Descending Stories: Shōwa Genroku Rakugo Shinjū

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Descending Stories: Showa Genroku Rakugo Shinju (昭和元禄落語心中 Shōwa Genroku Rakugo Shinjū, secara harfiah berarti "Showa, Genroku, Rakugo, dan Double Suicide") adalah sebuah serial manga Jepang yang ditulis dan digambar oleh Haruko Kumota. Serial ini mulai dimuat di majalah ITAN terbitan Kodansha pada tahun 2010. Manga ini telah dilisensi di Amerika Utara oleh Kodansha Comics USA. Manga ini sudah diadaptasi menjadi dua animasi video asli yang dibundel bersama edisi spesial manga volume tujuh pada tanggal 6 Maret 2015 dan edisi spesial manga volume delapan pada tanggal 7 Agustus 2015. Manga ini juga diadaptasi menjadi serial anime yang ditayangkan di televisi dari tanggal 9 Januari 2016 sampai 2 April 2016. Musim kedua dari anime ini ditayangkan di televisi dari tanggal 7 Januari 2017 sampai 25 Maret 2017.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seorang pria menyelesaikan hukumannya di penjara dan menjadi murid artis rakugo terkenal. Cerita berfokus pada kisah masa lalu sang artis dan perjuangannya dalam meraih popularitas bersama sahabatnya yang juga seorang artis rakugo dengan gaya yang berbanding terbalik dengannya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Yakumo Yurakutei Generasi Kedelapan (八代目 有楽亭 八雲 Hachidaime Yūrakutei Yakumo) / Kikuhiko (菊比古)

Pengisi suara : Akira Ishida
Seorang artis rakugo yang dikenal dengan gaya rakugo yang perfeksionis. Nama lahirnya tidak pernah disebutkan, namun Sukeroku memanggilnya "Bon". Dia diberi nama "Kikuhiko" ketika ia menjadi seorang murid dari Yakumo Generasi Ketujuh. Pada awalnya, ia adalah seorang penari, namun kakinya cedera dalam suatu kecelakaan dan akhirnya ia diserahkan kepada Yakumo. Selama menjadi seorang murid, ia kesulitan menemukan gaya rakugonya sendiri karena menginginkan hasil yang sempurna, tetapi ia berhasil mendapatkan inspirasi berkat Sukeroku. Ia sempat menolak untuk mewarisi nama Yakumo, karena merasa tidak layak. Namun, setelah kematian Sukeroku dan Miyokichi, ia mewarisi nama tersebut untuk memenuhi visi Sukeroku dalam mencegah rakugo hilang ditelan zaman, di mana selera masyarakat terhadap hiburan selalu berubah. Ia nantinya menjadi kepala asosiasi rakugo.
Sukeroku Yurakutei Generasi Kedua (二代目 有楽亭 助六 Nidaime Yūrakutei Sukeroku) / Hatsutaro (初太郎 Hatsutarō)
Pengisi suara : Koichi Yamadera
Seorang artis rakugo yang dikenal dengan gaya rakugo yang bebas. Nama lahirnya tidak pernah disebutkan, namun Kikuhiko biasa memanggilnya "Shin"(信). Ia diberi nama "Hatsutaro" ketika dia menjadi murid dari Yakumo Generasi Ketujuh. Ia nantinya mengubah namanya menjadi "Sukeroku". Meskipun bakat rakugonya sangat besar, Yakumo tidak mau memberikan namanya kepadanya karena gaya rakugo Hatsutaro yang tidak sesuai aturan. Setelah sebuah pertikaian besar, ia diberhentikan sebagai murid Yakumo. Ia pun pindah ke pedesaan, menikahi Miyokichi, dan berumah tangga. Ia menghabiskan hari-harinya dengan bermabuk-mabukan, sampai akhirnya Kikuhiko mendatanginya dan mengajaknya untuk melakukan pertunjukan rakugo. Ia dan Miyokichi tewas terjatuh dari sebuah balkon penginapan, di mana ia melakukan pertunjukan rakugo terakhirnya bersama Kikuhik.
Sukeroku Yurakutei Generasi Ketiga (三代目 有楽亭 助六 Sandaime Yūrakutei Sukeroku) / Yotaro (与太郎 Yotarō) / Kyoji (強次 Kyōji)
Pengisi suara: Tomokazu Seki
Seorang pria yang bercita-cita menjadi artis rakugo. Ia baru saja keluar dari penjara. Ia terlahir dengan nama "Kyoji" dan diberi nama "Yotaro" ketika ia menjadi murid Yakumo Generasi Kedelapan. Ia sangat mengagumi pertunjukan rakugo Yakumo dan memutuskan untuk menjadi muridnya. Keinginannya untuk mewarisi nama Sukeroku menimbulkan perselisihan dengan Yakumo, karena Yakumo tidak ingin rakugo yang ia bina menjadi rusak. 10 tahun setelah ia diterima menjadi murid Yakumo, ia dipromosikan menjadi seorang shin'uchi dan secara resmi menjadi Sukeroku Yurakutei Generasi Ketiga.
Miyokichi (みよ吉) / Yurie (ユリエ)
Pengisi suara: Megumi Hayashibara
Seorang wanita muda yang bekerja sebagai Geisha. Nama aslinya adalah "Yurie". Ia pertama kali muncul sebagai gundik Yakumo Generasi Ketujuh yang ia temui di Manchuria. Ia tertarik pada Kikuhiko karena kepribadiannya yang suka menyendiri. Keduanya menjalin hubungan yang tidak stabil.  Pada akhirnya Kikuhiko menolaknya sehingga Miyokichi menjalin hubungan dengan Sukeroku yang mengakibatkannya hamil dan melahirkan anak perempuannya yang bernama Konatsu. Sukeroku dan Miyokichi pergi ke pedesaan setelah Sukeroku diberhentikan menjadi murid. Akan tetapi, ia tidak peduli pada Sukeroku maupun Konatsu. Ia menjual dirinya untuk menghasilkan uang. Setelah Kikuhiko muncul, ia mencoba bunuh diri bersama Kikuhiko. Sukeroku muncul dan membujuknya untuk tidak bunuh diri, namun Miyokichi terpeleset dari sebuah balkon dan saat Sukeroku berusaha untuk menyelamatkannya, mereka berdua terjatuh dan tewas. akan tetapi, penyebab sesungguhnya kematian mereka terkuak nanti.  
Konatsu (小夏)
Pengisi suara: Yu Kobayashi
Anak perempuan dari Sukeroku dan Miyokichi. Ia mempelajari gaya rakugo ayahnya untuk menghibur para pelanggan di sebuah kedai soba di perdesaan. Setelah kematian orang tuanya, Kikuhiko menjadi wali sahnya. Dia memendam kebencian yang besar terhadap Kikuhiko karena ia yakin Kikuhiko bertanggung jawab atas kematian ayahnya dan karena Kikuhiko memegang rakugo tradisional yang tidak mengizinkan wanita untuk menjadi seorang artis rakugo. Ia nantinya melahirkan seorang anak laki-laki bernama Shinnosuke yang ia rahasiakan siapa ayah biologisnya. Ia sebenarnya menyaksikan sendiri kematian Sukeroku dan Miyokichi, tetapi ia kehilangan ingatannya mengenai insiden tersebut.

