Detasemen Polisi Militer Jaya/1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Detasemen Polisi Militer Jaya 1/Tangerang
Aktif19 Juli 2008
NegaraIndonesia
CabangPolisi Militer Angkatan Darat
Tipe unitBadan Pelaksana Pomdam Jaya
Bagian dariPomdam Jaya
MarkasTangerang, Banten

Detasemen Polisi Militer Jaya/1 Tangerang atau (Denpom Jaya/1). adalah Detasemen Polisi Militer (TNI Angkatan Darat) yang memiliki wilayah kerja di Tangerang, Jakarta Barat dan Jakarta Utara.[1] Madenpom Jaya/1 Tangerang bermarkas di Jl. Gatot Subroto km.6 jatiuwung – Tangerang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembentukan Detasemen Polisi Militer Jaya/1 Tangerang diawali dengan Validasi Pomdam Jaya/Jayakarta berdasarkan Surat Keputusan Kasad Nomor Kep / 26 / VI / 2007 tanggal 26 Juni 2007 dan mulai dioperasionalkan pada tanggal 31 Juli 2008 dengan berdasarkan Surat Perintah Pangdam Jaya/Jayakarta Nomor Sprin 2223-02 / X / 2007 tanggal 31 Oktober 2007 tentang Perintah pelaksanaan penyesuaian terhadap organisasi Pomdam Jaya/Jayakarta. Penanda-tanganan Prasasti oleh Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Johannes Suryo Prabowo dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2008 di Mapomdam Jaya/Jayakarta, hal ini merupakan tonggak sejarah bagi Pomdam Jaya/Jayakarta dan jajarannya karena hal tersebut merupakan tanda dimulainya pengoperasionalan Denpom Jaya/1 Tangerang.

Danpomdam Jaya pada masa itu Kolonel Cpm Dodik Wijanarko yang mendapat amanat dari Pangdam Jaya/Jayakarta segera mengambil langkah yaitu dengan segera menyerahkan tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan Dandenpom Jaya/1 yaitu Letnan Kolonel Cpm Ekoyatma Parnowo pada tanggal 31 Oktober 2008 di Mapomdam Jaya/Jayakarta.[2]

Komandan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]