Diamonds Are Forever (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Diamonds Are Forever
Poster film karya Robert McGinnis
SutradaraGuy Hamilton
ProduserHarry Saltzman
Albert R. Broccoli
SkenarioRichard Maibaum
Tom Mankiewicz
Berdasarkan
Diamonds Are Forever
oleh Ian Fleming
Pemeran
Penata musikJohn Barry
SinematograferTed Moore
PenyuntingBert Bates
John Holmes
Perusahaan
produksi
DistributorUnited Artists
Tanggal rilis
  • 14 Desember 1971 (1971-12-14) (Jerman Barat)
  • 17 Desember 1971 (1971-12-17) (USA)
  • 30 Desember 1971 (1971-12-30) (UK, premiere)
Durasi120 menit
NegaraBritania Raya[1]
Amerika Serikat[2]
BahasaInggris
Anggaran$7.2 juta[3]
Pendapatan
kotor
$116 juta[3]

Diamonds Are Forever adalah film mata-mata tahun 1971, yang merupakan film ketujuh dalam seri James Bond yang diproduksi oleh Eon Productions. Ini adalah film keenam dan terakhir yang dibintangi oleh Sean Connery dalam peran agen fiktif MI6 James Bond, setelah ia menolak untuk kembali memerankan peran tersebut dalam On Her Majesty's Secret Service (1969).

Film ini didasarkan pada novel tahun 1956 karya Ian Fleming yang memiliki judul yang sama, dan merupakan salah satu dari empat film James Bond yang disutradarai oleh Guy Hamilton. Ceritanya mengisahkan Bond yang menyamar sebagai penyelundup berlian untuk menyusup ke dalam sebuah lingkaran penyelundupan dan segera mengungkap plot musuh lamanya, Ernst Stavro Blofeld, yang ingin menggunakan berlian tersebut untuk membangun senjata laser berbasis luar angkasa. Bond harus melawan musuhnya untuk terakhir kalinya untuk menghentikan penyelundupan dan mencegah rencana Blofeld untuk menghancurkan Washington, D.C., dan memeras dunia dengan supremasi nuklir.

Setelah George Lazenby meninggalkan seri ini, produser Harry Saltzman dan Albert R. Broccoli menguji aktor lain, tetapi studio United Artists menginginkan kembalinya Connery, dengan membayar gaji sebesar $1,25 juta pada saat itu. Produser terinspirasi oleh Goldfinger. Guy Hamilton dipekerjakan sebagai sutradara, dan Shirley Bassey menyanyikan vokal dalam lagu tema film ini. Lokasi syuting termasuk Las Vegas, California, dan Amsterdam. Diamonds Are Forever merupakan kesuksesan komersial dan mendapatkan ulasan positif, meskipun ulasan retrospektif mengkritik gaya camp film ini. Film ini juga dinominasikan untuk Academy Award for Best Sound.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Diamonds Are Forever". Lumiere. European Audiovisual Observatory. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 October 2020. Diakses tanggal 9 October 2020. 
  2. ^ "Diamonds Are Forever (1971)". AFI Catalog of Feature Films. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 May 2021. Diakses tanggal 23 May 2021. 
  3. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama numbers

Pranala luar[sunting | sunting sumber]