Karakter pendukung[sunting | sunting sumber]

Eisuke Higuchi (樋口 栄助 Higuchi Eisuke)

Pengisi suara: Toshihiko Seki
Seorang penulis terkenal yang tertarik membantu Yotaro dalam menulis cerita rakugo yang baru. Di masa mudanya, ia menyukai dan mengagumi Miyokichi. Ini berujung pada obsesinya terhadap Kikuhiko. Ia bahkan menemui Kikuhiko untuk menjadi muridnya. 
Matsuda (松田)
Pengisi suara: Shigeru Ushiyama
Matsuda adalah pelayan dan supir Yakumo. Ia telah dipekerjakan oleh keluarga Yakumo sejak generasi ketujuh.
Mangetsu Tsuburaya Generasi Ketujuh (四代目 円屋 萬月 Yondaime Tsuburaya Mangetsu)
Pengisi suara: Koji Yusa
Teman Yotaro yang juga artis rakugo dari Kyoto. Dia berhenti melakukan pertunjukan rakugo selama beberapa waktu setelah kematian ayahnya.
Yakumo Yurakutei Generasi Ketujuh (七代目 有楽亭 八雲 Nanadaime Yūrakutei Yakumo)
Pengisi suara: Hiroshi Yanaka
Seorang artis rakugo terkenal sekaligus guru dari Kikuhiko dan Sukeroku.
Amaken (アマケン)
Pengisi suara: Kappei Yamaguchi
Kritikus Rakugo dan penggemar Yakumo. Ayahnya Amano merupakan seorang kritikus sastra. Amaken tidak disukai oleh Yakumo.
Ani-san (アニさん)
Pengisi suara: Shou Sudou
Bansai Tsuburaya (円屋 萬歳 Tsuburaya Bansai) 
Pengisi suara: Chafurin
Shinnosuke (信之助)
Pengisi suara: Mikako Komatsu (anak-anak)/ Yūki Ono
Anak laki-laki Konatsu yang sangat mengagumi rakugo Yakumo. Yotaro yakin ayah kandungnya adalah bos dari geng yang dulu pernah ia ikuti. Akan tetapi, banyak gambaran yang memberi kesan bahwa Shinnosuke adalah putra Konatsu dengan Yakumo.
Koyuki (小雪)
Pengisi suara: Ayaka Asai
Anak perempuan Konatsu dan Yotaro 

