Desimal berkode biner

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah jam biner mungkin menggunakan LED untuk mengekspresikan nilai-nilai biner. Di jam ini, setiap kolom dari LED menunjukkan bilangan BCD dari waktu seksagesimal tradisional.

Dalam komputasi dan sistem elektronik, desimal berkode biner (BCD) adalah sebuah kelas pengkodean biner dari bilangan desimal yang masing-masing digit dalam desimalnya diwakili oleh jumlah bit tetap, biasanya empat atau delapan. Pola-pola bit khusus ini kadang-kadang digunakan sebagai penanda atau untuk indikasi lain (misalnya kesalahan atau overflow).

Dalam sistem berorientasi bit (seperti pada sebagian besar komputer modern), istilah BCD yang terbongkar (unpacked BCD) biasanya menggunakan seluruh bita untuk masing-masing digit (sering kali termasuk sebuah tanda), sedangkan BCD yang terkemas (packed BCD) biasanya mengkodekan dua digit desimal dalam satu bita dengan mengambil keuntungan dari fakta bahwa empat bit saja cukup untuk mewakili satu digit angka dengan rentang 0 sampai 9. Namun, untuk penggunaan pengodean 4 bit yang tetap, dapat bervariasi untuk alasan teknis seperti Ekses-3.

BCD digunakan di banyak komputer desimal awal dan diimplementasikan dalam set instruksi untuk mesin seperti seri IBM System/360 dan keturunannya, Digital Equipment Corporation VAX dan Motorola berseri prosesor 68000. Sekarang, BCD masih digunakan dalam bidang keuangan, komersial, dan industri komputasi yang tidak menoleransi kesalahan pembulatan pecahan yang melekat dalam representasi biner floating point.

Dasar[sunting | sunting sumber]

Digit desimal BCD
8 4 2 1
0 0 0 0 0
1 0 0 0 1
2 0 0 1 0
3 0 0 1 1
4 0 1 0 0
5 0 1 0 1
6 0 1 1 0
7 0 1 1 1
8 1 0 0 0
9 1 0 0 1

Karena kebanyakan komputer berurusan dengan data 8-bit byte, adalah mungkin untuk menggunakan salah satu dari metode berikut untuk mengkodekan BCD nomor:

  • Terbongkar: Setiap angka dikodekan ke dalam satu bita, dengan empat bit yang mewakili angka dan bit yang tersisa tidak mewakili apapun.
  • Terkemas: Dua angka dikodekan menjadi sebuah bita tunggal, dengan satu angka di nibble paling tidak signifikan (bit 0 sampai 3) dan angka lain di nibble paling signifikan (bit 4 sampai 7).

Sebagai contoh, pengkodean bilangan desimal 91 menggunakan unpacked BCD:
Desimal: 9 1
Biner: 0000 1001 0000 0001 Dalam packed BCD, angka yang sama akan masuk ke dalam satu bita:
Desimal: 9 1
Biner: 1001 0001

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Bi-quinary kode desimal
  • Chen-Ho encoding
  • Padat desimal
  • Double mencoba-coba, sebuah algoritme untuk mengkonversi bilangan biner ke BCD
  • Gray code
  • Tahun 2000 masalah
  • Desimal komputer

Catatan[sunting | sunting sumber]

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Pseudo-tetrades" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Intel_IA32" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Schneider_1986" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Tafel_1971" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Steinbuch-Weber_1974" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Tietze-Schenk_2013" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Kowalski_1070" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Ferretti_2013" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Speiser_1965" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Cowlishaw_GDA" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]