Desra Percaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Desra Percaya
Desra Percaya.jpg
[[Duta Besar Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa]] 18
Mulai menjabat
10 Februari 2010
PresidenSusilo Bambang Yudhoyono
Joko Widodo
MenteriMarty Natalegawa
Retno Marsudi
PendahuluHasan Kleib
Informasi pribadi
Lahir20 April 1961 (umur 58)
Bendera Indonesia Malang, Jawa Timur, Indonesia
KebangsaanBendera Indonesia Indonesia
PasanganDiana Mawarsari
AnakAsteya Prima Percaya
Muhammad Dwi Aditya Percaya
Alma materUniversitas Airlangga
Birmingham University
Durham University
ProfesiDiplomat

Dr. Desra Percaya (lahir di Malang, Jawa Timur, 20 April 1961; umur 51 tahun) adalah diplomat Indonesia yang sejak 10 Februari 2012 menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merangkap Duta Besar RI untuk Bahama, Jamaika, Guatemala dan Nikaragua.

Karier[sunting | sunting sumber]

Desra Percaya menjabat sebagai Duta Besar RI untuk PBB sejak bulan Februari 2012. Sebelumnya, ia adalah Deputi Duta Besar RI untuk PBB di Jenewa, Swiss, di mana ia juga menjabat sebagai perwakilan di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan organisasi international lainnya yang berpusat di sana.

Sejak bergabung dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia pada tahun 1986, Desra Percaya telah memegang berbagai posisi yang berkaitan dengan diplomasi multilateral dan keamanan internasional. Posisi terakhirnya adalah Direktur Jenderal Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata bagi Direktorat Multilateral di Jakarta pada tahun 2007-2009.

Pada tahun 2007-2008, ia adalah juru bicara Kementerian untuk isu Dewan Keamanan PBB, setelah menjabat sebagai Juru bicara dan Kepala Staff Kantor Kementerian dari tahun 2005-2007. Tugas luar negerinya mencakup jabatannya sebagai Kepala Urusan Politik/Penasehat Menteri untuk Misi Tetap Indonesia di New York, dari tahun 2003-2005; dan Kepala Urusan Politik/Penasehat dari tahun 20002-2003.

Di antara tahun 2002 dan 2003, Dr. Percaya adalah Penasehat Khusus untuk Direktur Jenderal Urusan Politik Aceh di Kementerian Luar Negeri, di waktu yang sama menjabat sebagai Kepala Sub-Direktorat HAM dalam Direktorat Organisasi Internasional. Posisi awalnya di PBB adalah sebagai Atase, Sekretaris Ketiga dan Sekretaris Kedua di Misi Tetap Indonesia di Jenewa di antara tahun 1990 dan 1994.

Desra Percaya meraih gelar Doctor in Political Science dari Durham University dan gelar master di bidang hubungan internasional dari Birmingham University, keduanya di Britania Raya, dan juga diploma dari Institute of International Studies di Jenewa dan gelar Sarjana Sosial dan Politik dari Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia.

Selama kariernya Desra Percaya juga sempat menjabat sebagai Juru bicara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (dulu Departemen Luar Negeri Republik Indonesia), Direktur Keamanan Internasional & Perlucutan Senjata Kementrian Luar Negeri (Kemlu) Kepala Biro Administrasi Menteri, dan Minister Counsellor untuk PBB New York.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Desra menikah dengan Diana Mawarsari dan memiliki dua orang anak yakni Asteya Prima Percaya dan Muhammad Dwi Aditya Percaya