Departemen Teknik Mesin dan Biosistem Institut Pertanian Bogor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Departemen Teknik Mesin dan Biosistem Institut Pertanian Bogor (TMB) adalah salah satu dari empat departemen pada Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mekanisasi Pertanian pada tahun 1960 merupakan salah satu bagian dari Departemen Agronomi, Fakultas Pertanian, Universitas Indonesia. Pada waktu Institut Pertanian Bogor (IPB) berdiri tahun 1963, inisisasi untuk pendidikan bidang teknologi dan mekanisasi pertanian mulai muncul, sehingga pada tahun 1964 didirikan Fakultas Teknologi dan Mekanisasi Pertanian yang disingkat FATEMETA dengan dua jurusan studi, yaitu Jurusan Teknologi Hasil Pertanian dan Jurusan Mekanisasi Pertanian. Jurusan Mekanisasi Pertanian terdiri dari dua departemen, yaitu Departemen Mesin-mesin Pertanian dan Departemen Konstruksi. Pada tahun 1968 Departemen Mekanisasi Pertanian dikembangkan menjadi tiga bagian, yaitu Bagian Mesin-mesin Budidaya Pertanian, Bagian Teknik Tanah dan Air, dan Bagian Elektrifikasi / Bangunan / Mesin-mesin Pengolahan Pertanian.

Sejak tahun 1981 Departemen Mekanisasi Pertanian berubah nama menjadi Jurusan Keteknikan Pertanian, dan pada tahun 2000 berubah menjadi Jurusan Teknik Pertanian (TEP). Untuk pengembangan kelimuan itu, ada tujuh bagian di Departemen TEP yaitu:

Sejak tahun 2003, Jurusan Teknik Pertanian berubah nama menjadi Departemen Teknik Pertanian.

Selain program sarjana, Departemen Teknik Pertanian menyelenggarakan program studi pascasarjana Ilmu Keteknikan Pertanian, di mana program S2 didirikan tahun 1978 dan program S3 didirikan tahun 1980. Pada tahun 2007 Pascasarjana Ilmu Keteknikan Pertanian (S2) dikembangkan menjadi dua mayor, yaitu PS Teknik Mesin Pertanian dan Pangan dan PS Teknik Sipil dan Lingkungan, dan ada PS Teknologi Pascapanen yang sebelumnya dikelola oleh Fakultas Teknologi Pertanian masuk ke Departemen Teknik Pertanian. Dengan perkembangan tersebut, mulai tahun 2007 Departemen Teknik Pertanian menyelenggarakan program pascasarjana, empat program studi pascasarjana, yaitu:

Pada tahun 2008, berdasarkan Surat Keputusan Rektor No. 001/13/OT/2008 telah dibentuk Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan yang sebagian besar dosennya berasal dari Departemen Teknik Pertanian. Dosen Departemen Teknik Pertanian yang pindah ke Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan berjumlah 18 orang.

Dengan berbagai pertimbangan, terutama mengenai perkembangan bidang ilmu dan minat masyarakat, pada tahun 2010 nama Departemen Teknik Pertanian berubah menjadi Teknik Mesin dan Biosistem (TMB). Perubahan juga terjadi pada bagian-bagian di dalam departemen. Terdapat 4 bagian yang baru, yaitu :

Pada tahun 2015, Teknik Mesin dan Biosistem IPB mendapatkan sertifikasi internasional dari Japanese Acreditation Board for Engineering Education (JABEE).[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]