Derbent

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bentang, kota kuno, dan bangunan Derbent
Tembok benteng Derbent, satu-satunya benteng Sassanid.
Situs Warisan Dunia UNESCO
TipeBudaya
Kriteriaiii, iv
Nomor identifikasi1070
Kawasan UNESCOEropa dan Amerika Utara
Tahun pengukuhan2003 (sesi 27)

Derbent (bahasa Rusia: Дербе́нт; Bahasa Azerbaijan: Dərbənd; Bahasa Lezgia: Дербент; Bahasa Avar: Дербенд; Bahasa Persia: دربند, Darband[1]) adalah kota di Republik Dagestan, Rusia. Kota ini adalah kota paling selatan di Rusia, dan kota terpenting kedua di Dagestan. Kota ini memiliki populasi sebesar 101.031 jiwa. Bangsa Azerbaijan adalah grup etnis utama, diikuti dengan Lezgin dan Tabasaran.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Benteng Abad Pertengahan, - Naryn-Kala, Situs Warisan Dunia UNESCO.

Nama "Darband" berasal dari bahasa Persia (دربند, maksudnya 'Pintu terlarang', dari dar "pintu" + band "terlarang," maksudnya, "pintu terlarang" [2]), mengacu pada lintasan yang berdekatan. Itu sering diidentikkan dengan Gerbang Alexander, penghalang legendaris yang konon dibangun oleh Alexander Agung di Kaukasus. Derbent adalah kota tertua di Rusia dengan dokumentasi sejarah yang berasal dari abad ke 8 SM. [3] Karena lokasinya yang strategis, selama perjalanan sejarah, kota ini berganti kepemilikan berkali-kali, khususnya di antara kerajaan Persia, Arab, Mongol, Timurid, Shirvan, dan Iran. Pada abad ke-19, kota ini beralih dari Iran ke tangan Rusia oleh Perjanjian Gulistan tahun 1813.

Dalam teks-teks Arab, kota itu dikenal sebagai "Bāb al-Abwāb" (Bahasa Arab: باب الأبواب, maksudnya 'Pintu segala pintu') [4], hanya sebagai "al-Bāb" (Bahasa Arab: الباب, maksudnya 'Gerbang') atau sebagai "Bāb al-Hadid" (Bahasa Arab: باب الحديد, maksudnya 'Gerbang Besi/Gerbang Besi'). [5]

Nama yang mirip, juga berarti "Gerbang Besi", digunakan oleh orang-orang Turki, dalam bentuk "Demirkapi". [6][7]

Derbent merupakan kota tertua di Rusia dan gerbang masuk Islam ke tanah Rusia. Di kuburan Kyrkhlyar Derbent dimakamkan 40 orang sahabat Nabi yang diutus oleh Khalifah Umar untuk menyebarkan Islam ke kawasan Kaukasia. Di Derbent juga terdapat sebuah masjid tertua di Rusia yang terletak di dalam kota lama Derbent. Hari ini Derbent menjadi salah satu destinasi wisata religi dan sejarah populer di Rusia.

Para pemikir hebat yang menggambarkan dan mengunjungi Derbent[sunting | sunting sumber]

Ворота Джарчи-Капы. Дербент.jpg
Даг-Капы. Дербент.jpg


Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Namanya berasal dari bahasa Persia, Darband ("gerbang tertutup"); Derbent dalam bahasa Arab disebut Bāb al Abwab ("Gerbang dari gerbang") dan untuk bahasa Turki Demirkapı ("Gerbang Besi").
  2. ^ Zonn, Igor S; Kosarev, Aleksey N; Glantz, Michael; Kostianoy, Andrey G. (2010). The Caspian Sea Encyclopedia. Springer. hlm. 160. 
  3. ^ McFarquhar, Neil (February 17, 2016). "Derbent as Russia's Oldest City? Think Again, Moscow Says". The New York Times. Diakses tanggal February 17, 2016. 
  4. ^ McFarquhar, Neil (February 17, 2016). "Derbent as Russia's Oldest City? Think Again, Moscow Says". The New York Times. Diakses tanggal February 17, 2016. 
  5. ^ Chenciner, Robert (2012-10-12). Daghestan: Tradition and Survival (dalam bahasa Inggris). Routledge. ISBN 9781136107146. 
  6. ^ Pereira, Michael (1973-01-01). Across the Caucasus (dalam bahasa Inggris). Bles. 
  7. ^ The Modern Part of an Universal History: From the Earliest Account of Time. Compiled from Original Writers. By the Authors of The Antient Part (dalam bahasa Inggris). S. Richardson, T. Osborne, C. Hitch, A. Millar, John Rivington, S. Crowder, P. Davey and B. Law, T. Longman, and C. Ware. 1759. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

42°04′N 48°17′E / 42.067°N 48.283°E / 42.067; 48.283