Diagram Minkowski

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Garis dunia (garis yang kuning) dari sebuah foton, yang berada di lokasi x = 0 pada waktu ct = 0.

Diagram Minkowski, juga dikenal sebagai diagram ruang waktu, adalah diagram yang dikembangkan pada tahun 1908 oleh Hermann Minkowski untuk mengilustrasikan sifat ruang dan waktu menurut teori relativitas khusus. Diagram ini mempermudah pemahaman mengenai fenomena-fenomena seperti dilasi waktu dan kontraksi panjang tanpa menggunakan persamaan-persamaan matematika.

Diagram Minkowski berupa sebuah grafik dua dimensi yang menggambarkan kejadian-kejadian sebagai sesuatu yang terjadi di dunia dengan satu dimensi ruang dan satu dimensi waktu. Tidak seperti grafik jarak-waktu yang biasa, dalam diagram ini jarak ditampilkan sebagai sumbu horizontal dan waktu sebagai sumbu vertikal. Selain itu, satuan pengukuran untuk ruang dan waktu dipilih sedemikian rupa sehingga objek yang bergerak secepat kecepatan cahaya akan membentuk garis dengan sudut 45° terhadap sumbu diagram.

Dalam diagram ini, setiap objek, baik itu pengamat ataupun yang diamati, membentuk suatu garis dalam diagram, yang disebut sebuah garis dunia dari objek tersebut. Sementara itu, setiap titik dalam diagram mewakili suatu posisi dalam ruang waktu, dan disebut sebuah kejadian, tidak peduli apakah ada sesuatu yang relevan yang terjadi di situ pada waktu itu.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Minkowski diagrams di Wikimedia Commons