Dewan Penasihat (Britania Raya)

Dengarkan artikel ini
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dewan Penasihat Paling Terhormat Yang Mulia
His Majesty's Most Honourable Privy Council
Lambang Kerajaan yang dipakai untuk Kantor Dewan Penasihat
SingkatanDewan Penasihat, Privy Council, PC
PendahuluDewan Penasihat Inggris
Dewan Penasihat Skotlandia
Dewan Penasihat Irlandia
Tanggal pendirian1 Mei 1708 (1708-05-01)
StatusBadan penasihat
Jumlah anggota
Daftar anggota saat ini
Charles III
Penny Mordaunt
Panitera Dewan
Richard Tilbrook
Jumlah Staf
Kantor Dewan Penasihat
Situs webprivycouncil.independent.gov.uk

Dewan Penasihat Paling Terhormat Yang Mulia (Inggris: His Majesty's Most Honourable Privy Council), yang biasanya dikenal sebagai Dewan Penasihat (Inggris: Privy Council), adalah sebuah badan penasihat formal untuk penguasa Britania Raya. Para anggotanya utamanya terdiri dari para politikus senior, yang menjadi anggota saat ini atau masa lalu dari Dewan Rakyat atau Dewan Bangsawan.

Dewan Penasihat resmi menasehati penguasa atas dasar Hak Istimewa Kerajaan, dan secara bersama-sama (sebagai Raja dalam Dewan) mengeluarkan instrumen eksekutif yang dikenal sebagai Perintah dalam Dewan, yang memiliki kekuasaan lainnya untuk mencanangkan Undang-Undang Parlemen. Dewan tersebut juga memegang otoritas terdelegasi untuk pengeluaran Ordo Dewan, kebanyakan digunakan untuk mengatur lembaga negeri tertentu. Dewan tersebut menasehati penguasa atas pengeluaran Piagam Kerajaan, yang digunakan untuk memberikan status istimewa kepada badan-badan terinkorporasi, dan status kota atau borough menjadi otoritas lokal. Meskipun demikian, kekuasaan Dewan Penasihat sekarang kebanyakan digantikan oleh Kabinet Britania Raya.

Fungsi-fungsi yudisial tertentu juga dipegang oleh Raja dalam Dewan, meskipun dalam praktiknya, pengerjaan sebenarnya dan keturusan terhadap kasus-kasus dilakukan sehari-hari oleh Komite Yudisial Dewan Penasihat. Komite Yudisial terdiri dari para hakim senior yang diangkat menjadi Kanselir Penasihat: umumnya Hakim Dewan Tertinggi Britania Raya dan hakim senior dari Persemakmuran. Dewan Penasihat resmi bertindak sebagai Dewan Banding Tinggi untuk seluruh Kekaisaran Britania (selain Britania Raya itu sendiri), dan bertugas melakukan banding pada Dependensi Mahkota, Wilayah Seberang Laut Britania Raya, dan beberapa negara Persemakmuran independen.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Artikel ini tersedia dalam versi lisan
Dengarkan versi lisan dari artikel ini
(2 bagian, 18 menit)
Ikon Wikipedia Lisan
Berkas-berkas suara berikut dibuat berdasarkan revisi dari artikel ini per tanggal
Error: tidak ada parameter tanggal yang diberikan
, sehingga isinya tidak mengacu pada revisi terkini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]