Dialek Firenze

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Dialek Firenze
Dituturkan diItalia
WilayahToskana (Firenze)
Penutur
Kode bahasa
ISO 639-3
Glottologfior1235
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Dialek Firenze (Italia: dialetto fiorentino) atau Vernakular Firenze (Italia: vernacolo fiorentino) adalah ragam dialek Toskano, salah satu bahasa Roman, yang digunakan di Firenze, Italia. Menjadi bahasa yang digunakan di ibu kota negara bagian Toskana, Firenze merupakan dialek paling utama dari semua varietas dialek Toskano lainnya.

Varian pedagogis yang diterima yang berasal darinya secara historis, pernah disebut la pronuncia fiorentina emendata (secara harfiah, "pengucapan Florentine yang diubah"), secara resmi ditentukan sebagai bahasa nasional Kerajaan Italia, ketika didirikan pada tahun 1861.

Sastra[sunting | sunting sumber]

Penulis terkenal seperti Dante Alighieri, Francesco Petrarch, Giovanni Boccaccio, Niccolò Machiavelli, dan Francesco Guicciardini merupakan sastrawan dialek Toskano. Sastra yang paling terkenal adalah Divina Commedia yang ditulis oleh Dante.[1]

Perbedaan dari Bahasa Italia Baku[sunting | sunting sumber]

Firenze, dan Toskano secara umum, dapat dibedakan dari Bahasa Italia Baku melalui perbedaan dalam berbagai fitur di semua tingkatan: fonologi, morphology, sintaksis, dan leksikon.

Mungkin perbedaan yang paling diperhatikan oleh orang Italia dan orang asing dikenal sebagai gorgia toscana (arti harfiah: 'tenggorokan Toskana'),[1] pelemahan konsonan yang tersebar luas di Toskana yang mana fonem konsonan letup /k/, /t/, /p/ diucapkan di antara vokal sebagai frikatif masing-masing [h], [θ], [ɸ]. Urutannya, /la kasa/ la casa (rumah), diucapkan sebagai [la ˈhaːsa], dan /buko/ buco (lubang) diwujudkan sebagai [ˈbuːho]. Diawali dengan jeda atau konsonan, /k/ diucapkan sebagai [k] (seperti pada kata casa sendiri atau dalam frasa in casa). Alternatif serupa diperoleh /t/[t],[θ] dan /p/[p],[ɸ]. Hal serupa mirip dalam bahasa Ibrani (untuk konsonan yang diucapkan dan konsonan letup , disebut sebagai begedkefet) dan dalam bahasa Spanyol (hanya untuk konsonan letup).

Penguatan dan pemanjangan konsonan terjadi ketika kata sebelumnya memicu penggandaan sintaksis (raddoppiamento fonosintattico) menjadi konsonan awal /p/ pipa (cangklong atau pipa rokok) memiliki tiga bentuk fonetik: [p] in [ˈpiːɸa] diucapkan sebagai satu kata atau mengikuti konsonan, [ɸ] jika diawali dengan vokal seperti pada [la ɸiːɸa] la pipa (pipa) dan [pp] (also transcribed [pː]) pada [tre pˈpiːɸe] tre pipe (tiga pipa).

Pergantian paralel dari konsonan afrikat /tʃ/ dan /dʒ/ juga khas Firenze tetapi tidak terbatas pada itu atau bahkan di Toskana. Kata gelato diucapkan dengan [dʒ] mengikuti jeda atau konsonan, [ʒ] mengikuti vokal dan [ddʒ] jika raddoppiamento muncul ([dʒeˈlaːθo], [un dʒeˈlaːθo] un gelato, [ˈkwattro ʒeˈlaːθi] quattro gelati, [ˈtre ddʒeˈlaːθi] tre gelati. Begitu pula dengan konsonan awal /ˈtʃena/ cena (makan malam) memiliki tiga bentuk fonetik, [tʃ], [ʃ], dan [ttʃ]. Dalam kedua kasus tersebut, varian terlemah muncul di antara vokal ([reˈʒoːne] regione (wilayah) [ˈkwattro ʒeˈlaːθi] quattro gelati; [la ˈʃeːna] la cena, [ˈbaːʃo] bacio (ciuman)).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "'La Lingua Toscana' – The Tuscan Dialect | TN&M". blog.tuscanynowandmore.com. Diakses tanggal 20 March 2017. [pranala nonaktif permanen]
  • Cory Crawford. "A Brief History of the Italian Language". Diakses tanggal 2007-01-15. 
  • Giacomelli, Gabriella. 1975. Dialettologia toscana. Archivio glottologico italiano 60, pp. 179–191.
  • Giannelli, Luciano. 2000. Toscana. (Profilo dei dialetti italiani, 9). Pisa: Pacini.


Referensi[sunting | sunting sumber]