Dewan Menteri (Kekaisaran Utsmaniyah)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dewan Menteri (Turki Otoman: Meclis-i Vükela atau Heyet-i Vükela) adalah sebuah kabinet yang dibuat selama periode Tanzimat di Kekaisaran Ottoman oleh Sultan Mahmud II dalam langkah pertama Kekaisaran menuju modernisasi Eropa. Kabinet dibentuk untuk mengkoordinasikan kegiatan eksekutif kementerian dan membentuk kebijakan struktur kekuasaan Ottoman, serta menyetujui atau menolak proposal perundang-undangan sebelum diajukan kepada Sultan.

Keanggotaan[sunting | sunting sumber]

Anggotanya ditunjuk oleh Sultan, tugas Meclis-i Vükela adalah perpanjangan dari kekuasaan Sultan, namun mereka sering menambahkan pendapat mereka ke dalam proposal sebelum diserahkan kepada Sultan. Berada pada puncak eksekutif pemerintah di tingkat pusat, kabinet ini bertugas sebagai badan koordinasi eksekutif dan legislatif utama dari plutokrasi Ottoman. Komposisi dari Dewan Menteri bervariasi, tetapi biasanya terdiri dari menteri terkemuka negara Ottoman, Syekh al-Islam, Serasker dan Laksamana Agung, atau lebih sering wakil mereka: direktur polisi dan gudang senjata Istanbul, Wakil Wazir Agung, kepala departemen cukai (Rusumat Emini) dan letnan (Kethüda) ibu suri, yang mewakili istana Sultan.[1]

Karena anggota ditunjuk oleh dan bertanggung jawab kepada sultan untuk, mereka relatif independen dari Wazir Agung, meskipun ia sering memimpin kabinet Meclis-i Vükela. Kurangnya kepemimpinan pusat di dalam Meclis-i Vükela sering membuat politik individu dan partai mendominasi dalam pekerjaannya, sering kali membuat sulit untuk menjalankan kegiatan. Meclis-i Vükela melakukan sejumlah fungsi seremonial, hukum, dan politik yang penting. Setelah tahun 1850, Dewan yang bersumpah setia kepada Sultan baru dalam upacara resmi penobatan, diikuti oleh sumpah yang lebih umum yang diambil oleh semua politikus Utsmaniyah yang hadir selama upacara.

Peran Meclis-i Vükela dalam pemerintahan Utsmaniyah sangat penting.[butuh rujukan] Meclis-i Vükela bertindak sebagai badan penasihat pemerintah terdekat kepada Wazir Agung dan Sultan mengenai isu-isu penting serta proposal perundang-undangan. Meclis-i Vükela menyetujui anggaran negara dan memiliki kekuatan untuk memulai legislasi negara bagian.

Keputusan yang dibuat oleh Meclis-i Vükela dikomunikasikan dalam bentuk protokol diskusi (muzakat zabut varakas) dan dipresentasikanke hadapan Sultan. Protokol formal ini berisi ringkasan masalah, argumen pro dan kontra, dan pendapat akhir dewan.[1] Selain itu, ketika masalah legislatif terlibat, protokol tertulis ini disertai dengan pernyataan terpisah yang disebut mazabatas, yang berisi versi final undang-undang serta masalah dan argumen utama. Meclis-i Vükela dapat dan sering mengusulkan perubahan undang-undang yang diterima dari dewan legislatif lainnya. Namun, Sultan membuat keputusan akhir dari undang-undang yang diusulkan ini oleh Meclis-i Vükela.[2] Ketika modernisasi memaksa perubahan dalam struktur sosial-politik Kekaisaran Ottoman, kabinet pemerintahannya mengikuti, seringkali dibubarkan dan dibentuk kembali hanya dalam beberapa tahun kemudian. Pada tahun 1866, Sultan Abdülaziz, putra Mahmud II yang membentuk Meclis-i Vükela, mengubah peran politik Dewan Menteri. Sultan Abdülaziz mengkonsolidasikan Dewan Penasihat pribadinya bersama dengan Meclis-i Vükela ke dalam kabinet penasihat pribadinya yang dikenal sebagai Yaveran-I Ekrem.

Peran[sunting | sunting sumber]

Proses persetujuan untuk undang-undang yang diusulkan oleh Meclis-i Vükela, diikuti oleh Meclis-IHass-I Umumi. Meclis-IHass-I Umumi atau Dewan Tertinggi terdiri dari pejabat senior Kekaisaran Ottoman dan dibentuk sebagai badan yang setara namun terpisah dengan Meclis-i Vükela. Namun, setelah disfungsi dan inefisiensi dalam Dewan Tertinggi dan tujuannya identik dengan Dewan Tanzimat, kedua badan pemerintah tersebut dikonsolidasikan dan dibagi menjadi tiga departemen terpisah.

  1. Departemen Hukum dan Regulasi, yang menjalankan fungsi legislatif dari kedua dewan lama.
  2. Departemen Administrasi dan Keuangan, yang dibebankan dengan penyelidikan administrasi.
  3. Departemen Kehakiman, yang menjalankan fungsi Dewan Tertinggi lama Meclis-I Valas. Meskipun setara dengan Meclis-i Vükela, anggota dipilih dan disetujui oleh Meclis-i Vükela, yang mewakili perpanjangan kekuasaan eksekutif Sultan.[3]

Meclis-i Vükela juga mengangkat anggota Dewan Tertinggi setelah rekonstruksi kedua pada tahun 1867. Namun kali ini pejabat dan gubernur lokal di Kekaisaran Ottoman mengajukan kandidat untuk diangkat. Meski begitu, dalam upaya untuk memodernisasi dan melanggengkan perwakilan yang setara di seluruh Kekaisaran, gubernur, dan pejabat lokal yang mencalonkan kandidat disarankan oleh dewan dan serikat pekerja di wilayah atau negara bagian mereka sendiri. Akhirnya, para kandidat yang akan diangkat disetujui atau tidak berdasarkan kebijaksanaan Meclis-i Vükela.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Shaw, Stanford J.; Shaw, Ezel Kural (1977). History of the Ottoman Empire and modern Turkey ShawPerlu mendaftar (gratis). 2. Cambridge University Press. ISBN 9780521291668. 
  2. ^ a b Lewis, Bernard (2002). The Emergence of Modern Turkey: Studies in Middle Eastern history (edisi ke-Third). Oxford University Press. ISBN 9780195134605. 
  3. ^ McCarthy, Justin (1997). The Ottoman Turks, An Introductory History to 1923. Longman. ISBN 9780582256552.