim
  • Dictyochophyceae Silva, 1980, sensu stricto
  • Silicoflagellata Borgert, 1890, emend. Moestrup, 1995
Dictyocha speculum

Dictyochales atau Dictyocha (Silicoflagellates, atau Dictyochophyceae sensu stricto) adalah sekelompok kecil alga heterokont uniseluler, yang ditemukan di lingkungan laut.

Dictyocha hidup Di wilayah Perairan Hangat. Ciri ini merupakan peninggalan Masa Lalu, Saat Dictyocha Mendominasi populasi Flora Tropis dan Subtropis.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Dalam satu tahap siklus hidup mereka, mereka menghasilkan kerangka silika, terdiri dari jaringan batang dan paku diatur untuk membentuk keranjang internal. Ini membentuk komponen kecil dari sedimen laut, dan dikenal sebagai mikrofosil sejak awal Kapur.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Alga di Dictyochophyceae sebelumnya telah diklasifikasikan dalam Chrysophyceae. Ada satu genus yang hidup, Dictyocha, dengan dua spesies yang umum dikenal. Ada juga beberapa genera yang telah punah, tetapi klasifikasinya sulit, karena kerangka dapat menunjukkan bentuk yang beragam dalam setiap spesies hidup. Dictyocha memiliki satu kloroplas berwarna coklat keemasan dan flagel panjang memanjang menjadi bentuk seperti sayap. Tahap bantalan kerangka tidak berinti, dengan banyak proyeksi yang didukung mikrotubulus, dan ada juga tahap tak berinti dan mikronukleat yang tidak menghasilkan kerangka, tetapi bagaimana mereka berhubungan satu sama lain kurang dipahami. Struktur sel menempatkan silicoflagellata dalam kelompok yang disebut axodines.[1]

Terminologi[sunting | sunting sumber]

Mereka biasanya diperlakukan sebagai ordo, yang disebut Dictyochales oleh ahli botani dan Silicoflagellida oleh ahli zoologi. Dictyochophyceae dan silicoflagellata terkadang disamakan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lee, Robert Edward (2008-03-27). Phycology (dalam bahasa Inggris). Cambridge University Press. ISBN 978-1-139-46987-6. 
  2. ^ "National Center for Biotechnology Information". www.ncbi.nlm.nih.gov (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-06-15.