Tettekang, Bajo Barat, Luwu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tettekangs
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiSulawesi Selatan
KabupatenLuwu
KecamatanBajo Barat
Jumlah penduduk+- 1000 jiwa

Tettekang adalah desa di kecamatan Bajo Barat, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Indonesia. Di desa ini terdapat pertambangan biji emas, batu kali, dán pasir.

PROFIL DESA

1. LEGENDA DAN SEJARAH DESA

     	Desa Tettekang adalah salah satu desa dari Sembilan desa yang ada di Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu. Desa Tettekang adalah Desa hasil Pemekaran dari Desa Induk yaitu Desa Marinding, Dahulu Desa marinding Kecamatan Bajo memiliki 5 (lima) dusun yaitu Dusun Marinding, Tettekang, Kadong-Kadong Kanan dan Toko’.

Pada tahun 1990 diadakan pemekaran Desa Marinding dimekarkan menjadi dua desa yaitu dusun kadong – kadong dijadikan Desa persiapan dan resmi sebagai desa definitive pada tahun 1992. Dan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun desa Marinding yang terdiri dari 4 (empat) dusun kembali dimekarkan, dimana dusun Tettekang dijadikan Desa persiapan tepatnya pada 16 Juni 1998 dimana PJs. Adalah Bapak Amrullah Makang dan tahun 2002 Desa Tettekang resmi menjadi desa depinitif dan pejabat Kepala Desa masa itu, dan setelah diadakan Pemilihan secara demokrasi Kepala Desa tetap di pegang oleh Bapak Amrullah Makang Sampai sekarang. 2. KONDISI UMUM DESA A. Geografis

             Letak dan Luas Wilayah

Desa Tettekang merupakan salah satu dari 9 Desa di Wilayah Kecamatan Bajo Barat dengan jarak 3 Km dari Ibu kota kecamatan dan 16 km dari Ibu kota Kabupaten. Desa Tettekang mempunyai luas wilayah seluas ± 7,5 km2.


Iklim Iklim Desa Tettekang, sebagaimana desa-desa lain di wilayah Indonesia mempunyai Iklim Kemarau dan Penghujan, hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada di Desa Tettekang kecamatan Bajo Barat. Batas Wilayah  Sebelah Utara : Desa Noling Kec. Bupon  Sebelah Selatan : Desa Saronda Kec. Bajo Barat  Sebelah Barat : Desa Bonelemo Kec. Bajo Barat  Sebelah Timur : Desa Marinding dan Kadong-Kadong Kec. Bajo Barat