Departemen Kesehatan dan Layanan Sosial (Britania Raya)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Departemen Kesehatan dan Layanan Sosial
Department of Health and Social Care

Gedung Kantor DHSC di 39 Victoria Street, London
Informasi Department
Dibentuk1988
Nomenklatur Department sebelumnya
  • Departemen Kesehatan dan Keamanan Sosial
Wilayah hukumInggris, Britania Raya (99,5% dari pengeluaran dilimpahkan kepada Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara)[1]
Kantor pusat39 Victoria Street
London
SW1H 0EU[2]
Pegawai1.588 (2019/20)[3]
Anggaran tahunan£138,9 miliar; 2020–21[4]
Menteri
Department eksekutif
Situs webgov.uk/dhsc Sunting ini di Wikidata

Departemen Kesehatan dan Layanan Sosial (Inggris: Departemen of Health and Social Care, DHSC) adalah sebuah departemen dalam pemerintah Britania Raya yang bertanggung jawab atas segala kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan urusan kesehatan dan segala layanan sosial yang ada di Britania Raya, bersama-sama dengan beberapa unsur yang sama yang tidak dilimpahkan kepada Pemerintah Skotlandia, Pemerintah Wales dan Pemerintah Irlandia Utara. Departemen Kesehatan dan Layanan Sosial melakukan pengawasan atas Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS). Departemen Kesehatan dan Layanan Sosial dipimpin oleh Menteri Kesehatan dan Layanan Sosial dan dibantu oleh tiga menteri-menteri negara dan tiga wakil sekretaris negara yang berada di bawah Parlemen Britania Raya.

Departemen Kesehatan dan Layanan Sosial menetapkan arahan dan pengembangan kebijakan untuk meningkatkan kualitas dari layanan sosial dan untuk memenuhi harapan dari masyarakat Britania Raya terhadap kebijakan kesehatan. Departemen inii juga melakukan beberapa tugasnya melalui sebuah badan yang bernama Arms-Length Bodies (ALBs)[5], termasuk juga pada badan-badan umum non departemen seperti NHS England, NHS Digital, Badan Keamanan Kesehatan Britania Raya dan Badan Regulasi Produk Kesehatan dan Obat-Obatan (MHRA). Selain itu Departemen Kesehatan dan Layanan Sosial juga melakukan supervisi manajerial terhadap Institut Nasional untuk Penelitan Kesehatan[6].

Segala urusan pengeluaran, administrasi dan kebijakan yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Sosial diawasi oleh Komite Pemilihan Kesehatan dan Layanan Sosial yang berada di Parlemen Britania Raya[7].

Menteri-menteri[sunting | sunting sumber]

Sejak Oktober 2022, terdapat enam jabatan menteri di Departemen Kesehatan dan Layanan Sosial yaitu:

Menteri Jabatan Portfolio
Steve Barclay MP Menteri Kesehatan dan Layanan Sosial Bertanggung jawab atas urusan menyeluruh
Robert Jenrick MP Menteri Negara Perawatan sekunder NHS; rekonfigurasi; kesehatan global; tenaga kerja perawatan sekunder; riset; ilmu-ilmu hayat; perobatan/regulasi; biaya preskripsi; data dan teknologi
Will Quince MP Menteri Negara Layanan primer; kedokteran gigi; layanan kesehatan masyarakat; skema pembayaran kerusakan atas vaksin; penyakit mayor (termasuk kanker, diabetes, dan stroke); penyakit langka; skrining populasi; darah dan transplan; kelalaian klinis; Pelaporan pelanggaran (whistleblowing); darah terinfeksi; kesiapan gawat darurat; lisensi vaksin (termasuk COVID); penyampaian Health and Care Act (integration)
Caroline Johnson MP Wakil Menteri Parlementer Kesehatan mental, kesehatan masyarakat (termasuk kebijakan vaksin dan imunisasi); kesehatan wanita; disabilitas; pekerjaan dan kesehatan
Neil O'Brien MP Wakil Menteri Parlementer Perawatan sosial dewasa; demensia; kondisi jangka panjang; perawatan akhir hayat
Nick Markham CBE Wakil Menteri Parlementer (Tidak digaji) Kinerja sistem dan efisiensi operasional; modal dan kehartaan

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Barnett Formula, House of Commons Library brief" (PDF). www.parliament.uk. 
  2. ^ "Department of Health and Social Care". gov.uk (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 4 Desember 2019. 
  3. ^ "Department of Health and Social Care Annual Report and Accounts 2019-20 (For the period ended 31 March 2020)" (PDF). GOV.UK (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 21 Maret 2021. 
  4. ^ Spending Round 2019 (dalam bahasa Inggris). London: HM Treasury. 4 September 2019. Diakses tanggal 20 November 2020. 
  5. ^ "[Withdrawn] Arm's length bodies". GOV.UK. Diakses tanggal 2017-12-04. 
  6. ^ "Our governance". NIHR. Diakses tanggal 2022-03-17. 
  7. ^ "Role - Health and Social Care Committee". parliament.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-01. Diakses tanggal 12 March 2022. The Health and Social Care Committee is appointed by the House of Commons to examine the policy, administration and expenditure of the Department of Health and Social Care and its associated bodies.