Derailleur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Shimano 600 front derailleur (1980)

Derailleur adalah sistem transmisi rasio variabel yang umum digunakan pada sepeda, terdiri dari rantai, beberapa sproket dengan ukuran berbeda, dan mekanisme untuk memindahkan rantai dari satu sproket ke sproket lainnya.[1] Meskipun disebut sebagai roda gigi dalam dunia sepeda, roda gigi sepeda ini secara teknis adalah sproket karena dikendarai atau digerakkan oleh rantai, dan tidak digerakkan satu sama lain.[2]

Pemindah gigi depan dan belakang modern biasanya terdiri dari pemandu rantai yang dapat dipindahkan yang dioperasikan dari jarak jauh dengan kabel Bowden yang dipasang ke pemindah gigi yang dipasang pada tabung bawah, batang setang, atau setang. Saat pengendara mengoperasikan tuas saat mengayuh, perubahan tegangan kabel akan menggerakkan pemandu rantai dari sisi ke sisi, "menggagalkan" rantai ke sproket yang berbeda.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Oxford English Dictionary (edisi ke-2nd). 1989. derailleur, n. A bicycle gear in which the ratio is changed by switching the line of the chain (while pedalling) so that it jumps to a different sprocket on the rear wheel. Also derailleur gear. 
  2. ^ "Gears, Sprockets, and Cogs In The Machine". July 17, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-07. Diakses tanggal 2020-08-23. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]