Dewan Buruh dan Pertahanan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dewan Buruh dan Pertahanan (Rusia: Совет труда и обороны, Sovet truda i oborony, Latin acronym: STO), yang mula-mula didirikan sebagai Dewan Pertahanan Buruh dan Petani pada November 1918, adalah sebuah badan yang bertanggung jawab untuk manajemen pusat ekonomi dan produksi materiel militer di Republik Soviet Federatif Sosialis Rusia dan negara penerusnya, Uni Soviet. Pada masa Perang Saudara Rusia 1917-1922, dewan tersebut menjabat sebagai "kabinet ekonomi nasional" darurat, yang mengeluarkan dekrit-dekrit dalam upaya memperbaiki produksi industrial terhadap kejatuhan ekonomi Tentara Merah.

Dewan tersebut, sebuah komisi dari Dewan Komisar Rakyat, yang meliputi badan eksekutifnya yang meliputi para pemimpin Bolshevik tingkat atas seperti V. I. Lenin, Leon Trotsky, dan Joseph Stalin, yang menyoroti aparatus profesional ter-burjois-kan. Setelah akhir Perang Saudara, dewan tersebut berganti nama dan peran regulatori dan perencanaan ekonominya diluaskan ke seluruh negara tersebut. Sebagai otoritas perencanaan ekonomi pusat pertama di Rusia Soviet, Dewan Buruh dan Pertahanan bertugas sebagai pelopor institusional untuk otoritas perencanaan Soviet yang lebih dikenal bertahun-tahun kemudian, Gosplan, yang diluncurkan pada Agustus 1923 sebagai sub-komite STO.

Periodikal[sunting | sunting sumber]

Dewan Buruh dan Pertahanan memiliki sebuah surat kabar harian, Ekonomicheskaya Zhizn' (Kehidupan Ekonomi).[1] Surat kabar tersebut didirikan pada November 1918 sebagai sebuah organ dari Vesenkha dan menmbuat suara resmi STO menjadi efektif dengan keluaran 2 Agustus 1921.[2] Efektif pada Januari 1935, surat kabar tersebut menjadi organ resmi Komisariat Keuangan Rakyat dan lembaga-lembaga lainnya.[2] Publikasi berlanjut sampai 1937.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ E.H. Carr, A History of Soviet Russia: Volume 4: The Interregnum, 1923-1924. London: Macmillan, 1954; pg. 13.
  2. ^ a b c Ėkonomicheskai͡a zhiznʹ: Organ Vysshego soveta narodnogo khozi͡aĭstva i Narodnykh komissariatov--finansov, prodovolʹstvii͡a, torgovli i promyshlennosti. Stanford University Library.