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Serial manga yang ditulis dan digambar oleh Haruko Kumota ini mulai dimuat di majalah ITAN yang diterbitkan oleh Kodansha dari 25 Maret 2010 sampai 7 Juni 2016. Manga ini telah disusun menjadi 10 volume tankōbonVolume pertama diterbitkan pada tanggal 7 Juli 2011, dan volume kesepuluh diterbitkan pada tanggal 7 September 2016. Kodansha Comics USA melisensi manga ini untuk dirilis di Amerika Utara dengan jadwal penerbitan volume pertama pada tanggal 23 Mei 2017.

Anime[sunting | sunting sumber]

Volume ketujuh dan kedelapan manga ini, termasuk DVD yang berisi 2 episode anime asli berjudul Yotarō-hen Zenko-pen (与太郎放浪篇・前後編, artinya  "Kisah Yotarō Bagian I dan II"), diproduksi oleh Studio Deen.

Adaptasi anime televisinya yang juga diproduksi oleh Studio Deen, ditayangkan pertama kali pada tanggal 9 Januari 2016. Anime ini disutradarai oleh Mamoru Hatakeyama dan ditulis oleh Jun Kumagai dengan musik oleh Kana Shibue. 3 video promosi dirilis  di halaman YouTube KING RECORDS sebelum penayangan animenya. Yang pertama pada tanggal 6 Oktober 2015, yang kedua pada tanggal 10 November 2015, dan yang terakhir pada tanggal 10 Desember 2015. Lagu tema pembuka anime musim pertama berjudul "Usurahi Shinjū" (薄ら氷心中, berarti "Thin-ice Double Suicide") diciptakan oleh Sheena Ringo dan dinyanyikan oleh Megumi Hayashibara. Crunchyroll menambahkan anime ini ke dalam tayangan simulcastnya pada tahun 2016. Musim pertama anime ini telah dilisensi untuk dirilis di Britania Raya oleh Anime Limited.

Sebuah pengumuman menyebutkan bahwa musim kedua dari anime ini telah dipos di akun Twitter penciptanya. Musim kedua anime ini berjudul Descending Stories: Shōwa Genroku Rakugo Shinjū: Futatabi-hen (昭和元禄落語心中~助六再び篇~ Shōwa Genroku Rakugo Shinjū: Sukeroku Futatabi-hen). Anime ini ditayangkan pertama kali pada tanggal 7 Januari 2017. Para staf dari musim pertama berpartisipasi kembali di musim kedua. Lagu tema pembuka musim kedua berjudul "Imawa no Shinigami" (今際の死神, lit. "The Death in His Dying Moment") yang diciptakan oleh Sheena Ringo dan dinyanyikan oleh Megumi Hayashibara.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Serial ini mendapat nominasi di ajang penghargaan 5th Manga Taishō Serial ini mendapat 49 poin dan meraih posisi keempat dari 15 nominasi. Serial ini juga mendapat nominasi di 17thTezuka Osamu Cultural Prize. Serial ini menempati posisi kedua di survey Kono Manga ga Sugoi! Top 20 Manga for Female Readers tahun 2012 dan menempati posisi keempat belas di edisi tahun 2013. Serial ini juga menempati posisi ketujuh di Comic Natalie Grand Prize pada tahun 2013 dan memenangkan  Excellence Award di Japan 17th Media Arts Festival Awards. Serial ini juga memenangkan 38th Kodansha Manga Award untuk kategori Best General Manga.[44] Manga ini memenangkan Kumota untuk kategori New Creator Prize di 21st Tezuka Osamu Cultural Prize pada tahun 2017.

Volume 3 manga ini terjual sebanyak 24.541 kopi sampai pada tanggal 7 Oktober 2012.

Nick Creamer dari  Anime News Network memberikan nilai "A" untuk musim pertama anime ini dan menggambarkannya sebagai "sebuah tragedi teatrikal yang disengaja, yang dipentaskan seperti pertunjukan rakugo itu sendiri", dan memuji "narasi yang kuat dengan arahan yang indah dan pertunjukan papan atas."

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]